Comscore Tracker

5 Sayuran Sisa yang Bisa Ditanam Kembali, Jangan Dibuang Dulu!

Lebih baik tanam lagi agar bermanfaat!

Setiap kali kita masak pastinya selalu ada sisa sayuran yang sering dibuang terutama sayur-sayuran. Padahal ada beberapa jenis sayuran yang mudah ditanam kembali dan daya hidupnya kuat. Daripada harus dibuang begitu saja lebih baik tanam kembali lima bahan sayuran sisa berikut ini ya, biar makin manfaat!

1. Sawi

5 Sayuran Sisa yang Bisa Ditanam Kembali, Jangan Dibuang Dulu!Pexels/buenosia carol

Sawi sering ditambahkan dalam berbagai aneka masakan seperti capcay, bakso dan lainnya. Sisa sawi pun ada baiknya ditanam saja daripada harus terbuang dan mubazir begitu saja. Caranya juga cukup mudah, hanya dengan merendamnya dalam air sampai 3/4 nya kamu sudah bisa menumbuhkan sawi lho. Tapi pastikan selalu isi air dalam tanaman tersebut bila volume air sudah berkurang.

2. Wortel

5 Sayuran Sisa yang Bisa Ditanam Kembali, Jangan Dibuang Dulu!Pexels/Pixabay

Wortel merupakan bahan masakan yang paling sering digunakan. Namun sayangnya sisa-sisa wortel kita seringnya buang begitu saja. Padahal sisa sisa wortel tersebut bisa kita tanam dengan merendamnya dalam air dan tunggu selama 2-3 minggu. Setelah itu kamu bisa memindahkannya dalam pot bila daun yang terbentuk cukup tinggi dan kuat. Yuk baiknya kita berkebun saja agar memasak pun jauh lebih mudah.

Baca Juga: Tanaman Air yang Cantik, 5 Bunga Akuatik Ini Cocok Hiasi Kolam Rumah

3. Daun bawang

5 Sayuran Sisa yang Bisa Ditanam Kembali, Jangan Dibuang Dulu!Pexels/Pixabay

Biasanya kita langsung saja membuang akar daun bawang karena kita kira itu tidak berguna. Padahal akar daun bawang bisa dipakai untuk campuran dalam melezatkan kaldu ayam maupun sayuran. Selain itu daripada harus dibuang lebih baik akar daun bawang itu ditanam saja. Cukup dengan merendamnya dalam wadah berisi air dan cahaya matahari yang cukup akar daun bawang itu bisa tumbuh dan daun bawangnya bisa digunakan lagi untuk keperluan memasak.

4. Kentang

5 Sayuran Sisa yang Bisa Ditanam Kembali, Jangan Dibuang Dulu!Pexels/Pixabay

Ternyata kentang sisa bekas memasak pun sebaiknya jangan langsung dibuang begitu saja. Kentang dan umbi-umbian lainnya memiliki regenerasi yang mudah. Cukup dengan merendamnya dalam air setelah itu pindahkan ke dalam pot bila sudah terbentuk tunas atau akar pada kentang tersebut.

5. Bawang bombay

5 Sayuran Sisa yang Bisa Ditanam Kembali, Jangan Dibuang Dulu!Pexels/Pixabay

Daripada kamu harus membuang akar bawang bombay lebih baik kamu tanam saja akarnya dalam medium berisi air. Setelah tumbuh tunas mirip daun bawang maka segera pindahkan ke dalam pot atau tanah dan tunggu perkembangannya. Daripada harus membeli dan mengeluarkan uang kan lebih baik menanamnya. Selain lebih hemat sisa bawang bombay tersebut tidak mubazir terbuang begitu saja.

Karena sebenarnya semua hal bisa didaya gunakan kembali asalkan kita tahu langkah apa yang mesti diambil. Nah terapkan lima tips di atas, lagipula menanam kembali tumbuhan-tumbuhan tersebut gak susah kok!

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You