Comscore Tracker

Gak Banyak yang Tau, Ini 5 Makanan Khas Aceh yang Bikin Ngiler

Masakan Indonesia emang paling top

Kita sebagai warga negara Indonesia, harusnya bangga dengan apa yang negara kita punya. Salah satunya adalah makanan tradisional yang sudah diakui kenikmatannya di berbagai penjuru dunia. Kalau kota Jakarta terkenal dengan kerak telornya, berbeda halnya dengan menu makanan tradisional yang ada di Kota Sabang berikut ini. Siap-siap ngiler ya guys!

1. Kuah pliek u

Gak Banyak yang Tau, Ini 5 Makanan Khas Aceh yang Bikin Ngilernegerikuindonesia.com

Eits, IDN Times gak salah ketik kok, emang makanan khas Aceh ini punya nama yang unik. Masakan bersantan ini sepintas memang terlihat seperti gulai, tapi bedanya ini berbahan dasar sayur mayur dan kuahnya yang terkenal enak. Salah satu bumbu rahasianya adalah pliek u yang lebih dikenal dengan patarana, semacam ampas kelapa sudah diperas dan dijemur. Baru tau ya?

2. Sate matang

Gak Banyak yang Tau, Ini 5 Makanan Khas Aceh yang Bikin NgilerShutterstock/Frans Delian

Kalau kamu pikir sate matang adalah sate yang sudah masak, kamu salah. Soalnya nama sate ini diambil dari salah satu kota yang ada di Aceh lho, yakni Matang Geuleumpang Dua. Tampilan boleh sama dengan sate lainnya, tapi kamu juga harus nikmatin nih soto yang berisi kentang dan daging. Campuran rasa manis dari bumbu kacang dan rasa gurih dari kuah sotonya, emang top banget. Wajib coba!

3. Mi Goreng Aceh

Gak Banyak yang Tau, Ini 5 Makanan Khas Aceh yang Bikin NgilerIDN Times/Indomie

Katanya sih gak sah rasanya kalau jalan-jalan ke kota Aceh tanpa mencicipi mi satu ini. Menu ini udah sukses melanglang-buana bahkan sampai para wisatawan mancanegara bisa ketagihan dengan cita rasanya yang pedas dan kaya rempah.

Jadi kepengen ya? Tenang kamu gak perlu jauh-jauh kok buat dateng ke Aceh, soalnya sekarang udah ada Indomie Mi Goreng Aceh. Varian baru dari Indomie ini bisa dibilang sukses bikin banyak orang ketagihan berkat kekayaan rempahnya, dan mi yang lebih tebal. Kebayang gak sih gimana nikmatnya Indomie Mi Goreng Aceh setelah disajikan? Pasti rasanya asli bikin semangat!

4. Ayam tangkap

Gak Banyak yang Tau, Ini 5 Makanan Khas Aceh yang Bikin NgilerShutterstock/Wien Kusuma

Selanjutnya ada ayam tangkap, menu berbahan dasar ayam yang sudah digoreng dan diberikan daun pandan, kari, salam koja dan juga bumbu yang terbuat dari berbagai rempah. Uniknya, daun yang sudah dimasak memang disajikan dengan menutupi ayam yang sudah matang tadi. Paling nikmat kalau dimakan dalam keadaan hangat dan dilengkapi dengan kerupuk. Mantap!

5. Eungkot keumamah

Gak Banyak yang Tau, Ini 5 Makanan Khas Aceh yang Bikin NgilerShutterstock/Frans Delian

Diambil dari bahasa Aceh, menu eungkot keumamah berarti ikan keumamah atau ikan kayu. Dulunya makanan ini sering disantap oleh para pejuang Aceh saat melawan penjajah dan jadi menu idola para pengungsi pada waktu itu. Meski perang dan penjajahan udah berlalu, ternyata masyarakat Aceh masih menyajikan menu ini lho. Cita rasanya emang gak ada yang ngalahin deh, apalagi perpaduan kentang, santan kelapa, cabe hijau dan berbagai macam rempah. Tambah seporsi lagi gak nih?

Itulah kelima menu Aceh yang bikin kamu kangen kampung halaman. Mana nih yang jadi favoritmu?

yummy-banner

Topic:

  • Jordhi Farhansyah

Berita Terkini Lainnya