Comscore Tracker

7 Fakta Mengejutkan Bawah Merah Bagi Kesehatan

Bawang merah kaya manfaat lho!

Bawang merah termasuk kebutuhan primer dalam kehidupan sehari-hari, setiap hari pasti digunakan Mama di rumah dalam memasak lauk pauk untuk hidangan keluarga.

Banyak yang tidak mengetahui bahwa bawang merah kaya akan manfaat terhadap kesehatan, inilah manfaatnya bagi kesehatan tubuh kamu.

1. Mencegah sel kanker

7 Fakta Mengejutkan Bawah Merah Bagi Kesehatanpixabay.com/skeeze

Penelitian yang dilakukan di Universitas of Maryland Medical Center, bawang merah mengandung zat quercetin.

Zat quercetin tersebut bermanfaat baik untuk kesehatan, salah satunya mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Karena zat quercetin berfungsi sebagai antioksidan dalam melawan radikal bebas yang bisa kapan saja menyerang tubuh.

Kanker adalah penyakit yang di akibatkan dari pengumpulan radikal bebas.

2. Membantu jantung tetap sehat

7 Fakta Mengejutkan Bawah Merah Bagi Kesehatanpixabay.com/silviarita

Seperti yang kita ketahui, jantung adalah penyakit mematikan nomor 1 di dunia. Dengan mengonsumsi bawang merah secara teratur dan tidak berlebihan ternyata baik untuk kesehatan jantung, yaitu mampu melindungi intraseluler dalam jantung.

3. Menurunkan tekanan darah

7 Fakta Mengejutkan Bawah Merah Bagi Kesehatanpixabay.com/rawpixel

Dari tingginya zat quercetin yang terkandung dalam bawang merah, baik juga bagi kesehatan darah, yaitu mampu menurunkan tekanan darah.

Baca Juga: Sering Diabaikan, Ini 5 Fakta Bawang Merah yang Penuh Manfaat

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

7 Fakta Mengejutkan Bawah Merah Bagi Kesehatanbbc.com

Berkat zat quercetin yang terkandung dalam bawang merah, membuat bawang merah berfungsi baik bagi kekebalan tubuh sehingga daya tubuh bisa terjaga.

Zat quercetin ini pun berfungsi dalam memperlancar aliran darah, dengan darah yang mengalir secara teratur membuat tubuh sehat dan tidak rentan mengalami kelelahan.

5. Menjaga kesehatan kulit

7 Fakta Mengejutkan Bawah Merah Bagi Kesehatanpixabay.com/whitesession

Zat quercetin yang terkandung dalam bawang merah pun berfungsi bagi kesehatan kulit, bawang merah melindungi kulit seperti penyakit dermatitis, alergi, peradangan kulit, fotosensitifitas, serta penyakit autoimun dsb.

6. Mencegah kolesterol

7 Fakta Mengejutkan Bawah Merah Bagi Kesehatanpixabay.com/472301

Selain mengandung zat quercetin, bawang merah juga mengandung zat antioksidan.

Seperti yang kita ketahui, antioksidan berfungsi baik guna melindungi sel-sel berbahaya atau radikal bebas yang memengaruhi metabolisme tubuh.

7. Membantu proses diet

7 Fakta Mengejutkan Bawah Merah Bagi Kesehatanpixabay.com/Foundry

Bawang merah pun mengandung zat bioaktif, zat bioaktif menurut Studdert, et al 2011, komponen makanan yang mengandung bioaktif adalah komponen makanan dan suplemen bagi proses diet, sebagai nutrisi dasar bagi tubuh, zat bioaktif pun berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh.

Itulah beberapa manfaat dari bawang merah bagi kesehatan tubuh. Dari makanan yang sederhana pun ternyata banyak manfaat, jangan sepelekan kesehatanmu ya, guys.

Baca Juga: Kenapa Memotong Bawang Merah Buatmu Menangis? Ini Penjelasan Sainsnya!

Ineu Nursetiawati Photo Community Writer Ineu Nursetiawati

✍️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You