Comscore Tracker

7 Makanan Khas Maldives, Negara Kumpulan Atol di Samudera Hindia

Tidak berbeda jauh dengan hidangan khas Indonesia

Pernah mendengar negara Maladewa atau Maldives? Ya, negara yang tidak terlalu asing di telinga ini secara geografis sebelah barat Aceh meski dalam jarak yang sangat jauh, atau 700 kilometer barat daya Sri Lanka.

Terletak di Samudra Hindia, Maladewa merupakan negara yang tercipta dari gugusan-gugusan atol. Berkat gugusan tersebut, Maladewa dikenal memiliki bentangan alam yang sangat indah dan cocok menjadi negara tujuan bersama pasangan.

Bukan soal alamnya saja, makanan khas negara dengan puncak tertinggi hanya 2 meter di atas permukaan laut ini juga sangat menarik untuk diketahui, lho. Inilah 7 makanan khas Maladewa yang cukup menarik untuk diketahui dilansir dari Holidify dan The Maldives Expert.

1. Garudhiya

7 Makanan Khas Maldives, Negara Kumpulan Atol di Samudera Hindiamaldivescook.com

Sebagai negara kepulauan, ikan menjadi salah satu makanan yang sering dikonsumsi karena mudah ditemukan, termasuk olahan bernama garudhiya ini. Adalah sup ikan tuna, dimasak dengan bumbu yang sangat sederhana, yakni garam, irisan bawang dan daun kari. Makanan pokok Maladewa ini biasanya dihidangkan bersama nasi, jeruk nipis dan cabai.

2. Mas huni

7 Makanan Khas Maldives, Negara Kumpulan Atol di Samudera Hindiacraves.everybodyshops.com

Hidangan bernama mas huni ini adalah ikan tuna suwir dicampur kelapa parut, lemon dan bawang sebagai bumbu. Mas huni adalah menu sarapan khas Maladewa yang biasanya dihidangkan bersama dengan roti yang disebut roshi. Meski terlihat sederhana, hidangan ini menyuguhkan cita rasa lezat dan yang terpenting tinggi nutrisi.

3. Kulhi boakibaa

7 Makanan Khas Maldives, Negara Kumpulan Atol di Samudera Hindiamaldivescook.com

Jika mas huni adalah ikan tuna suwir yang dihidangkan dengan roti, lain hal dengan kulhi boakibaa. Adalah, ikan tuna asap dicampur beras dan kelapa parut dan tambahan bumbu lalu dimasak dengan cara dipanggang.

Jadi, hidangan ini bisa dikatakan kue gurih khas Maladewa. Karena, tradisi di sana kulhi boakibaa dihidangkan saat sore untuk menemani secangkir teh.

Baca Juga: Tak Melulu Main Air, Ini 5 Kegiatan Seru Saat Liburan ke Maldives

4. Bis keemiya

7 Makanan Khas Maldives, Negara Kumpulan Atol di Samudera Hindiakitchen.nine.com.au

Tampaknya semua olahan khas Maladewa tidak jauh dari ikan tuna, salah satunya dalam hidangan pastry goreng yang bernama bis keemiya ini. Tidak jauh berbeda dengan lumpia goreng, hanya dibedakan dari segi isian saja. Bis keemiya isiannya berupa ikan tuna suwir, kol, telur dan berbagai bumbu penyedap.

5. Saagu bondibai

7 Makanan Khas Maldives, Negara Kumpulan Atol di Samudera Hindiakitchen.nine.com.au

Saagu bondibai adalah hidangan penutup khas Maladewa. Sangat sederhana bahan dan cara pembuatannya, yakni sagu dimasak dengan tambahan santan, gula, air mawar, pandan dan kapulaga. Sementara saat penghidangan, saagu bondibai disiram susu kental manis untuk menambah cita rasa.

6. Gulha

7 Makanan Khas Maldives, Negara Kumpulan Atol di Samudera Hindiadinnerbydennis.com

Gulha, camilan kecil yang biasanya dihidangkan saat malam hari bersama secangkir kopi atau teh ini pun memiliki isian ikan tuna, lho. Dengan tambahan bahan lainnya berupa kelapa parut, cabai dan berbagai bumbu penyedap. Meski sederhana, camilan berbentuk bulat cocok sekali santap ini bikin kenyang dan tinggi nutrisi.

7. Handulu bondibai

7 Makanan Khas Maldives, Negara Kumpulan Atol di Samudera Hindialonumedhu.com

Handulu hondibai, adalah hidangan khas Maladewa yang biasanya disajikan saat ada acara resmi atau menu makan siang. Handulu hondibai ini perpaduan antara beras ketan, santan, kapulaga, gula, pandan dan air mawar.

Hidangan khas Maladewa ini semuanya terbilang mudah dibuat dan toleransi dengan lidah orang Indonesia. Ciri khasnya, dalam setiap penyajian tidak jauh dari ikan tuna dan kelapa. Kira-kira, kamu tertarik membuat makanan autentik Maladewa yang mana dulu nih?

Download aplikasi memasak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 6 Resep Hidangan Khas Thailand ala Yummy, Wajib Dicoba Nih!

Ineu Nursetiawati Photo Verified Writer Ineu Nursetiawati

☺️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya