Comscore Tracker

5 Bahan yang Bisa Dimasak Sebagai Piccata, Booster Nafsu Makan!

Dari mulai daging sampai sayuran pun tersedia, lho!

Piccata merupakan salah satu masakan yang bisa kamu olah sebagai lauk sehari-hari di rumah. Menariknya lagi, makanan ini acap kali disajikan bersama saus lemon dan mentega yang membuatnya tambah segar dan gurih.

Pada beberapa versi, lauk biasanya digoreng dulu dengan tepung. Ada pula yang menggunakan white wine untuk dicampur ke dalam saus kuah dari makanan ini.

Nah, terdapat lima bahan utama yang bisa disantap sebagai piccata yang tentunya cocok banget untuk menemani waktu makan siangmu. Yuk, cari tahu lewat ulasan di bawah ini!

1. Creamy shrimp piccata

5 Bahan yang Bisa Dimasak Sebagai Piccata, Booster Nafsu Makan!ilustrasi creamy shrimp piccata (unsplash.com/Dana DeVolk)

Sajian piccata ini diperuntukan buat kamu yang senang mengonsumsi udang. Bahan makanan hewani yang manis dan gurih tersebut bisa diolah menjadi semakin enak dengan tekstur creamy yang meleleh di mulut.

Pertama-tama, panaskan dulu mentega di atas wajan. Kemudian masukkan bawang putih dan udang. Setelah itu, tambahkan air lemon, caper, heavy cream, sampai mozarella untuk menghasilkan kuah yang menggugah selera.

2. Chicken piccata

5 Bahan yang Bisa Dimasak Sebagai Piccata, Booster Nafsu Makan!ilustrasi chicken piccata (pixabay.com/Marcin Kolacz)

Menyantap olahan berbalut saus mentega dan lemon belum pas kalau tidak disandingkan bersama bahan umum seperti daging ayam. Paduan kuah segar yang menghangatkan tentu akan semakin menambah kekayaan rasa hidangan yang satu ini.

Untuk membuatnya, siapkan daging ayam pipih yang telah dibalut dengan tepung. Goreng terpisah dan sisihkan. Setelah itu, olah kuah dari campuran mentega, bawang putih, caper, air lemon, dan aneka bumbu perasa. Lalu masukkan ayam ke dalamnya.

3. Veal piccata

5 Bahan yang Bisa Dimasak Sebagai Piccata, Booster Nafsu Makan!ilustrasi veal piccata (unsplash.com/Farhad Ibrahimzade)

Bicara soal piccata, olahan klasik yang tidak dapat dijauhkan dari masakan ini adalah veal atau daging sapi muda. Namun, apabila tidak tersedia, kamu bisa menggantinya dengan daging biasa supaya lebih mudah diolah.

Veal pun perlu dilumuri dengan adonan tepung dan masak di atas wajan sampai seluruh bagian matang sempurna. Kemudian masukkan kaldu, air lemon, dan caper. Setelah itu, tambah peterseli dan sajikan pula dengan daging.

Baca Juga: 5 Olahan Daging Ayam Khas Amerika Serikat, Pasti Enak! 

4. Tofu piccata

5 Bahan yang Bisa Dimasak Sebagai Piccata, Booster Nafsu Makan!ilustrasi tofu piccata (pixabay.com/dasadasaman)

Nggak harus diolah dari daging-dagingan, bahan baku berikutnya yang bisa disajikan sebagai piccata adalah tofu atau tahu. Tekstur lembut dari komponen ini akan sangat pas apabila digoreng dengan lapisan tepung.

Sama seperti olahan yang lain, kamu bisa memasak mentega dengan caper, air lemon, bawang putih, kaldu, dan peterseli. Biarkan sampai menghangat dan tercampur rata. Lalu kamu tinggal memasukkan tofu ke dalamnya.

5. Cauliflower piccata

5 Bahan yang Bisa Dimasak Sebagai Piccata, Booster Nafsu Makan!ilustrasi cauliflower piccata (pixabay.com/Matthijs van der Ham)

Cauliflower alias kembang kol bisa dijadikan salah satu alternatif dalam pembuatan piccata yang lezat. Terlebih, kalau kamu merupakan penggemar aneka sayuran yang ingin menciptakan hidangan berbeda.

Kembang kol bisa dimasak dengan tepung seperti yang lain. Setelah itu, buat saus kuahnya dengan campuran antara mentega, caper, kaldu, air lemon, bawang putih, serta aneka bumbu penambah rasa.

Tuh, kan, piccata bisa dijadikan salah satu inspirasi lauk yang menguntungkan. Sebab, kamu bisa menggunakan bahan baku dari daging-dagingan sampai sayur-mayur demi menghasilkan santapan yang menggugah. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Dorama Gohoubi Gohan, Tingkatkan Nafsu Makan! 

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya