Comscore Tracker

5 Hidangan ini Gunakan Air Mawar Sebagai Bahan Baku

Ada es krim sampai panna cotta, lho!

Rose water atau air mawar merupakan salah satu bahan baku yang populer digunakan dalam dunia kecantikan, khususnya sebagai campuran untuk beberapa kosmetik seperti makeup dan skincare.

Namun, tahukah kamu bahwa ternyata air mawar tidak cuma dapat dipakai sebagai bahan kosmetik, melainkan bisa juga diaplikasikan sebagai bumbu masak?

Di beberapa belahan dunia, air mawar kerap dibutuhkan untuk menambahkan rasa dan aroma sebuah hidangan supaya kelezatannya tetap terjaga, kebanyakan penggunaan air mawar ini diaplikasikan untuk hidangan Timur Tengah.

Bahkan saat ini sudah banyak produksi air mawar khusus untuk memasak yang dipasarkan di seluruh dunia. Nah, berikut ini terdapat lima olahan dengan bahan baku air mawar yang unik dan menarik.

1. Rosewater panna cotta

5 Hidangan ini Gunakan Air Mawar Sebagai Bahan Bakuqueen.com.au

Panna cotta merupakan salah satu hidangan pencuci mulut yang memiliki kesamaan dengan agar-agar dan puding, namun ia memiliki tekstur lebih padat dengan campuran bahan baku yang lebih beragam.

Salah satu varian panna cotta yang membuat penasaran ialah olahan panna cotta rose water. Air mawar di sini dipakai sebagai tambahan adonan utama atau bisa juga dijadikan campuran dari sirup yang akan dihidangkan bersama panna cotta.

Selain itu, campuran rempah dalam adonan panna cotta bisa mempertajam rasa dan aroma, salah satunya ialah penggunaan cardamom alias kapulaga.

2. Lamb biryani

5 Hidangan ini Gunakan Air Mawar Sebagai Bahan Bakumyheartbeets.com

Di Timur Tengah, biryani merupakan salah satu olahan yang cukup dikenal dan sangat menyita perhatian. Beberapa varian yang populer di antaranya ialah chicken biryani yang menggunakan daging ayam, dan lamb biryani yang diolah dengan daging domba.

Olahan nasi yang terbuat dari beras basmati ini dikenal cukup rumit dengan rasa bumbu yang kental, oleh sebab itu, banyak sekali rempah yang dibutuhkan untuk menghasilkan rasa yang sempurna dan memuaskan lidah.

Selain rasa kunyit yang cukup menonjol, salah satu bumbu yang kerapkali dijadikan senjata untuk membuat hidangan ini tambah nikmat adalah penggunaan rose water atau air mawar dalam adonan.

3. Pistachio nougat with rose water

5 Hidangan ini Gunakan Air Mawar Sebagai Bahan Bakuafternoonexpress.co.za

Nougat adalah olahan permen kacang klasik yang bercita rasa manis dan gurih, ada dua varian nougat yang populer, yaitu nougat dengan warna putih dan adapula nougat dengan warna kecokelatan.

Setiap isian nougat biasanya terdiri dari kacang-kacangan yang dibentuk dari almond, pistachio, sampai kacang tanah biasa. Namun untuk menambahkan rasa, biasanya ada juga yang menggunakan buah kering untuk menghasilkan rasa yang unik dan beragam.

Dalam proses pengolahan nougat, ternyata ada yang turut menambahkan sedikit rose water alias air mawar agar rasa nougat lebih tajam dengan aroma yang khas.

Baca Juga: Dapat Dimakan, Ini 5 Manfaat Lain dari Bunga Mawar!

4. Bastani sonnati

5 Hidangan ini Gunakan Air Mawar Sebagai Bahan Bakuthepersianfusion.com

Bastani sonnati merupakan sajian es krim yang berasal dari Iran dan kerapkali disebut sebagai Persian ice cream. Hal yang membuat makanan ini menjadi lebih berbeda dari kebanyakan sajian serupa adalah karena bahan baku yang digunakan cukup eksklusif dan menarik.

Bila pada umumnya bahan baku yang dipakai dalam pembuatan es krim hanya mencakup krim dan susu saja, namun dalam pembuatan bastani sonnati ada beberapa komponen yang perlu ditambahkan seperti air mawar dan rempah berharga cukup mahal yaitu saffron.

Nah, untuk menciptakan rasa dan tekstur yang lebih berwarna, setiap olahan es krim akan ditambahi dengan potongan kacang pistachio yang membuat es krim lebih menggugah selera.

5. Jalebi

5 Hidangan ini Gunakan Air Mawar Sebagai Bahan Bakukravingsfoodadventures.com

Jalebi adalah makanan yang berasal dari India dengan bentuk spiral dan bundar, hidangan ini umumnya disajikan sebagai camilan atau makanan penutup yang mempunyai rasa manis yang khas.

Adonan jalebi sendiri biasanya dibentuk dari tepung terigu dengan campuran kapulaga, baking powder, yoghurt, serta salah satu komponen paling penting ialah minyak samin. Bahan tersebut dicampur lalu didiamkan beberapa saat sebelum digoreng.

Jika sudah dimasak, maka jalebi akan kembali direndam ke dalam larutan sirup gula yang dimasak dengan saffron dan rose water agar lebih enak dan manis.

Itu dia kelima hidangan yang menggunakan air mawar sebagai salah satu bahannya, ingat ya, meski dapat diolah sebagai bahan makanan, jangan sembarangan memakai air mawar untuk ditambah ke masakan, sebab beberapa jenis air mawar terutama yang sudah dipasarkan biasanya memiliki fungsi berbeda-beda. Pastikan yang kamu beli dan gunakan adalah air mawar khusus makanan.

Baca Juga: Dapat Dimakan, Ini 5 Manfaat Lain dari Bunga Mawar!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya