Comscore Tracker

5 Ide Hidangan Rasa Srikaya, Makanan Legendaris yang Semakin Hits!

Bisa dijadikan penunjang rasa untuk sajian kekinian, lho

Srikaya adalah salah satu sebutan bagi olahan lembut nan manis yang populer di Indonesia. Walau menyandang nama buah, namun di dalam kreasi makanan ini sama sekali tidak ada penggunaan srikaya secara langsung, lho.

Uniknya lagi, srikaya juga bisa diolah menjadi lima santapan sekaligus. Semuanya benar-benar bikin ketagihan. Yuk, cari tahu ragam sajian yang dimaksud!

1. Ketan srikaya

5 Ide Hidangan Rasa Srikaya, Makanan Legendaris yang Semakin Hits!ilustrasi ketan srikaya (Yummy/sisca-puspita-sari)

Ketan srikaya adalah perpaduan sempurna dari makanan manis yang memiliki tekstur cenderung lengket. Biasanya hidangan ini dibedakan atas dua warna, untuk menentukan lapisan-lapisan yang digunakan dalam menyusun makanan tersebut.

Lapisan pertama terdiri dari ketan yang akan dimasak bersama santan. Kemudian srikaya perlu diolah menggunakan campuran tepung terigu, santan, telur, gula, sejumput garam, serta air pandan untuk mengubah warna adonan menjadi agak kehijauan.

2. Roti kukus srikaya 

5 Ide Hidangan Rasa Srikaya, Makanan Legendaris yang Semakin Hits!ilustrasi roti kukus srikaya (Yummy/Tan Novi)

Kreasi roti yang satu ini sempat menghebohkan Indonesia beberapa waktu lalu. Ini karena tampilan hidangan cukup menarik, dan proses pengolahannya sangat unik lantaran dibuat dengan metode pengukusan. Ada isi yang disematkan dalam hidangan, berupa srikaya, lho.

Pembuatan roti bisa mengandalkan percampuran antara tepung, ragi, gula, dan minyak sayur. Kemudian masak roti dengan kukusan selama beberapa saat. Setelah itu, buat adonan srikaya dari santan, terigu, gula, pandan, dan kuning telur, untuk dijadikan selai.

Baca Juga: 9 Nama Buah-Buahan dalam Bahasa Bali, dari Jeruk Hingga Srikaya

3. Puding nangka srikaya 

5 Ide Hidangan Rasa Srikaya, Makanan Legendaris yang Semakin Hits!ilustrasi puding nangka sriyaka (pexels.com/Betül Nur)

Karena memiliki rasa yang menarik dalam srikaya, maka tidak heran kalau olahan tersebut pun dapat dikreasikan menjadi aneka sajian unik, termasuk ketika diadaptasi sebagai rasa baru untuk hidangan seperti puding.

Santapan benar-benar memanjakan lidah, lantaran kamu juga akan menemukan daging nangka di setiap gigitan. Tinggal masak bubuk agar bersama santan, telur, maizena, gula pasir, nangka segar, dan tambahan pandan bila perlu, maka kudapan siap dicicipi.

4. french toast srikaya

5 Ide Hidangan Rasa Srikaya, Makanan Legendaris yang Semakin Hits!ilustrasi french toast srikaya (unsplash.com/Crystal Jo)

French toast merupakan makanan andalan yang praktis dan sukses bikin kenyang. Hidangan ini selalu dijadikan alternatif sarapan favorit, lantaran dapat dikreasikan sesuka hati. Seperti dengan menjadikan srikaya sebagai selai juara.

Penggunaan selai srikaya tinggal dioleskan ke setiap sisi roti tawar. Kemudian celupkan ke dalam adonan telur, susu, dan gula. Setelah itu panggang roti selama beberapa saat, hingga permukaan makanan ini pun berubah menjadi keemasan dan siap dimakan.

5. Mille crepe srikaya

5 Ide Hidangan Rasa Srikaya, Makanan Legendaris yang Semakin Hits!ilustrasi mille crepe srikaya (pixabay.com/Asana Kalumpaburt)

Mille crepe merupakan olahan kue kekinian yang ditumpuk dari belasan hingga puluhan kulit dadar, dengan setiap lapisan yang akan ditambahi menggunakan selai tertentu. Makanan ini sangat terkenal di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia.

Menariknya, kamu bisa mengolah mille crepe dengan cita rasa lokal, bersama srikaya. Kulit dadar perlu juga dilengkapi bersama pasta pandan untuk menciptakan warna dan rasa yang lebih menggigit. Tinggal susun bareng selai santan tersebut sampai adonan habis, deh.

Srikaya menjadi salah satu makanan populer di Indonesia berbasis santan dan telur. Kenikmatan olahan legendaris ini tidak pernah sepi peminat, lantaran kreasinya bisa menyesuaikan dengan aneka kudapan hits terkini. Yuk, coba!

Baca Juga: Resep French Toast Srikaya, Menu Sarapan Sederhana yang Nikmat 

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya