Comscore Tracker

5 Ide Olahan Ceker Pedas yang Memanjakan Lidah Pencinta Cabai, Nikmat!

Korea Selatan juga punya olahan ceker andalan lho!

Ceker merupakan bagian dari hewan unggas, ayam, yang kerapkali dijual untuk dijadikan sebagai bahan baku pembuatan sop atau makanan-makanan sejenis yang dapat memenuhi stok lauk pauk di rumah.

Dibandingkan dengan dagingnya, ceker terbilang memiliki harga pasaran yang lebih ekonomis dan mudah didapatkan baik itu melalui pasar tradisional maupun supermarket di berbagai daerah.

Khusus untuk pencinta hidangan pedas, ceker menjadi komoditi yang dapat dimanfaatkan untuk pembuatan ragam masakan nikmat dan kaya cabai. Berikut ini terdapat lima olahan ceker pedas yang bisa menginspirasi kamu untuk masak di rumah.

1. Sambal ceker

5 Ide Olahan Ceker Pedas yang Memanjakan Lidah Pencinta Cabai, Nikmat!yummy.co.id

Masyarakat Indonesia memang tidak dapat dipisahkan dari komponen hidangan bernama sambal, masakan bercita rasa pedas yang satu ini seperti salah satu booster untuk menambah nafsu makan apapun lauk-pauknya.

Banyak sekali varian sambal yang terkenal di tanah air, mulai dari versi mentah atau matang, manis pedas atau asam pedas, bahkan yang ditambahi dengan berbagai bahan baku, salah satunya adalah ceker.

Untuk membuat sambal ceker, ada baiknya kamu masak kaki ayam tersebut dengan cara direbus sampai matang lalu campurkan ke dalam adonan sambal yang sudah dibuat sebelumnya.

2. Adobong adidas

5 Ide Olahan Ceker Pedas yang Memanjakan Lidah Pencinta Cabai, Nikmat!YouTube/Living in the Moment

Adobong adidas merupakan olahan ceker ayam asal Filipina yang memiliki dua versi, yakni versi original yang tidak menggunakan cabai sama sekali dalam olahan, dan versi pedas yang menggunakan banyak cabai dalam adonan.

Pada dasarnya, olahan ini merupakan proses pemasakan ceker dengan beragam bumbu dengan cara direbus bersamaan. Salah satu komponen otentik yang ada pada pengolahan masakan ini adalah penggunaan cuka di dalamnya.

Bahan-bahan yang perlu dimasak bersama ceker selain cuka biasanya terdiri dari air, kecap, daun salam, dan bawang-bawangan, serta cabai rawit yang dapat disesuaikan jumlahnya sesuai dengan tingkat kepedasan yang diinginkan.

Baca Juga: Ini lho 6 Tips Membuat Kaldu Ceker Ayam yang Jernih dan Bebas Amis

3. Ceker mercon

5 Ide Olahan Ceker Pedas yang Memanjakan Lidah Pencinta Cabai, Nikmat!yummy.co.id/Dapur Mama Hanum

Ceker mercon adalah sajian berbalur cabai selanjutnya yang datang dari masakan khas Indonesia. Berbeda dari seblak, ceker mercon biasanya memiliki bumbu yang lebih pekat dengan disajikan tanpa air atau memakai sedikit kuah.

Untuk olahan yang satu ini, ceker ayam dimasak dengan cara dipresto agar tulang menjadi lunak dan lebih nikmat saat disantap. Namun bila tidak memiliki alat tersebut, kamu masih bisa menggunakan teknik perebusan untuk mematangkannya.

4. Seblak ceker

5 Ide Olahan Ceker Pedas yang Memanjakan Lidah Pencinta Cabai, Nikmat!yummy.co.id/Ummu Alfard

Seblak adalah jajanan khas Indonesia yang marak dikonsumsi oleh para pencinta makanan berkuah atau masakan pedas, pada umumnya seblak sendiri dibuat menggunakan kerupuk yang telah direndam sampai lembek beserta sayur-mayur.

Namun seiring berjalannya waktu, pengolahan seblak kian mengalami perkembangan pesat dengan membuat isiannya menjadi tidak terbatas. Salah satunya adalah dengan menghadirkan ceker sebagai pelengkap.

Untuk bumbu seblak sendiri, terdapat beberapa bahan baku yang menjadi sorotan dan belum lengkap bila tidak hadir dalam adonan, ia adalah cabai rawit yang banyak serta rempah kencur.

5. Dakbal

5 Ide Olahan Ceker Pedas yang Memanjakan Lidah Pencinta Cabai, Nikmat!asianinspirations.com.au

Dakbal merupakan sajian asal Korea Selatan yang diolah menggunakan ceker ayam, hidangan ini memiliki tekstur empuk dan kaya bumbu, serta cocok sekali buat kamu yang senang dengan masakan asal Negeri Ginseng tersebut.

Dalam mengolah dakbal, ceker sebelumnya perlu dimatangkan terlebih dahulu, baik itu melalui proses perebusan atau dikukus, agar daging dan tulang dalam ceker menjadi lebih lembut.

Setelah itu, ceker dicampur bersama bumbu halus yang terdiri dari gochujang, gochugaru, bawang putih, daun salam, jahe, kecap, dan cabai rawit, setelah itu masak ceker di atas panggangan sampai matang.

Itu dia kelima olahan ceker pedas dari berbagai negara dengan ragam pengolahan yang menarik dan menggugah selera, kalau kamu sendiri kira-kira lebih senang mengonsumsi ceker dengan cara apa?

Baca Juga: 10 Tips Memasak Ceker Ayam, biar Makin Empuk dan Gak Amis

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya