Comscore Tracker

5 Jenis Charcuterie Board Menawan, Seni Menyusun Makanan dari Prancis

Tertarik mempelajarinya?

Charcuterie menjadi suatu kegiatan populer dalam dunia memasak yang berasal dari Prancis. Aktivitas ini masuk kategori seni menyusun aneka makanan pada sebuah papan kayu dengan ukuran tertentu.

Mulanya, charcuterie disusun dari berbagai produk olahan daging. Namun, kini mulai berinovasi hingga menyentuh berbagai olahan lain yang tidak kalah enak serta menarik perhatian.

Kunci dalam susunan charcuterie dipercaya tak hanya dari produk yang dipilih, melainkan keseimbangan rasa, tekstur, sampai porsi turut menentukan.

Untuk mengetahui seni tersebut lebih jauh, yuk kenali 5 jenis charcuterie yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk membuat karya serupa.

1. Meat charcuterie board

5 Jenis Charcuterie Board Menawan, Seni Menyusun Makanan dari Prancisilustrasi charcuterie board (unsplash.com/Frank Zhang)

Kreasi charcuterie pertama menjadi satu dari sekian banyak sajian klasik yang terus dipopulerkan hingga saat ini, yaitu meat charcuterie board.

Dalam satu papan, terdapat beberapa jenis dan olahan daging yang disusun rapi, seperti sosis, salami, atau sliced beef. Kemudian hidangan dapat ditemani oleh dua atau lebih keju sebagai pendamping.

2. Bread charcuterie board

5 Jenis Charcuterie Board Menawan, Seni Menyusun Makanan dari Prancisilustrasi charcuterie board (unsplash.com/Lindsay Moe)

Bahan baku lainnya yang dapat dikreasikan dalam sajian cantik tersebut adalah roti. Berbagai potongan roti kesukaan dapat disusun dengan menambahkan sedikit rasa asam untuk menyeimbangkan komponen. Elemen tersebut bisa didapatkan dengan menempatkan beberapa buah atau saus.

Baca Juga: 5 Teknik Memasak ala Prancis yang Sering Digunakan di Restoran

3. Fruit charcuterie board

5 Jenis Charcuterie Board Menawan, Seni Menyusun Makanan dari Prancisilustrasi charcuterie board (unsplash.com/Siami Tan)

Buah memiliki jenis tidak terbatas sehingga bisa dimasukan dalam charcuterie board dengan variasi buah-buahan favoritmu. Agar sajian lebih seimbang, pilih tekstur buah yang berbeda dan kecondongan rasa yang bervariasi.

Ini bertujuan untuk menambah nilai terhadap hidangan tersebut. Sementara itu, rasa asin atau gurih bisa disiasati dengan kehadiran keju.

4. Cheese charcuterie board

5 Jenis Charcuterie Board Menawan, Seni Menyusun Makanan dari Prancisilustrasi charcuterie board (unsplash.com/Aliona Gumeniuk)

Keju menjadi sebuah sajian yang didominasi oleh tekstur-tekstur lunak, meskipun berbeda jenis. Rasa yang dihadirkan pun ada yang condong asin, manis, ataupun tawar sesuai kebutuhan.

Oleh sabab itu, keju bisa dikreasikan sebagai charcuterie board bersama beberapa kacang-kacangan dan sayuran untuk menyeimbangkan rasa serta teksturnya.

5. Cracker charcuterie board

5 Jenis Charcuterie Board Menawan, Seni Menyusun Makanan dari Prancisilustrasi charcuterie board (unsplash.com/Leilani Angel)

Komponen kelima yang juga dapat disusun dalam charcuterie board datang dari keluarga biskuit, yaitu adalah cracker. Sebab beberapa crakcekr cenderung dibuat tawar, kamu bisa menempatkan buah dan dipping sauce manis serta asin, agar penikmat dapat memilih sendiri rasa dominan yang ingin dimakan.

Nah, itu dia kelima ragam variasi charcuterie board dari Prancis,  seni dalam menyusun makanan agar tampil lebih cantik dan tersusun. Gimana, kamu tertarik untuk mempelajari 5 kreasi seperti di atas?

Baca Juga: 5 Teknik Memasak Asal China yang Unik Banget, Sudah Tahu Semua?

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya