Comscore Tracker

5 Komoditi Penting Buat Support Ramadan Anak Kos Biar Tetap Nyaman

Yuk, mulai perhatikan persiapan kali ini!

Manyambut Ramadan di tengah kondisi jauh dari keluarga memang terkadang memaksa para anak kos untuk senantiasa mandiri dalam mengatur berbagai keperluan selama sahur sampai waktu berbuka.

Salah satu cara untuk mengatur hal tersebut ditawarkan melalui solusi seperti masak sendiri. Namun demikian, perlu adanya perhatian terhadap beberapa komoditi agar puasa ala anak kos menjadi lancar. Apa saja persiapan bahan tersebut?

1. Selalu sedia beras

5 Komoditi Penting Buat Support Ramadan Anak Kos Biar Tetap Nyamanunsplash.com/Pierre Bamin

Sebagian besar masyarakat Indonesia cukup bergantung akan kebutuhan karbohidrat dengan memanfaatkan beras sebagai makanan pokok. Tentu apabila kamu merupakan bagian dari kelompok ini, maka menempatkan beras sebagai prioritas merupakan hal penting selama Ramadan.

Karena beras cukup fleksibel untuk dapat disimpan di mana saja, maka kamu bisa menyimpan stok beras dalam jumlah yang disesuaikan. Bila tinggal sendiri dalam kos, kamu bisa membeli 3-5 kg beras untuk jatah sekian minggu.

2. Bumbu masak jadi

5 Komoditi Penting Buat Support Ramadan Anak Kos Biar Tetap Nyamanunsplash.com/Victoria Zakharchuk

Kebanyakan tempat kos memiliki peralatan yang jauh lebih sedikit ketimbang di rumah, mengakses alat-alat untuk membuat bumbu pun terkadang harus dimiliki oleh diri sendiri. Oleh sebabnya, kamu tidak mesti berbelanja banyak bumbu mentah selama Ramadan ini.

Selain mempersingkat waktu, hal tersebut dilakukan untuk mempermudah kamu selama memasak. Sehingga tidak ada bumbu mentah yang terbuang atau membusuk sebelum digunakan. Maka dari itu, membeli bumbu jadi, baik itu berupa bumbu basah ataupun kering dalam kemasan merupakan alternatif bagi para penghuni kos.

Baca Juga: 7 Resep Menu Sahur dan Buka Puasa Sederhana, Cocok untuk Anak Kos

3. Pilih lauk sesuai kondisi

5 Komoditi Penting Buat Support Ramadan Anak Kos Biar Tetap Nyamanunsplash.com/Victoria Shes

Tidak semua tempat kos memiliki tempat yang baik untuk menyimpan beberapa jenis bahan makanan. Hal tersebut disebabkan keterbatasan penyimpanan yang dimiliki, seperti lemari pendingin yang digunakan bersama atau bahkan tidak tersedia sama sekali.

Kalau sudah begini, kamu dapat menyesuaikan bahan masakan dengan penyimpanan seadanya. Hindari membeli bahan-bahan yang tidak kuat di suhu ruang terlalu banyak, sebab rasa dan kualitas akan menjadi kurang baik bila didiamkan terlalu lama.

4. Stok buah dan sayur

5 Komoditi Penting Buat Support Ramadan Anak Kos Biar Tetap Nyamanunsplash.com/ja ma

Meskipun tidak memiliki lemari pendingin atau penyimpanan yang memadai, usahakan jangan absen dalam membeli buah dan sayur sebagai pelengkap nutrisi harian kamu.

Pilih buah dan sayur yang tahan lama, atau kamu dapat membeli keduanya dalam porsi yang cukup untuk beberapa hari saja. Akan lebih baik jika buah dikonsumsi secara langsung, dan sayur dimasak tidak terlalu lama agar vitamin yang terkandung tetap terjaga.

5. Sedia air minum

5 Komoditi Penting Buat Support Ramadan Anak Kos Biar Tetap Nyamanunsplash.com/21 swan

Jika tempat kos tidak memfasilitasi air minum bersama ada baiknya selama puasa ini kamu membeli air dalam kemasan galon, baik yang berukuran mini atau besar untuk persediaan.

Selain memiliki durasi penghabisan yang lebih panjang, harga air dalam botol kemasan dan air dalam galon terpaut berbeda sedikit dengan jumlah yang jauh lebih banyak, sehingga kamu dapat berhemat untuk jatah pengeluaran air minum.

Bahkan jika memungkinkan, ada baiknya kamu memasak sendiri supaya lebih mudah dalam mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup tanpa repot membeli di luar.

Itu dia kelima komoditi penting yang perlu diperhatikan oleh anak kos dalam Ramadan kali ini. Bagi kamu yang sudah terbiasa, pasti momen tersebut sudah bukan hal yang asing lagi, namun buat sebagian yang baru menjalani Ramadan sebagai anak kos, hal-hal di atas bisa menjadi pertimbangan.

Baca Juga: Bulan Puasa Bisa Bikin Makin Boros? Ini 5 Tips Hemat ala Anak Kos! 

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya