Comscore Tracker

5 Kreasi Biryani dengan Macam-macam Lauk Pendamping Menarik

Pencinta nasi berbumbu harus tahu olahan sedap ini, deh!

Siapa di antara kamu yang gemar menikmati nasi berbumbu dengan lauk melimpah? Di dalam tradisi masakan ala India maupun Iran, terdapat suatu olahan ikonik yang menjadi masakan populer sampai ke berbagai negara tetangga dan disebut dengan biryani.

Pastinya olahan tersebut bisa bikin kamu ketagihan, karena sejumlah bumbu yang dimasak dengan beras basmati. Belum lagi ada lauk pauk populer yang dapat ditambahkan ke dalam masakan biar semakin lengkap.

Nggak melulu berkutat pada daging ayam atau kambing, sebab berikut ini ada lima hidangan yang merupakan kombinasi biryani bersama aneka lauk unik yang bisa dijadikan ide untuk makan siang hari ini. 

1. Egg biryani

5 Kreasi Biryani dengan Macam-macam Lauk Pendamping Menarikilustrasi egg biryani (pixabay.com/Balu G)

Dari namanya saja kita pasti sudah bisa menangkap bahwa pelengkap dalam sajian egg biryani ini adalah telur. Salah satu bahan masak ekonomis yang umum ditemui. Namun lauk yang dipakai berbentuk telur rebus biar lebih enak saat dimakan bareng nasi.

Cara masak biryani sendiri cukup banyak jenisnya, salah satunya dengan menyiapkan mulai dari minyak samin, bawang-bawangan, tomat, bubuk kunyit, jahe, cabai hijau, garam masala, dan perasa. Tinggal tumis, masukan telur, basmati, kemudian air. Masak adonan sampai matang, lalu sajikan.

2. Bombay biryani

5 Kreasi Biryani dengan Macam-macam Lauk Pendamping Menarikilustrasi bombay biryani (pexels.com/Sohani Kamat)

Selain menggunakan lauk pauk populer, rupanya ada juga olahan biryani yang menjadikan bawang bombai sebagai pendamping utama biar rasanya jadi lebih aromatik, sedap, dan terdapat tekstur renyah saat nasi dikunyah.

Bawang tersebut nggak cuma ditumis sebagai bumbu utama biryani. Namun ada juga yang digoreng terpisah, supaya bisa dicampurkan ketika nasi matang. Wah, kira-kira kamu suka nggak dengan varian nasi biryani tersebut?

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Nasi Biryani, Olahan Nasi dari Asia Selatan

3. Prawn biryani

5 Kreasi Biryani dengan Macam-macam Lauk Pendamping Menarikilustrasi prawn biryani (pixabay.com/Asma Sheikh)

Hidangan selanjutnya yang bisa menjadi salah satu perpaduan epik dari nasi gurih tersebut adalah dengan menjadikan udang sebagai pendamping dari biryani. Tampaknya, santapan ini lebih cocok buat para pencinta seafood, ya.

Seperti biasa, udang perlu dibersihkan terlebih dahulu. Kemudian masak dengan bawang bombai, daun ketumbar, tomat, hingga bumbu perasa. Bila sudah siap, baru lauk ini dapat dicampurkan ke dalam olahan biryani supaya makin maksimal.

4. Baby potato biryani

5 Kreasi Biryani dengan Macam-macam Lauk Pendamping Menarikilustrasi baby potato biryani (unsplash.com/Shourav Sheikh)

Beralih dari penggunaan seafood, kreasi biryani kali ini dapat dikombinasikan bersama sayur-mayur. Maka dari itu, gak heran kalau penggemar nasi tersebut sangat ramai. Sebab kolaborasinya tidak pernah membosankan.

Jenis yang digunakan pada sajian ini ada baiknya merupakan kentang berukuran mini atau dikenal sebagai baby potato. Hal itu untuk membuat bahan baku lebih cepat matang ketika dimasak bersama aneka bumbu pembuatan biryani.

5. Fish biryani

5 Kreasi Biryani dengan Macam-macam Lauk Pendamping Menarikilustrasi fish biryani (unsplash.com/Shourav Sheikh)

Buat kamu yang sedang gemar menikmati olahan ikan jangan khawatir, sebab ada juga variasi biryani yang dapat menjadikan makanan kaya manfaat itu sebagai pendamping yang pas dan memanjakan lidah.

Bahkan jenis ikan yang dapat digunakan pun tidak terbatas. Namun rekomendasi yang bisa kamu terapkan adalah ikan berdaging tebal yang minim duri. Tinggal masak ikan bersama biryani masala, jahe, kunyit, bubuk cabai, dan perasa.

Pilihan lauk untuk memaksimalkan kreasi biryani di atas benar-benar bikin kita menitikan air liur. Kalau kamu gimana? Mari tentukan lauk pendamping seperti apa yang hendak turut dimasukkan ke dalam olahan nasi berbumbu ini.

Baca Juga: 5 Olahan Paneer, Keju India yang Lezatnya Menggoyang Lidah

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya