Comscore Tracker

5 Kreasi Cruller Menarik Hati, Sajian Donat Goreng Berbentuk Unik

Dapat dicampurkan bersama aneka glaze menggugah selera

Cruller merupakan salah satu bagian dari keluarga donat yang memiliki bentuk lingkaran bergerigi. Makanan ini pun diolah dengan cara digoreng dalam minyak panas, sehingga menghasilkan tekstur yang lembut dan garing.

Terdapat bermacam-macam olahan cruller yang wajib diketahui untuk diolah sebagai camilan enak, lima di antaranya ialah sebagai berikut. 

1. Classic cruller

5 Kreasi Cruller Menarik Hati, Sajian Donat Goreng Berbentuk Unikclassic cruller (pixabay.com/WikimediaImages)

Berbeda dengan adonan donat berlubang yang umum dijumpai, cruller klasik memiliki tekstur yang lebih cair seperti pasta, sehingga perlu dimasukkan ke dalam plastik segitiga disertai pipa ujung khusus kue untuk dicetak dan didiamkan sebelum digoreng.

Sementara itu, bahan yang digunakan dalam pembuatan cruller tidak jauh-jauh dari penggunaan mentega, susu, gula, garam, dan air. Kemudian panaskan sebentar, lalu tambahkan tepung terigu.

Setelah diaduk rata, kembali panaskan kompor sampai adonan teraduk sempurna. Gunakan mixer untuk mencampurkan adonan tepung bersama telur, kemudian tutup memakai parutan kulit lemon.

2. Orange glaze cruller

5 Kreasi Cruller Menarik Hati, Sajian Donat Goreng Berbentuk Unikorange glaze cruller (pixabay.com/Don Johnoghue)

Perbedaan lain yang tampak pada cruller dan donat biasa terletak pada topping makanan. Di mana, cruller cenderung tidak menggunakan krim sebagai penghias. Melainkan glaze seperti misalnya orange glazed.

Proses pembuatan orange glazed bisa dibuat memakai tiga bahan saja, mulai dari gula bubuk, parutan kulit jeruk, serta air jeruk. Tambahkan semua komponen dan siramkan ke atas kue yang sudah matang.

Baca Juga: 9 Tips Membuat Donat Kepang tanpa Telur, Dijamin Kenyal dan Lezat!

3. Pomegranate cruller

5 Kreasi Cruller Menarik Hati, Sajian Donat Goreng Berbentuk Unikpomegranate cruller (pixabay.com/dinesh220185)

Delima dikenal sebagai salah satu buah segar yang mampu menghasilkan rasa nikmat terhadap sebuah olahan. Pada kreasinya kali ini, delima akan dibuat menjadi glazed yang menggugah selera.

Pomegranate cruller ini diolah dengan cara mencampurkan jus delima dengan gula bubuk, susu, lemon, dan ekstra biji delima untuk menyempurnakan cruller supaya lebih cantik dan bertekstur.

4. Honey glaze cruller

5 Kreasi Cruller Menarik Hati, Sajian Donat Goreng Berbentuk Unikhoney glaze cruller (pixabay.com/Olga Oginskaya)

Cruller menjadi salah satu kreasi yang pas apabila disantap bersama madu. Namun begitu, ada baiknya olah terlebih dahulu bahan pemanis alami ini dengan bahan-bahan lain, agar tidak terlalu manis dan pas disantap dengan donat.

Kreasi honey glazed cruller bisa didapatkan dengan mencampurkan madu bersama gula bubuk dan susu. Sehingga saus pada olahan ini akan lebih berwarna, sekaligus menetralkan ketika disajikan bersama.

5. Vanilla glaze cruller

5 Kreasi Cruller Menarik Hati, Sajian Donat Goreng Berbentuk Unikvanilla glaze cruller (thespruceeats.com/The Spruce Jessie Sheehan)

Dalam menikmati suatu olahan, belum lengkap apabila tidak menghidangkan sajian ini bersama vanilla glaze yang nikmat. Selain lebih sederhana, bahan yang digunakan pun cenderung mudah untuk ditemui.

Cukup siapkan cruller yang sudah selesai digoreng. Kemudian buat glaze dengan menambahkan susu cair, gula bubuk, dan ekstrak vanilla menjadi satu. Aduk rata hingga mencapai kekentalan yang pas, lalu sajikan bersama.

Wah, rupanya cruller menjadi salah satu variasi donat menarik untuk dicoba. Selain berbeda dari segi komponen bahan baku dan topping, adonan yang dihasilkan pun cenderung lebih unik ketika hendak digoreng.

Baca Juga: 5 Kreasi Hidangan Jelly Donat, Inovasi Camilan yang Gak Bosenin!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya