Comscore Tracker

5 Kreasi Katsu Tanpa Daging yang Tidak Kalah Juara, Bikin Kalap!

Katsu juga tetap nikmat walau dibuat dari sayur-mayur, lho

Di dalam tradisi masakan Jepang, katsu menjadi salah satu pilihan lauk terbaik yang dibuat dari sepotong daging dan disajikan bersama aneka macam sayur, nasi, serta saus khusus. Hidangan ini kemudian cukup sukses di luar Jepang dan ada banyak inovasi menarik yang patut dicoba.

Salah satu di antaranya merupakan jenis olahan katsu tanpa daging yang dibuat dari bahan-bahan ekonomis, serta dapat juga dibuat dari aneka macam sayur. Bila kamu penasaran akan macam-macam katsu tersebut, simak terlebih dahulu lima kreasi berikut untuk inspirasi masakan baru di rumah.

1. Aubergine katsu 

5 Kreasi Katsu Tanpa Daging yang Tidak Kalah Juara, Bikin Kalap!ilustrasi aubergine katsu (pexels.com/Saveurs Secretes)

Bahan pertama yang bisa dijadikan salah satu pengganti daging dalam kreasi katsu, merupakan salah satu sayur yang paling umum dijumpai di sekitar kita, terutama di tengah masyarakat Indonesia. Bahan baku tersebut bukan lain adalah aubergine atau teurng ungu yang memiliki tekstur menarik.

Penggunaan terung ini bisa dijadikan katsu dengan cara dipotong-potong, kemudian dilapisi memakai aneka macam bahan pelapis, termasuk salah satu dia ntaranya adalah tepung panko. Setelah itu mau aubergine katsu tinggal disajikan bersama nasi dan juga saus khusus, biar komponen makin lengkap.

2. Tofu katsu 

5 Kreasi Katsu Tanpa Daging yang Tidak Kalah Juara, Bikin Kalap!ilustrasi tofu katsu (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Sudah bukan hal asing lagi bahwa penggunaan tofu untuk menggantikan daging acapkali di dilakukan oleh para pelaku vegan. Hal ini disiapkan untuk tetap menciptakan rasa makanan yang menarik, namun dengan bahan-bahan yang justru lebih terjangkau.

Hampir mirip akan olahan sebelumnya, dalam pembuatan tahu katsu tersebut pun, bahan perlu dicampurkan sersama susu, terigu, sampai tepung panko. Untuk nantinya dimasak dan disajikan bersama saus katsu. Kamu pun bisa menambahkan nasi untuk menciptakan hidangan yang lebih mengenyangkan.

Baca Juga: 7 Macam Variasi Katsu yang Paling Digemari di Jepang, Bikin Ngiler!

3. Zucchini katsu 

5 Kreasi Katsu Tanpa Daging yang Tidak Kalah Juara, Bikin Kalap!ilustrasi zucchini katsu (pixabay.com/Arthur Daniliuk)

Zukini merupakan salah satu bahan baku yang juga sangat populer dalam tradisi masakan Jepang, untuk diolah menjadi aneka makanan menarik. Namun siapa sangka bahwa sayuran tersebut pun cocok untuk menggantikan daging di dalam kreasi katsu.

Zukini bisa dipotong-potong kemudian dilumuri menggunakan telur, dan adonan tepung roti atau panko. Setelah itu hidangan perlu digoreng sampai permukaannya menjadi kecokelatan. Bila sudah jadi, nikmati hidangan ini bersama saus sebagai pengganjal lapar.

4. Portobello katsu 

5 Kreasi Katsu Tanpa Daging yang Tidak Kalah Juara, Bikin Kalap!ilustrasi portobello katsu (unsplash.com/Ryan Kwok)

Portobello merupakan salah satu jenis jamur yang cukup sering dimasak, untuk menciptakan aneka sajian umami. Karakteristik dari bahan baku ini terletak pada permukaan jamur yang cukup lebar sehingga hampir menyamai ukuran potongan daging.

Pengolahan portobello pun kemudian dapat dikreasikan sebagai katsu, dengan bahan-bahan pelengkap yang mirip dengan katsu pada umumnya. Seperti susu, tepung, dan panko. Kemudian hidangan juga bisa disajikan bersama aneka sayuran rebus biar makin kenyang.

5. Sweet potato katsu

5 Kreasi Katsu Tanpa Daging yang Tidak Kalah Juara, Bikin Kalap!ilustrasi sweet potato katsu (pixabay.com/Jungyeon Min)

Bahan berikutnya yang tidak kalah ekonomis dan mudah dijumpai, merupakan salah satu alternatif terbaik untuk dijadikan sebagai katsu. Komposisi tersebut memiliki cita rasa manis dengan sensasi gurih yang membuatnya cocok sekali dinikmati bersama saus katsu khusus.

Komponen yang dimaksud adalah sweet potato atau ubi, di mana bahan tersebut perlu dimasak secara terpisah dengan cara direbus sampai agak lunak. Sebelum nantinya dicampurkan ke dalam aneka bahan pelapis dan dimasak kembali dengan cara digoreng.

Katsu yang diolah tanpa menggunakan daging pun ternyata memiliki cita rasa yang tidak kalah enak, apalagi macam-macam hidangan tersebut tetap bisa dinikmati bersama saus dan juga nasi, supaya santapan terasa lebih mengenyangkan ketika dimakan bareng keluarga.

Baca Juga: 5 Ragam Sajian Katsu Renyah, Gurih dan Bikin Tambah Terus!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya