Comscore Tracker

5 Kreasi Lava Cake Menarik Hati yang Tidak Selalu Berbahan Cokelat

#IDNTimesFood Kamu lebih suka versi mana, nih?

Lava cake merupakan salah satu kudapan jenis kue bertekstur lembut dengan bagian dalam yang lumer saat dipotong, ukuran kue sendiri cenderung kecil dan biasanya diperuntukan untuk satu orang per porsi.

Di antara kepopuleran lava cake yang ada di dunia kuliner, beberapa jenis cukup terkenal dengan campuran rasa cokelat pekat yang berpadu dengan bahan baku lain, seperti tepung, mentega, hingga telur.

Namun bagi kamu yang ingin mencicipi lava cake dengan rasa-rasa unik dan menarik, berikut ini terdapat lima kreasi yang patut untuk dicoba. 

1. Dulce de leche lava cake

5 Kreasi Lava Cake Menarik Hati yang Tidak Selalu Berbahan CokelatDulce de leche lava cake (foodnetwork.com/Ree Drummond)

Dulce de leche merupakan sebutan bagi sajian manis dari susu kental yang dimasak dalam air mendidih dan membuatnya berubah menjadi lebih gelap akibat proses karamelisasi. Dulce de leche sendiri dapat dimakan langsung ataupun diproses kembali menjadi aneka makanan enak.

Salah satu kreasi dari olahan tersebut adalah lava cake, di mana dulce de leche akan dicampurkan bersama tepung, kuning telur, mentega asin, dan pemanis lainnya. Lalu untuk proses pematangan dapat dilakukan dengan cara memasukan adonan ke dalam microwave dan sajikan dengan es krim kesukaan.

2. Lemon lava cake

5 Kreasi Lava Cake Menarik Hati yang Tidak Selalu Berbahan CokelatLemon lava cake (bestrecipes.com.au)

Lava cake yang satu ini memiliki rasa yang cenderung segar dan asam akibat penggunaan buah lemon sebagai salah satu peran penting dalam menyumbangkan aroma dan rasa pada kudapan.

Supaya makin sedap, lemon yang dicampurkan ke dalam adonan lava cake tidak hanya berupa selai, melainkan ada pula tambahan dari lemon zest. Sajikan lava cake ini bersama buah-buahan dan krim untuk mendapat sumbangan rasa manis yang pas.

Baca Juga: Tanpa Oven, Inilah Resep Sponge Cake Rice Cooker yang Mudah Dibuat

3. Salted caramel lava cake

5 Kreasi Lava Cake Menarik Hati yang Tidak Selalu Berbahan CokelatSalted caramel lava cake (usa.potsandco.com)

Salted caramel merupakan salah satu jenis pemanis yang memiliki semburat rasa asin dalam setiap sajian, hal ini memungkinkan salted caramel untuk diolah menjadi aneka makanan yang mempunyai rasa manis ataupun gurih.

Salted caramel sendiri biasanya diolah dari caramel cub yang dilelehkan bersama susu dan garam, kemudian karamel tersebut bisa dicampurkan bersama bahan baku untuk pembuatan lava cake untuk menciptakan rasa yang menarik.

4. Pandan lava cake

5 Kreasi Lava Cake Menarik Hati yang Tidak Selalu Berbahan CokelatPandan lava cake (fyr.sg)

Selama ini pandan memang kerap kali digunakan untuk perasa bagi aneka makanan nikmat, mulai dari santapan Nusantara ataupun di luar Indonesia yang memiliki cita rasa utama seperti manis.

Tak mau kalah eksis, pandan pun kini mampu bersaing bersama aneka kudapan lembut, salah satunya adalah lava cake yang nikmat dan harum. Pandan yang dimasukan bisa berupa daun segar ataupun pasta.

5. Strawberry lava cake

5 Kreasi Lava Cake Menarik Hati yang Tidak Selalu Berbahan CokelatStroberi lava cake (allasyummyfood.com)

Lava cake selanjutnya yang dapat diolah untuk referensi kudapan di rumah adalah strawberry lava cake, sensasi rasa manis dan segar mampu menghidupkan variasi lava cake ini jadi semakin berwarna.

Buah yang digunakan dapat berupa stroberi segar ataupun stroberi selai, namun jika kamu ingin rasa buah yang lebih tajam, enggak ada salahnya untuk menghadirkan dua komponen tersebut pada olahan.

Nah, itulah lima kreasi lava cake dengan rasa-rasa menarik yang bisa menjadi referensi kudapan manis di rumah. Jadi gimana nih, kamu tertarik mencoba salah satu makanan di atas?

Baca Juga: 5 Kreasi Oreo Cake Memanjakan Lidah, jadi Kudapan Favorit Keluarga

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya