Comscore Tracker

5 Kreasi Makanan dengan Tahini, Saus Wijen ala Timur Tengah

Sudah pernah icip tahini creme brulee belum? #IDNTimesFood

Tahini merupakan salah satu olahan pasta yang terkenal di beberapa kawasan Timur Tengah. Makanan ini memiliki karakteristik yang mirip dengan selai kacang, yakni warnanya kecokelatan, bertekstur lembut, dan agak kental.

Namun, tahini sendiri diolah menggunakan bahan baku berupa biji wijen. Beberapa versi tahini pembuatannya memakai wijen yang telah disangrai. Namun, ada pula yang menggunakan biji wijen mentah yang dicampur dengan air dan perasa.

Berikut ini merupakan sederet cara seru menikmati tahini supaya lebih maksimal. Yuk, simak kelima hidangan yang dimaksud!

1. Tahini cookies

5 Kreasi Makanan dengan Tahini, Saus Wijen ala Timur Tengahilustrasi tahini cookies (unsplash.com/Lavi Perchik)

Tahini memiliki kecenderungan rasa yang lebih gurih dan mirip dengan aroma kacang. Meski demikian, pasta tersebut tetap cocok bila perlu ditambahkan menjadi bahan pembuatan kukis.

Kalau mau membuatnya, kamu tinggal siapkan tepung terigu, baking powder, mentega, dan tahini sebagai adonan utama. Kemudian, beri perasa pada bahan tersebut untuk menciptakan rasa yang diinginkan. Setelah itu, taburi wijen agar makin nikmat.

2. Falafel with tahini

5 Kreasi Makanan dengan Tahini, Saus Wijen ala Timur Tengahilustrasi falafel with tahini (unsplash.com/Pille R. Priske)

Falafel adalah salah satu hidangan ala Timur Tengah yang paling pas apabila disajikan bersama saus tahini. Saat rasa keduanya berpadu menjadi satu, bahan ini sangat cocok untuk dijadikan isian dalam sandwich.

Falafel sendiri merupakan olahan berbentuk bola serupa bakso. Namun, bahan pembuatan hidangan ini didominasi oleh pamakaian kacang arab yang dimasak memakai metode pemanggangan atau digoreng.

Baca Juga: 5 Ragam Saus yang Digunakan dalam Masakan Tiongkok, Bikin Lebih Sedap!

3. Tahini swirl buns

5 Kreasi Makanan dengan Tahini, Saus Wijen ala Timur Tengahilustrasi tahini bun (pixabay.com/gate74)

Siapa bilang tahini hanya cocok disajikan sebagai saus cocol saja? Nyatanya, bahan baku ini pun bisa diolah sebagai isian untuk membuat roti lembut. Uniknya, bentuk roti swirl ini agak mirip dengan cinnamon roll, bukan?

Daftar bahan baku yang perlu dipersiapkan untuk membuat adonan roti ini antara lain tepung terigu, ragi, telur, susu, dan air hangat. Sementara tahini bisa diolah terlebih dahulu bersama gula agar semakin lezat. 

4. Sweet potato with tahini

5 Kreasi Makanan dengan Tahini, Saus Wijen ala Timur Tengahilustrasi sweet potato with tahini (pixabay.com/Bernadette Wurzinger)

Kolaborasi berikutnya yang bisa disajikan bersama tahini datang dari salah satu sajian olahan ubi. Kamu bisa mencampurkan pasta wijen tersebut bersama dengan mentega, dan perasan air lemon, sebelum diletakan di atas ubi.

Sementara itu, proses pematangan umbi-umbian tersebut dapat dilakukan dengan cara dipanggang agar tekstur makanan makin lembut.

5. Tahini creme brulee

5 Kreasi Makanan dengan Tahini, Saus Wijen ala Timur Tengahilustrasi tahini creme brulee (pixabay.com/Marion Parmentier)

Creme brulee menjadi salah satu sajian penutup yang populer di seluruh dunia. Rasa makanan ini cenderung manis dan lembut yang sekaligus diiringi oleh tektsur gula pada bagian topping yang dikeraskan memakai torch.

Namun, creme brulee pun juga nikmat bila dikreasikan dengan tahini, lho. Gak sampai merusak rasa makanan, kolaborasi ini justru bikin keberadaan pasta tersebut bikin custard pada hidangan jadi lebih terasa legit.

Tahini ternyata tidak cuma dapat dijadikan saus cocol atau teman makan hidangan tertentu, kan? Ada banyak sekali kreasi populer yang bisa kamu coba menggunakan bahan baku tersebut yang pastinya mampu meningkatkan cita rasa. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 5 Kudapan dengan Irisan Jeruk Segar yang Bikin Hidangan Makin Cantik

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya