Comscore Tracker

5 Kreasi Masakan dari Bawang Bombai dan Parmesan yang Menggugah Selera

Disantap sebagai gorengan hingga sup hangat #IDNTimesFood

Bawang bombai menjadi salah satu bumbu dapur populer berbentuk bulat dan memiliki ukuran cukup besar. Cita rasa bawang tersebut sedikit lebih manis, serta terdapat aroma tajam yang menyertai.

Tidak cuma dijadikan bumbu penambah rasa, bawang bombai pun kerap dimasak sedemikian rupa untuk menghasilkan olahan yang enak. Salah satunya dengan menambahkan parmesan dalam masakan.

Terdapat lima olahan dari bawang bombai dan parmesan yang pas buat ide memasak sehari-hari. Simak ulasannya di bawah ini, ya!

1. Parmesan fried onion

5 Kreasi Masakan dari Bawang Bombai dan Parmesan yang Menggugah Selerailustrasi parmesan fried onion (pixabay.com/Frank B Araujo F)

Salah satu olahan bawang bombai terkenal yang pas untuk disantap sebagai camilan adalah fried onion. Makanan ini kerap dimasak dengan cara membalurkan adonan tepung di seluruh bagian bawang.

Kupas dan potong-potong onion sesuai selera. Buat adonan pelapis memakai tepung terigu, susu, dan telur. Tambahkan beragam bumbu perasa, kemudian masukkan parmesan agar lebih asin. Goreng bawang, lalu sajikan.

2. Parmesan onion tart

5 Kreasi Masakan dari Bawang Bombai dan Parmesan yang Menggugah Selerailustrasi parmesan onion tart (pixabay.com/StockSnap)

Untuk pencinta olahan asin berbahan baku pastri, maka hidangan berupa parmesan and onion tart paling cocok disantap. Entah itu sebagai menu makan siang dan makan malam bersama keluarga.

Siapkan isian yang diolah dari bawang bombai, parmesan, peterseli, serta lada dan garam. Kemudian letakkan dalam pastri yang telah dicetak pada loyang pai. Panggang selama beberapa saat, lalu hidangkan dengan saus.

Baca Juga: 9 Kreasi Nyeleneh Sisca Kohl dari Masakan Nusantara, Mari Kita Coba!

3. Parmesan onion rye

5 Kreasi Masakan dari Bawang Bombai dan Parmesan yang Menggugah Selerailustrasi parmesan onion rye (pixabay.com/madmoissele)

Rye adalah sebutan untuk roti gandum hitam yang kerap digunakan sebagai alternatif pengganti roti biasa. Kandungan manfaat yang baik membuat roti ini kerap dijadikan favorit oleh sebagian besar masyarakat.

Olahan rye sendiri bisa dikreasikan agar lebih nikmat, seperti menghadirkan bawang bombai dan parmesan dalam adonan tepung gandum, ragi, telur, mentega, biji poppy, serta pemanis seperti madu.

4. Parmesan onion gratin

5 Kreasi Masakan dari Bawang Bombai dan Parmesan yang Menggugah Selerailustrasi parmesan onion gratin (unsplash.com/Tomoyo S)

Bawang bombai termasuk salah satu bahan yang paling pas disantap dengan cara diolah sebagai gratin. Agar lebih maksimal, bawang yang telah dipotong perlu direbus beberapa saat, kemudian keringkan.

Siapkan adonan cair yang diolah dari campuran heavy cream, parmesan, serta aneka bumbu perasa. Susun dalam loyang, kemudian tambahkan tepung roti di atasnya, lalu panggang dalam oven sampai matang.

5. Parmesan onion soup

5 Kreasi Masakan dari Bawang Bombai dan Parmesan yang Menggugah Selerailustrasi parmesan onion soup (pixabay.com/RitaE)

Ketika mengolah bawang bombai, belum lengkap rasanya bila tidak menghadirkan sup di dalam daftar. Salah satu olahan kuah nikmat yang bisa dibuat adalah dengan menggunakan parmesan sebagai penambah rasa.

Masak bawang dengan mentega sampai layu dan berbau harum. Setelah itu, masukkan kaldu atau air. Berikan aneka perasa dan sedikit tepung terigu. Pindahkan sup ke dalam mangkuk anti panas, beri parmesan dan roti, lalu panggang sebentar.

Kenikmatan bawang bombai ternyata cocok ketika dipadukan bersama keju parmesan, bukan? Olahan di atas pun dapat dijadikan referensi buat kamu yang sedang berpikir untuk mengolah sajian berbeda dan anti boring. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 5 Sajian Unik Berbahan Bawang Bombai, Cita Rasa Semakin Sedap!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya