Comscore Tracker

5 Kreasi Snack dari Bayam Buat Istirahat Makan Siang, Untung Banyak!

Ada olahan lumpia sampai keripik renyah yang patut dicoba

Untuk menghemat pengeluaran, nggak ada salahnya membuat snack alias camilan sendiri dari rumah. Hidangan ini dapat dijadikan andalan saat istirahat siang, setelah bekerja ataupun bersekolah, biar tetap fokus setelahnya.

Nah, salah satu bahan yang bisa digunakan untuk membuat snack nikmat adalah bayam. Sayuran hijau kaya vutamin ini bisa bertransformasi menjadi lima kudapan berikut, dengan beberapa santapan yang juga dekat dengan makanan Indonesia, lho!

1. Lumpia bayam isi telur 

5 Kreasi Snack dari Bayam Buat Istirahat Makan Siang, Untung Banyak!ilustrasi lumpia bayam isi telur (pixabay.com/in kang)

Lumpia menjadi salah satu kulit untuk memasak yang disukai sebagian besar masyarakat. Ini berfungsi untuk menambah sensasi renyah, sekaligus menjaga isiannya supaya tetap lembut sesaat setelah selesai dimasak.

Pada snack yang satu ini, lumpia akan digunakan untuk membuat bayam dan telur jadi semakin sedap. Dua bahan itu bisa dicampur bersama bumbu halus dari bawang-bawangan agar tambah gurih, kemudian lipat dan goreng garing.

2. Pastel bayam tongkol 

5 Kreasi Snack dari Bayam Buat Istirahat Makan Siang, Untung Banyak!ilustrasi pastel bayam tongkol (pixabay.com/Alicia Cortés)

Pada makanan selanjutnya, kamu akan menemukan perpaduan antara bayam bersama tongkol, sehingga rasa makanan bertambah unik dan lezat untuk dicicipi. Namun keduanya tidak akan digunakan sebagai isian, lho.

Sebab kamu dapat menggunakan bayam untuk dihaluskan bersama air dan dicampur dengan adonan tepung. Bahan ini nantinya akan dijadikan kulit pastel, sedangkan tongkol perlu disuwir dan ditumis bareng bumbu sebelum dimasukkan ke kulit.

Baca Juga: 5 Ide Snack Mudah Berbahan Wortel, Sehat dan Mengenyangkan

3. Roti goreng isi bayam 

5 Kreasi Snack dari Bayam Buat Istirahat Makan Siang, Untung Banyak!ilustrasi roti goreng isi bayam (pixabay.com/ally j)

Olahan snack bayam yang satu ini benar-benar praktis dan cocok banget untuk dijadikan pengganjal lapar sedap sehari-hari. Seperti diketahui, roti goreng merupakan cara terbaik dalam membuat camilan simpel dengan aneka macam isian.

Bahan yang digunakan dalam membuat sajian ini memerlukan roti tawar. Kemudian isiannya didukung oleh penggunaan bayam rebus, mayones, dan telur rebus. Haluskan seluruhnya, lalu masukkan ke roti. Tinggal balur pakai breadcrumb, selanjutnya goreng.

4. Keripik bayam renyah 

5 Kreasi Snack dari Bayam Buat Istirahat Makan Siang, Untung Banyak!ilustrasi keripik bayam renyah (Yummy)

Bayam bukan cuma sukses memanjakan lidah dengan dijadikan sup bening. Lebih jauh, bahan ini sangat menarik ketika diolah sebagai gorengan yang tidak kalah lezat, dibandingkan singkong atau kentang yang lebih dulu populer.

Pembuatan keripik bayam sendiri memerlukan adonan tepung yang terdiri dari tepung beras, maizena, bumbu halus berisikan bawang, air, dan penyedap. Setiap lembaran daun yang telah dibersihkan akan dilapisi adonan tersebut sebelum dimasak.

5. Bola tahu bayam

5 Kreasi Snack dari Bayam Buat Istirahat Makan Siang, Untung Banyak!ilustrasi bola tahu bayam (pixabay.com/Hans Braxmeier)

Bicara soal makanan ringan apapun, belum lengkap rasanya kalau tidak menghadirkan bola-bola. Makanya, dalam sajian kali ini pun, ada ide santapan berupa bola tahu bayam yang mempunyai tekstur makanan garing dan lembut sekaligus.

Pilih tahu putih, kemudian haluskan memakai garpu. Masukkan bumbu halus dari bawang, daun bawang, bumbu penyedap, serta lada. Susul dengan bayam, beberapa butir telur, dan tepung supaya adonan lebih padat. Setelah itu, tinggal goreng, deh.

Bikin snack sendiri di rumah menjadi salah satu ide untuk menghemat kantong. Jadi, mulai senin ini kamu bisa coba membuat referensi masakan di atas, sebagai menu camilan ringan yang dinikmati ketika istirahat siang tiba.

Baca Juga: 5 Camilan Snack Lezat Berbahan Makaroni, Banyak Ragamnya!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya