Comscore Tracker

5 Kue Kering Selai Nanas yang Legit, Bukan Cuma Nastar!

Ada kudapan praktis yang dibikin cuma pakai roti tawar, lho

Selai nanas menjadi salah satu bahan masak yang populer dalam mendulang isian untuk kue nastar. Rasanya yang manis dengan sensasi masam sangat digemari, dan hampir tidak dapat digantikan oleh apapun.

Namun tahukah kamu, kalau selai nanas nggak cuma milik nastar secara mutlak. Tetapi ada lima kue populer yang bisa dimaksimalkan menggunakan bahan ini, supaya terasa lebih menyegarkan. Yuk, cari tahu kue-kue tersebut!

1. Semprit selai nanas 

5 Kue Kering Selai Nanas yang Legit, Bukan Cuma Nastar!ilustrasi semprit selai nanas (pixabay.com/GLady)

Semprit adalah kue kering yang masuk ke dalam jajaran kudapan favorit masyarakat Indonesia. Makanan ini cenderung ringan dan miliki tektsur rapuh yang membuatnya gampang meleleh saat dikunyah dalam mulut.

Ini karena kandungan bahan-bahan yang dipakai dalam semprit terbilang sederhana. Mulai dari tepung terigu, maizena, margarin, susu kental, hingga gula bubuk. Nantinya adonan akan dibentuk serupa mawar dan bisa disisipkan selai nanas di bagian tengah.

2. Pai mini selai nanas 

5 Kue Kering Selai Nanas yang Legit, Bukan Cuma Nastar!ilustrasi pai mini selai nanas (pixabay.com/Adriana Macias)

Pai mini menjadi kudapan andalan kedua yang hampir tidak pernah ditolak, di mana pun keberadaan hidangan tersebut. Terlebih isian dari pai mini di Indonesia sangat beragam, dan bisa dikombinasikan pakai selai nanas biar terasa berbeda.

Pengolahan isian pun bisa banget dilakukan sendiri dengan memasak parutan nanas bareng kayu manis, gula pasir, air lemon, dan sejumput garam. Biarkan dalam wajan hingga air menjadi sat. Kemudian gunakan untuk menyempurnakan pai mini tersebut.

Baca Juga: Cara Simpel Bikin Selai Nanas Isian Nastar, Cuma 5 Bahan!

3. Kue tanduk selai nanas 

5 Kue Kering Selai Nanas yang Legit, Bukan Cuma Nastar!ilustrasi kue tanduk selai nanas (pixabay.com/Bernadette Wurzinger)

Kue tanduk adalah salah satu olahan yang juga tidak dapat dipisahkan dari selai nanas. Sepintas, kamu dapat melihat gambaran croissant dalam hidangan ini, namun kue tanduk dibuat lebih mini dan cocok untuk camilan sekali gigit yang masam dan manis.

Kulit dari kudapan tersebut dikenal perlu diolah menggunakan campuran tepung terigu, ragi, susu bubuk, sampai mentega. Kemudian untuk memaksimalkan rasanya, gunakan pula selai nanas sebagai isian. Lipat adonan dan masak beberapa saat sampai kulit matang.

4. Bagelan selai nanas 

5 Kue Kering Selai Nanas yang Legit, Bukan Cuma Nastar!ilustrasi bagelan selai nanas (pixabay.com/Muhammad Usman)

Bagelan adalah sebutan bagi kue kering yang dibuat menggunakan sisa-sisa roti tawar. Hidangan ini termasuk kudapan yang begitu renyah disantap, dan sangat cocok untuk dinikmati sebagai teman minum kopi atau teh sehari-hari.

Proses pembuatan bagelan pun bisa dikombinasikan bareng selai nanas. Tinggal siapkan roti yang telah dipotong-potong, olesi memakai campuran margarin dan susu kental, lalu sempurnakan juga dengan selai nanas untuk kemudian dipanggang hingga garing.

5. Pia isi selai nanas

5 Kue Kering Selai Nanas yang Legit, Bukan Cuma Nastar!ilustrasi pia isi selai nanas (pixabay.com/Andreas Lischka)

Pia menjadi sajian legendaris yang terkenal punya tekstur padat. Makanan tersebut selalu mengalami inovasi menarik, sehingga isiannya gak terbatas pada penggunaan kacang-kacangan saja. Di sini, kamu akan menemukan pia rasa nanas.

Pembuatan pia sendiri bisa dilengkapi dengan campuran dari tepung terigu, gula pasir, ragi, dan mentega. Nantinya, adonan ini harus dibentuk agar lebih gampang disisipi menggunakan selai nanas homemade. Tinggal masak, dan sajikan.

Kudapan berisikan selai nanas memang nggak melulu berpusat pada nastar, ya. Makanya ada banyak alternatif pilihan yang bisa kamu coba satu-satu, nih. Tertarik dengan hidangan nomor berapa?

Baca Juga: 5 Olahan dari Selai Buah Tin, Perpaduan Manis yang Bikin Terpesona

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya