Comscore Tracker

5 Macam Hidangan dengan Sari Apel yang Bikin Tambah Legit

Berbagai olahan menjadi tambah enak dengan sari apel ini

Buah apel memiliki beragam olahan yang terkenal di dalam dunia kuliner. Salah satunya adalah apple cider. Dalam bahasa Indonesia, apple cider artinya adalah sari apel. Olahan ini berbeda lho dengan cuka apel.

Sari apel menjadi salah satu kreasi yang diproses dengan ampas buah sekaligus, dan terkadang ditambahi dengan rempah. Lain lagi dengan jus yang lebih cair atau perlu disaring kembali.

Selain itu, cuka apel adalah olahan yang melalui proses fermentasi, sedangkan sari apel terkadang tidak melalui tahapan tersebut. Berikut ini terdapat lima kreasi olahan dari sari apel yang mampu membuat makanan jadi lebih sedap. Tertarik mencoba? 

1. Apple cider muffin

5 Macam Hidangan dengan Sari Apel yang Bikin Tambah Legitilustrasi apple cider muffin (unsplash.com/Ali Zolghadr)

Olahan dari sari apel berikut ini menjadi salah satu makanan yang cocok untuk menemani santapan pagi. Rasanya manis, beraroma harum, dan memiliki tekstur lembut yang pas dikonsumsi anak-anak atau orang dewasa.

Adonan untuk membuat muffin ini bisa dicampur dengan tepung terigu, bubuk pengembang, gula, sari apel, telur, dan aneka perasa. Bila suka, kamu dapat menambahkan remahan atau buah untuk dijadikan topping.

2. Apple cider donut

5 Macam Hidangan dengan Sari Apel yang Bikin Tambah Legitilustrasi apple cider donut (pexels.com/Alfredo Alvarado)

Donat menjadi makanan goreng populer yang kerap disantap sebagai teman untuk minum kopi atau teh. Variasi donat saat ini sudah tidak terbatas, mulai dari olahan donat manis maupun asin.

Begitu pun dengan kreasi apple cider donut, di mana sari apel akan ditambahkan ke dalam adonan. Tak cuma itu, untuk menciptakan donat yang lebih sedap, diperlukan juga penggunaan brown sugar, bubuk kayu manis dan pala, agar tambah enak.

Baca Juga: 5 Fakta Arsik, Olahan Ikan Khas Sumatera Utara Tanpa Minyak dan Santan

3. Apple cider caramel pie

5 Macam Hidangan dengan Sari Apel yang Bikin Tambah Legitilustrasi apple cider caramel pie (unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Buah apel cukup identik dengan pengolahan kue pai yang lembut dan manis. Maka dari itu, olahan sari apelnya pun bisa dijadikan bahan baku penting dalam menyempurnakan hidangan ini.

Sari apel dapat diolah sebagai karamel bersama mentega dan ekstrak vanilla. Sementara itu, isian utamanya bisa dimasak memakai tepung, brown sugar, serta buah apel segar yang telah dipotong-potong.

4. Apple cider coffee cake

5 Macam Hidangan dengan Sari Apel yang Bikin Tambah Legitilustrasi apple cider coffee cake (pixabay.com/Nicholas Demetriades)

Kenikmatan sari apel saat ini bisa pula disandingkan dalam olahan seperti kue bolu. Sari apel dapat pula dijadikan bahan baku pembuatan glaze, bersama vanilla, gula, dan sedikit tambahan garam.

Sementara kue utama dimasak dengan mencampurkan tepung, telur, mentega, yogurt, serta tambahan rempah-rempah berupa kayu manis, pala, cengkih, dan tentunya penggunaan apple cider.

5. Apple cider whoopie pie

5 Macam Hidangan dengan Sari Apel yang Bikin Tambah Legitilustrasi apple cider whoopie pie (kingarthurbaking.com)

Whoopie pie merupakan makanan ringan yang memiliki bentuk serupa biskuit sandwich dengan isian krim keju di bagian tengah. Hidangan ini sangat cocok untuk teman bersantai karena rasanya yang nikmat.

Pada kreasi sari apel, whoopie pie pun nggak mau ketinggalan, nih. Sari apel bisa ditambahkan ke dalam adonan biskuit bersama tepung, bubuk pengembang, soda kue, telur, mentega, dan tambahan rempah.

Sari apel ternyata cocok untuk menemani aneka makanan, sehingga menghasilkan rasa dan aroma yang semakin enak. Gimana, apakah kamu tertarik mencicipi berbagai hidangan di atas?

Baca Juga: 5 Inspirasi Menu Sarapan Berbahan Apel, Sajian Segar yang Menyehatkan!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya