Comscore Tracker

5 Macam Olahan Manis Eggnog, Sajian dari Kuning Telur yang Creamy

Selain minuman, bisa pula diolah sebagai kue, lho!

Telur merupakan bahan baku penting dan kaya manfaat yang sering diolah menjadi sajian unik. Salah satunya eggnog.

Secara umum, eggnog adalah minuman dari kuning telur dan susu. Di beberapa negara, eggnog biasanya disajikan bersama rum.

Namun demikian, terdapat macam-macam olahan yang bisa dikreasikan bersama eggnog, seperti lima sajian ini misalnya. Yuk, simak ulasannya! Siapa tau bisa jadi inspirasi kamu berikutnya.

1. Classic eggnog

5 Macam Olahan Manis Eggnog, Sajian dari Kuning Telur yang Creamyilustrasi classic eggnog (pixabay.com/Jill Wellington)

Sebelum memasuki ragam olahan unik dari eggnog, belum lengkap bila tidak menyinggung hidangan klasik yang menjadi favorit di beberapa negara. Minuman ini terasa kaya rempah dan rasanya agak tajam.

Bahan yang diperlukan dalam pembuatan eggnog klasik adalah kuning telur, susu, gula, ekstrak vanilla, heavy cream, bubuk pala, dan kayu manis. Campur bahan lalu hangatkan di atas kompor. Setelah itu sajikan bersama krim di atasnya.

2. Eggnog cookies

5 Macam Olahan Manis Eggnog, Sajian dari Kuning Telur yang Creamyilustrasi eggnog cookies (pixabay.com/Free-Photos)

Meskipun asalnya adalah sebuah minuman, bukan berarti eggnog tak bisa dikreasikan bersama makanan, ya. Diolah menjadi kukis adalah salah satu contohnya. Meskipun dikenal sebagai salah satu makanan renyah, tetapi kukis mampu bersanding dengan olahan telur ini.

Kukis dapat diproses menggunakan tepung terigu, gula cokelat, mentega, telur, bubuk pala, kayu manis, ekstrak vanilla, dan tambahan eggnog untuk membuat rasa kukis jadi lebih unik dan berbeda.

Baca Juga: 5 Resep Olahan Telur buat Kamu yang Gak Punya Banyak Waktu, Enak!

3. Eggnog cheesecake

5 Macam Olahan Manis Eggnog, Sajian dari Kuning Telur yang Creamyilustrasi eggnog cheesecake (pixabay.com/Mami Miyashima)

Eggnog kali ini akan disandingkan bersama salah satu kudapan favorit para pencinta keju. Apalagi jika bukan cheesecake. Rasa keduanya tidak akan bertabrakan. Justru, kombinasi antara eggnog dan keju ini mampu menciptakan keunikan terendiri yang khas.

Eggnog dapat ditambahkan ke dalam adonan isi bersama cream cheese. Namun, supaya rasa cheesecake lebih nendang, kamu bisa turut memasukkan pumpkin pie spice yang terdiri dari rempah-rempah.

4. Eggnog pancake

5 Macam Olahan Manis Eggnog, Sajian dari Kuning Telur yang Creamyilustrasi eggnog pancake (pixabay.com/IVAN SVIATKOVSKYI)

Panekuk biasanya diolah dengan rasa yang cenderung tawar. Oleh sebab itu, penyajian makanan ini memerlukan sesuatu yang lebih dominan agar perpaduan rasanya jadi seimbang.

Nah, dalam kreasinya kali ini, panekuk akan dimasak menggunakan campuran eggnog dalam adonan tepung. Selain itu, eggnog pun bisa pula dijadikan saus supaya rasa olahan makin nikmat.

5. Eggnog panna cotta

5 Macam Olahan Manis Eggnog, Sajian dari Kuning Telur yang Creamyilustrasi eggnog panna cotta (pixabay.com/Blandine JOANNIC)

Panna cotta menjadi sajian alternatif untuk membuat hidangan pencuci mulut yang manis dan lembut. Biasanya, makanan ini dapat dikreasikan dengan saus buah dan bahan baku tambahan, seperti eggnog.

Komponen pembuatan panna cotta tidak memerlukan bahan baku yang banyak. Cukup dengan susu, eggnog, pemanis tambahan, serta gelatin untuk mengentalkan hidangan. Setelah itu, campur dengan buah kesukaan.

Rupanya banyak sekali olahan dari eggnog yang menarik hati. Keberadaan bahan ini mampu membuat olahan jadi lebih unik untuk dicicipi. Gimana, apakah kamu tertarik mencobanya?

Baca Juga: 9 Fakta Eggnog, Minuman Khas Inggris yang Terbuat dari Campuran Telur 

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya