Comscore Tracker

5 Macam Permen Madu yang Bisa Kamu Buat Sendiri, Stok Ngemil Harian!

Ada banyak jenis permen simpel yang miliki rasa nikmat, nih

Permen menjadi salah satu kudapan manis paling populer di dunia. Umumnya, permen dibuat dari bahan-bahan yang terdiri dari kandungan gula. Dewasa ini beragam varian permen pun kerap dijumpai dalam beragam bentuk dan rasa.

Maka dari itu, nggak heran kalau inovasi permen juga merambah hingga madu. Ternyata ada beberapa varian permen madu yang mudah dibuat, lho. Bahkan, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah.

Apa saja variasi permen madu tersebut? Simak ulasannya berikut ini, yuk!

1. Honey hard candy

5 Macam Permen Madu yang Bisa Kamu Buat Sendiri, Stok Ngemil Harian!ilustrasi honey hard candy (unsplash.com/Customerbox)

Permen pertama yang dapat dibuat menggunakan madu ini dikenal dengan sebutan honey hard candy. Seperti julukan yang disematkan, tekstur dari pada permen ini keras, sehingga baiknya dihabiskan tanpa perlu digigit.

Meskipun dibuat dari madu, dalam proses pengolahan permen keras tersebut kamu tetap memerlukan perpaduan antara gula pasir, air biasa, serta perasan lemon untuk dimasak dalam suhu tertentu.

2. Honey taffy

5 Macam Permen Madu yang Bisa Kamu Buat Sendiri, Stok Ngemil Harian!ilustrasi honey taffy (unsplash.com/Graphic Wanderings)

Bila sebelumnya ada permen bertekstur keras, maka pada olahan selanjutnya hidangan tersebut diketahui mempunyai karakteristik yang lebih chewy dan agak lengket ketika hendak digigit. Permen tersebut bukan lain adalah taffy.

Sebagai salah satu sajian legendaris, pembuatan taffy juga tidak begitu banyak berubah. Terutama jika yang dimasak menggunakan bahan madu. Kamu bisa mencampurnya dengan krim, mentega, serta soda kue untuk menghasilkan permen yang enak.

Baca Juga: 5 Permen Khas Prancis yang Enak dan Unik, Satu Aja Gak Cukup!

3. Honey lollipop

5 Macam Permen Madu yang Bisa Kamu Buat Sendiri, Stok Ngemil Harian!ilustrasi honey lollipop (pexels.com/Monstera)

Lollipop alias permen gagang sudah sangat terkenal dari zaman dahulu. Bentuknya yang selalu menarik hati sekaligus memiliki warna-warna yang memanjakan mata sangat digemari oleh berbagai kalangan. Maka dari itu, permen ini pun masih terus diproduksi sampai sekarang.

Terdapat tiga bahan utama yang digunakan dalam proses pembuatan lollipop. Sebut saja, seperti madu, gula pasir, dan air yang dimasak bersamaan. Kemudian kamu bisa berkreasi memakai aneka pewarna makanan bila ingin permen tampil berbeda.

4. Honey gummy

5 Macam Permen Madu yang Bisa Kamu Buat Sendiri, Stok Ngemil Harian!ilustrasi honey gummy (pexels.com/honey gummy)

Permen berikutnya menjadi salah satu simbol makanan praktis yang kenyal dan selalu jadi idola bagi anak-anak saat memilih kudapan manis, yakni gummy. Nggak heran juga, ya, kalau permen ini selalu disukai karena bentuknya pun lucu-lucu!

Berbeda dari kebanyakan permen, gummy cenderung kenyal lantaran ada penggunaan gelatin dalam adonan. Sedangkan komposisi lainnya bisa didukung dari pemakaian madu, jus rasa buah, serta air lemon biar gummy jadi terasa lebih segar.

5. Honey jelly candy

5 Macam Permen Madu yang Bisa Kamu Buat Sendiri, Stok Ngemil Harian!ilustrasi honey jelly candy (pexels.com/ROMAN ODINTSOV)

Kalau permen madu yang satu ini sempat booming di salah satu media sosial dan banyak dipraktikan sendiri. Proses pembuatannya pun sangat simpel

Uniknya lagi, nggak ada bahan tambahan bahan lain yang digunakan ketika membuat honey jelly candy tersebut. Sebab, kamu hanya perlu menyimpan madu kemasan di dalam freezer selama beberapa saat hingga bentuknya menjadi padat.

Macam-macam permen madu di atas dapat dijadikan referensi untuk membuat camilan manis yang simpel dan praktis. Namun, tentunya perlu diingat untuk tetap mengonsumsi dalam batas wajar supaya tidak memberi dampak negatif bagi tubuh, ya!

Baca Juga: 5 Permen Khas Amerika Utara yang Paling Populer, Melekat di Lidah! 

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya