Comscore Tracker

5 Makanan Serba Cincau yang Bikin Badan Jadi Segar, Yummy!

Bisa dikombinasikan bareng agar-agar supaya makin lezat

Cincau adalah salah satu makanan yang cukup populer di Indonesia. Bahan masak ini punya ciri khas berupa warna hitam pekat dan miliki tekstur serupa agar-agar. Penggunaan cincau sendiri didominasi untuk pengolahan minuman.

Namun bukan berarti ia tidak dapat disulap menjadi makanan lezat. Buat kamu yang senang dengan olahan menyegarkan, simak dulu lima kreasi hidangan serba cincau hitam yang patut dicicipi berikut ini.

1. Puding cincau 

5 Makanan Serba Cincau yang Bikin Badan Jadi Segar, Yummy!ilustrasi puding cincau (pixabay.com/Rinya Watanabe)

Pertama-tama, cincau menjadi salah satu penunjang yang menarik untuk proses pembuatan puding. Keberadaannya bisa membuat makanan ini tampil semakin cantik, dengan kombinasi rasa yang lebih solid dan juga menyegarkan.

Pengolahan puding cincau sendiri bisa didukung dengan penggunaan agar-agar bubuk, gula pasir, susu, minuman rasa cappuccino, dan jangan lupa untuk memasukkan cincau. Dengan begitu, hidangan pun siap untuk diletakan dalam loyang, lalu biarkan dingin.

2. Cake puding cincau 

5 Makanan Serba Cincau yang Bikin Badan Jadi Segar, Yummy!ilustrasi cake puding cincau (pixabay.com/Angelica Vaihel)

Kepopuleran cincau juga bisa dipertemukan lewat olahan unik, seperti cake puding cincau. Makanan ini terasa nikmat karena ada kombinasi dari kue bolu santan, juga ditambah menggunakan lapisan puding berisikan cincau.

Seperti biasa, kue memerlukan campuran dari terigu, margarin, telur, SP, dan pemanis. Beri rasa pada bolu ini sesuai selera, kemudian panggang. Di tempat terpisah, buat adonan puding cincau dan nantinya bisa disisipkan pada bolu tersebut.

Baca Juga: 5 Resep Es Cincau yang Simpel, Ampuh Segarkan Dahaga!

3. Cincau sago 

5 Makanan Serba Cincau yang Bikin Badan Jadi Segar, Yummy!ilustrasi cincau sago (pixabay.com/简体中文)

Sago adalah hidangan manis yang disajikan dalam kuah, dengan isian terdiri dari beraneka macam bahan baku. Banyak sekali inovasi sago menggugah selera yang dapat dicicipi untuk dijadikan makanan pembuka ataupun pencuci mulut.

Kamu dapat mencampurkan cincau hitam bareng sagu mutiara, potongan mangga, dan isian lain yang disukai. Lalu buat kuahnya dari percampuran susu full cream, susu evaporasi, susu kental manis, dan krimer untuk membuatnya semakin yummy! 

4. Cincau alpukat 

5 Makanan Serba Cincau yang Bikin Badan Jadi Segar, Yummy!ilustrasi cincau alpukat (pixabay.com/Romjan Aly)

Buah alpukat menjadi bahan selanjutnya yang sangat serasi ketika dicampur menggunakan cincau. Ini untuk menghasilkan makanan manis, asin, dan juga lembut ketika disantap. Terlebih jika kamu menyajikan olahan dalam kondisi dingin.

Pembuatan daging buah alpukat bareng cincau ini juga didukung oleh penggunaan krimer, gula pasir, dan agar-agar bubuk. Fungsinya untuk membuat tekstur hidangan stabil, dan lebih gampang ketika hendak dinikmati.

5. Puding labu cincau

5 Makanan Serba Cincau yang Bikin Badan Jadi Segar, Yummy!ilustrasi puding labu cincau (pixabay.com/Robson veneziani)

Buat kamu yang lebih senang dengan hidangan yang agak padat, tetapi mau olahan tersebut punya tekstur kenyal, maka sajian yang direkomendasikan untuk dibuat dalam waktu dekat ini bukan lain adalah puding labu cincau.

Keberadaan labu kukus yang dilumatkan bakal membuat hidangan bertransformasi menjadi lebih nikmat. Cukup masak bersama agar-agar bubuk, santan, gula merah, dan tambahan cincau. Maka olahan pun siap untuk dijadikan makanan pendamping.

Cincau sukses menjadi bahan tambahan untuk aneka santapan menarik. Bahan ini tidak cuma menarik dimasak, tetapi punya rasa yang tidak kalah lezat untuk dijadikan aneka olahan terkini. Yuk, coba!

Baca Juga: 4 Cara Tepat Membersihkan Cincau Hitam agar Rasanya Jadi Lebih Enak

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya