Comscore Tracker

5 Olahan dari Tulang Sapi yang Bikin Porsi Makan Jadi Nambah, Sedap!

Olahan dari Korea sampai Filipina ada lho!

Tulang sapi menjadi bagian yang kerapkali dilupakan dalam pengolahan makanan, meskipun bertekstur keras dan hanya memiliki sedikit daging, akan tetapi banyak hidangan yang menggunakan tulang sapi sebagai bahan pokok utamanya lho!

Bila kamu mempunyai stok tulang sapi di rumah, berikut ini terdapat berbagai olahan nikmat dari tulang sapi yang tidak boleh dilewatkan. Apa saja sajian tersebut?

1. Sop bening tulang sapi

5 Olahan dari Tulang Sapi yang Bikin Porsi Makan Jadi Nambah, Sedap!yummy.co.id/Lingz

Di Indonesia, tulang sapi sering dimanfaatkan sebagai salah satu penambah rasa untuk sop bening, yaitu hidangan berkuah yang didominasi oleh sayur mayur seperti kol, wortel, dan tambahan sayur lain seperti kentang dan buncis.

Warna kuah sop ini cenderung bening dengan sedikit warna khas dari lemak sapi, jadi kalau kamu mempunyai stok tulang sapi di rumah, bahan baku tersebut bisa dijadikan teman sop untuk lauk makan nasi hangat.

2. Roasted beef bone marrow

5 Olahan dari Tulang Sapi yang Bikin Porsi Makan Jadi Nambah, Sedap!thesavourycellar.com

Salah satu bagian dari sapi yang paling banyak disukai selain daging adalah tulang sumsum, pada bagian ini terdapat beberapa lemak dan daging tersembunyi yang membuat sensasi makan tambah nikmat.

Olahan tulang sumsum panggang menjadi salah satu sajian nikmat yang bisa dicoba apabila kamu ingin menikmati tulang sumsum dengan cara berbeda. Jangan lupa beri bumbu saat hendak memasak agar olahan tambah sedap.

Baca Juga: 5 Resep Kreasi Dendeng Sapi yang Rasanya Empuk dan Bikin Nagih!  

3. Braised beef neck bone

5 Olahan dari Tulang Sapi yang Bikin Porsi Makan Jadi Nambah, Sedap!thehungryhutch.com

Olahan lain yang tidak boleh kamu lewatkan adalah dengan menggunakan beef neck bone atau tulang leher sapi, hampir memiliki kemiripan dengan bagian ekor, tulang leher juga dapat diolah menjadi berbagai masakan enak.

Salah satu yang populer adalah tulang leher sapi yang dimasak menggunakan metode perebusan dengan aneka jenis rempah seperti bawang bombai, lada hitam, bawang putih, serta kaldu sapi untuk merebus.

4. Bulalo

5 Olahan dari Tulang Sapi yang Bikin Porsi Makan Jadi Nambah, Sedap!angsarap.net

Bulalo merupakan sajian berkuah asal Filipina yang hampir sama seperti sop daging bening asal Indonesia, perbedaan mencolok dari dua kudapan ini adalah penggunaan daging serta isian sop yang cenderung bertolak belakang.

Bulalo biasanya diolah dengan menggunakan tulang daging sengkel atau tulang sumsum dari sapi, meski demikian adapula yang menggunakan daging ayam sebagai pengganti, sementara itu isian sayurnya sendiri terdiri dari jagung serta daun pechay.

5. Seolleongtang

5 Olahan dari Tulang Sapi yang Bikin Porsi Makan Jadi Nambah, Sedap!maangchi.com

Seolleongtang adalah sajian sup asal Korea Selatan yang memiliki warna seputih susu, hal ini disebabkan oleh perebusan tulang sapi yang memakan waktu berjam-jam disertai perubahan tekstur yang menjadi agak kental.

Olahan seolleongtang sendiri cukup populer untuk disajikan bersama nasi hangat atau mi Korea lainnya, penggunaan tulang yang dipakai dalam olahan ini biasanya adalah tulang sumsum, atau bagian tulang kaki.

Itu dia berbagai olahan tulang sapi yang memanjakan lidah dan bisa membuat porsi makan nambah, kalau kamu sendiri lebih suka mengolah tulang sapi menjadi hidangan seperti apa?

Baca Juga: 5 Ragam Kreasi Olahan Usus Sapi dari Dalam Negeri yang Bikin Laper!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya