Comscore Tracker

5 Olahan Ikan Peda yang Jadi Langganan Keluarga, Super Nikmat!

Ditambah nasi liwet, makin maknyus, nih

Peda masuk ke dalam kategori ikan asin yang memiliki karakteristik pengawetan dengan cara fermentasi dan pengasinan. Di tengah permintaan pasar, terdapat dua jenis peda yang populer, yaitu peda merah dan putih.

Ikan yang satu ini mempunyai aroma kuat saat digoreng, sehingga tidak jarang bahwa harumnya bisa tercium kemana-mana.

Namun selain diolah dengan cara tersebut, ikan peda rupanya bisa dimasak menjadi lima olahan sedap seperti berikut ini.

1. Sambal pete ikan peda

5 Olahan Ikan Peda yang Jadi Langganan Keluarga, Super Nikmat!yummy.co.id/iishvara

Sama-sama mempunyai bau tajam yang khas, siapa sangka bahwa ikan asin peda beserta petai atau pete ternyata mampu menjadi pasangan yang serasi untuk masakan sekelas sambal.

Keduanya dapat saling melengkapi sehingga membuat lauk makan menjadi meriah dengan aroma yang menonjol dari masing-masing bahan baku. Nikmati sajian sambal pete ikan peda dengan sepiring nasi hangat untuk pengalaman makan yang bikin nagih.

2. Pepes peda

5 Olahan Ikan Peda yang Jadi Langganan Keluarga, Super Nikmat!youtube.com/Dapur Bu Haji

Tidak cuma ikan berdaging tebal yang bisa diolah menjadi pepes, sekelas ikan peda pun ternyata mampu bersaing membuat makanan berbalut kulit pisang ini menjadi tambah sedap.

Meski mempunyai bentuk yang lebih tipis dibandingkan ikan pepes lain, namun untuk membuat pepes peda makin enak, biasanya di dalam bungkus akan ditambahkan kemangi atau daun-daunan lain sesuai selera.

Baca Juga: 7 Kuliner Ikan Kuah Khas Sumatera, Ada yang dari Ikan Hiu Lho

3. Jagung manis peda

5 Olahan Ikan Peda yang Jadi Langganan Keluarga, Super Nikmat!rodaresep.web.app

Untuk menetralkan rasa asin pada ikan, umumnya masakan ditambah menggunakan bahan baku yang mempunyai rasa tawar atau manis, salah satu yang dapat dipakai adalah jagung manis pipil.

Ikan peda bisa dimasak dengan jagung untuk menghasilkan makanan yang nikmat dan menggugah selera menggunakan metode tumis-menumis, sebagai penambah rasa, jangan lupa beri irisan bawang dan cabai.

4. Ikan peda bakar

5 Olahan Ikan Peda yang Jadi Langganan Keluarga, Super Nikmat!akasfoods.com/Rina Sakha

Salah satu raja dari olahan ikan asin yang cukup diminati terutama di tanah Jawa Barat adalah peda bakar, sensasi aroma asap serta daging ikan yang termasak begitu cocok berpadu dengan sambal.

Selain itu, peda bakar pun kerap menghiasi lauk makan untuk nasi liwet, yakni sajian nasi berbumbu dengan aneka rempah yang mempunyai rasa gurih, ataupun nasi bakar bungkus daun pisang.

5. Peda balado

5 Olahan Ikan Peda yang Jadi Langganan Keluarga, Super Nikmat!yummy.co.id/Heny Rosita

Buat kamu yang senang dengan sentuhan rasa pekat terhadap makanan, balado biasanya sering menjadi pelarian. Meski warnanya merah menyala, namun bumbu ini biasanya tidak sampai membuat mata berair lantaran penggunaan cabai merah yang lebih banyak dari cabai rawit.

Berbagai bahan baku dapat diolah bersama bumbu masak balado, namun untuk membuat bumbu ini tersaji dengan maksimal, kamu bisa menggunakan ikan peda yang diolah bersama sampai keduanya tercampur rata.

Nah, itu dia kelima olahan ikan asin peda yang menggugah selera. Semua makanan tersebut akan lebih sedap ketika disantap bersama nasi dan sambal di tengah kebersamaan keluarga. Tertarik mencoba?

Baca Juga: 5 Resep Kreasi Abon Ikan yang Rasanya Endeus Pisan!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya