Comscore Tracker

5 Olahan Ikan Tilapia untuk Ide Lauk Makan Super Yummy!

Mau sajian berkuah sampai goreng krispi pun ada, lho

Tilapia adalah sebutan bagi suatu kelompok ikan air tawar, dimana salah satu yang populer dalam varietas ini adalah ikan nila. Di Indonesia, tentunya ikan tersebut dapat dijumpai lantaran sering diolah menjadi ragam masakan nikmat.

Terdapat lima opsi mengolah tilapia menjadi santapan memanjakan lidah, dan cocok buat lauk makan sehari-hari, lho. Sederet variasi hidangan yang beragam ini dijamin bikin kamu gak bosen, deh, mengonsumsi jenis ikan yang satu ini.

Yuk, simak sederet kreasinya berikut ini!

1. Tilapia bakar mentega

5 Olahan Ikan Tilapia untuk Ide Lauk Makan Super Yummy!ilustrasi tilapia bakar mentega (pixabay.com/Yiftah Yeshaayahu)

Kreasi ikan bakar menjadi salah satu hidangan yang selalu jadi favorit masyarakat Indonesia. Wangi asap hasil pembakaran tersebut mampu meningkatkan nafsu makan. Apalagi jika ikan disantap bersama nasi hangat serta dilengkapi dengan sambal.

Proses pengolahan ikan tilapia bakar mentega ini bisa diawali dengan mencampur bumbu, mulai dari butter, bawang putih, lada dan garam, serta air lemon. Balurkan pada keseluruhan ikan, lalu bakar sampai tilapia matang.

2. Tilapia salsa jagung

5 Olahan Ikan Tilapia untuk Ide Lauk Makan Super Yummy!ilustrasi tilapia salsa jagung (pixabay.com/Nicky Girly)

Tilapia akan terasa sangat sempurna apabila disantap dengan salsa. Keberadaan hidangan pendamping yang populer dalam masakan Meksiko ini akan menghasilkan perpaduan rasa segar yang meningkatkan nafsu makan.

Salsa bisa dibuat dengan menghadirkan salad dressing, kemudian mix bersama kacang hitam, jagung, bawang-bawangan, serta paprika. Masak tilapia yang telah di-fillet, lalu sajikan bersama salsa menggugah selera tersebut.

Baca Juga: 5 Macam Ikan yang Terkenal Punya Banyak Duri, Awas Keselak!

3. Krispi tilapia

5 Olahan Ikan Tilapia untuk Ide Lauk Makan Super Yummy!ilustrasi krispi tilapia (pixabay.com/Fabiano Panisson)

Tilapia pun bisa dijadikan salah satu olahan populer yang acap kali dimasak menggunakan daging ikan terkenal, yaitu crispy fish. Kenikmatan ikan nan lembut ini sangat cocok saat berpadu dengan baluran tepung roti.

Hampir mirip dengan pembuatan makanan krispi lainnya, gunakan dua adonan mulai dari telur dan campuran susu. Tambahkan juga tepung panko sebagai pelapis terluar yang akan membuat tilapia jadi lebih kriuk saat disantap.

4. Parmesan tilapia

5 Olahan Ikan Tilapia untuk Ide Lauk Makan Super Yummy!ilustrasi parmesan tilapia (pixabay.com/Gundula Vogel)

Bila kamu mengaku sebagai pencinta hidangan asin, maka olahan berikutnya yang paling direkomendasikan adalah parmesan tilapia. Hampir sama dengan crispy tilapia, makanan ini pun perlu tepung roti sebagai bahan pelapis.

Bedanya, tepung perlu ditambah dengan parmesan dan peterseli. Taburkan bubuk bawang putih serta paprika sebagai ekstra perasa, kemudian panggang hidangan sampai daging matang dengan baik sampai ke bagian dalam.

5. Tilapia tomat

5 Olahan Ikan Tilapia untuk Ide Lauk Makan Super Yummy!ilustrasi tilapia tomat (pixabay.com/YU ZHANG)

Salah satu bahan populer teman makan ikan yang sulit untuk ditolak adalah tomat. Komponen tomat mampu menghasilkan perpaduan rasa asam alami yang menyegarkan begitu berpadu dengan daging ikan.

Kamu bisa memakai campuran antara pasta tomat, irisan tomat segar, kaldu, serta bumbu perasa yang terdiri dari bawang-bawangan, air lemon, hingga bumbu lainnya. Jangan lupa gunakan tilapia fillet agar lebih mudah disantap, ya!

Rupanya ikan tilapia bisa disantap dengan ragam olahan yang unik. Rasa yang dihasilkan pun bisa bermacam-macam sehingga kamu pun jadi tambah berselera saat makan. Jangan lupa untuk coba semua kreasi masakan di atas, ya! 

Baca Juga: Resep Asam Padeh Ikan Tongkol ala Rumah Makan Padang, Simpel dan Enak!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya