Comscore Tracker

5 Olahan Pasta dengan Saus Berbahan Susu yang Menarik Untuk Dicoba

#IDNTimesFood Apakah ada sajian pasta favoritmu?

Menikmati pasta dengan berbagai bahan pendamping dapat menambah kenikmatan pada makanan supaya kian sempurna. Salah satunya dengan penggunaan susu sebagai komponen penyumbang tekstur lembut nan creamy pada saus dalam olahan.

Bagi kamu yang senang dengan makanan dari pasta yang creamy, berikut ini terdapat lima olahan pasta dengan pendamping berbahan baku susu yang patut untuk dicoba. Apa saja hidangan tersebut?

1. Spageti carbonara

5 Olahan Pasta dengan Saus Berbahan Susu yang Menarik Untuk DicobaOlahan spageti carbonara (bbc.co.uk/Allegra McEvedy)

Penggemar olahan pasta dari spageti kemungkinan sudah akrab dengan keberadaan carbonara sebagai salah satu pilihan rasa dari makanan asal Italia tersebut, terlebih tekstur hidangan ini lebih creamy jika dibandingkan dengan spageti sejenis.

Saus spageti sendiri memiliki komposisi yang cukup banyak, dengan memadukan bahan-bahan dari rempah, krim, telur, sampai susu. Beberapa di antaranya bahkan kerap menambahkan potongan sosis atau daging menjadi komponen ekstra supaya tambah lezat.

2. Creamy penne pasta

5 Olahan Pasta dengan Saus Berbahan Susu yang Menarik Untuk DicobaCreamy penne pasta (realfood.tesco.com)

Penne ialah sebutan bagi jenis pasta berbentuk tabung yang memiliki ukuran lebih pendek, ciri umum dari makanan ini biasanya ditandai dengan pengolahan bersama, baik itu dengan sayur-mayur maupun daging-dagingan.

Tidak cuma spageti, penne pun tergolong cocok jika diolah dengan tekstur creamy menggunakan bahan utama berupa susu. Komponen mencolok yang dipakai selain susu pada saus adalah bawang putih sebagai penambah aroma dan rasa.

Baca Juga: 5 Menu Pasta dari Sicilia, Italia yang Punya Beragam Varian Rasa

3. Alfredo fetucini

5 Olahan Pasta dengan Saus Berbahan Susu yang Menarik Untuk DicobaOlahan alfredo fetucini (seriouseats.com/Vicky Wasik)

Alfredo acap kali disamakan dengan saus carbonara, sebab keduanya sama-sama putih dan creamy, bedanya, alfredo cenderung disusun dari bahan yang lebih sedikit seperti susu, krim, serta tambahan daun parsley.

Sementara itu, jenis pasta yang banyak disandingkan bersama saus ini adalah fetucini, yakni pasta berbentuk pipih dan melebar yang cukup lembut saat dimasak bersama bahan baku lainnya.

4. Mac and cheese soup

5 Olahan Pasta dengan Saus Berbahan Susu yang Menarik Untuk DicobaOlahan mac and cheese soup (foodnetwork.com)

Mac and cheese menjadi salah satu olahan makaroni terpopuler di penjuru dunia, perpaduan pasta dengan keju tersebut menimbulkan rasa menarik sehingga tak sedikit yang menggemari makanan ini.

Namun ternyata selain diolah secara mainstream, mac and cheese juga dapat dimasak menjadi sup nikmat dengan menggunakan tambahan berupa kaldu ayam dan susu sebagai bahan baku penyempurna.

5. Filipino macaroni salad

5 Olahan Pasta dengan Saus Berbahan Susu yang Menarik Untuk DicobaOlahan macaroni salad (onegreenplanet.org/RG Enriquez)

Mau menikmati pasta dengan sensasi rasa berbeda? Filipino macaroni salad bisa menjadi solusi epik dalam mengeksekusi pasta disertai cara yang unik. Makanan ini memiliki tekstur lembut sekaligus rasa cenderung manis.

Dalam mengolah sajian tersebut, makaroni akan ditambahkan bersama kismis dan nanas. Kemudian untuk saus, susu yang dipakai adalah kental manis dan mayones, serta lengkapi dengan tambahan keju.

Nah, itulah kelima sajian pasta dengan saus pendamping berbahan dasar susu yang creamy dan patut untuk dicicipi. Gimana, kamu tertarik untuk mengolah salah satu makanan nikmat di atas?

Baca Juga: 9 Puding Favorit di Benua Eropa, Ada yang Berbahan Pasta!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya