Comscore Tracker

5 Olahan Sedap dari Tuna Kaleng ala Korea Selatan, Menggugah Selera!

Tuna kaleng cocok dipadukan bersama kimchi!

Tuna adalah salah satu ikan yang memiliki banyak manfaat, terutama kandungan omega 3 yang baik untuk tubuh. Kelebihan itu sebanding dengan rasa ikan yang nikmat dan unik, sehingga ikan ini mempunyai penggemar yang tidak sedikit.

Terdapat berbagai jenis tuna yang dijual di pasaran, baik itu dalam bentuk kaleng maupun versi segar. Nah, di Korea Selatan, tuna kaleng cukup sering diolah menjadi makanan nikmat, bahan baku dengan bahasa Korea chamchi ini bisa dijadikan menu untuk segala suasana.

Jika kamu mempunyai tuna kaleng di rumah dan bingung hendak dibuat apa, berikut ini terdapat lima olahan sedap dari negeri ginseng yang bisa menjadi inspirasi. Apa saja masakan tersebut?

1. Kimchi-tuna fried rice

5 Olahan Sedap dari Tuna Kaleng ala Korea Selatan, Menggugah Selera!megaglobal.com.ph

Kimchi dan tuna adalah perpaduan bahan yang apik untuk masakan lezat, seperti nasi goreng. Rasa keduanya yang saling melengkapi bisa membuat makanan yang terlihat biasa saja menjadi lebih nikmat dan menggugah selera.

Dalam mengolah nasi goreng kimchi-tuna, tentu kamu perlu menyiapkan komponen yang terdiri dari bumbu dan bahan baku utama, bumbunya sendiri diolah menggunakan gochujang atau pasta cabai, lada hitam, dan kecap.

Sementara bahan baku utamanya tidak cuma terdiri dari nasi, kimchi, dan tuna kaleng, melainkan juga bawang bombai sebagai pengharum masakan, telur, serta potongan zukini untuk menambah tekstur.

2. Spicy tuna

5 Olahan Sedap dari Tuna Kaleng ala Korea Selatan, Menggugah Selera!seonkyounglongest.com

Tuna kaleng dapat diolah menjadi beragam masakan enak meski dengan bumbu sederhana, Korea Selatan misalnya, ia mempunyai hidangan tuna pedas khas yang bisa menjadi teman makan yang nikmat.

Dalam mengolah tuna kaleng pedas ala negeri ginseng, diperlukan beberapa bahan baku untuk membuat saus pedas yang terdiri dari gochujang atau pasta cabai Korea, madu, dan saus tomat.

Sementara itu, masak tuna kaleng bersama sedikit minyak dengan aneka potongan sayur, seperti kentang, jagung, wortel, dan lain-lain, aduk sebentar lalu masukan saus sampai merata, kemudian biarkan hingga matang.

Baca Juga: Resep Tuna Aglio Olio Bubuk Cabai, Cara Mengolahnya Simpel Banget!

3. Chamchi-jeon

5 Olahan Sedap dari Tuna Kaleng ala Korea Selatan, Menggugah Selera!christieathome.com

Jeon merupakan satu dari sekian banyak makanan praktis yang hadir dari Korea Selatan, biasanya jeon disebut juga sebagai pancake khas negeri ginseng. Nah, cara memasaknya yang mudah dan sederhana membuat jeon banyak digemari.

Untuk dapat mengolah jeon, terdapat berbagai campuran bahan baku yang bisa terdiri dari aneka sayuran serta daging-dagingan yang disatukan dalam adonan tepung dan air, kemudian goreng sampai matang.

Sementara untuk jenis chamchi jeon atau pancake tuna, dapat dimasak menggunakan campuran tuna kaleng, potongan bawang bombai, telur, minyak wijen, lada dan garam, serta penyedap rasa.

4. Chamchi-kimbap

5 Olahan Sedap dari Tuna Kaleng ala Korea Selatan, Menggugah Selera!maangchi.com

Kimbap adalah salah satu makanan terkenal khas Korea Selatan yang selalu hadir di berbagai tempat, makanan ini berbentuk menyerupai gulungan nasi dengan aneka isian dan dibungkus menggunakan rumput laut kering.

Isian untuk membuat kimbap tergolong beragam, namun biasanya masyarakat Korea senang memasukan banyak sayuran ke dalam kimbap sehingga rasa dan teksturnya menjadi semakin banyak.

Khusus untuk chamchi kimbap, tidak hanya olahan tuna kaleng saja yang menjadi teman nasi, melainkan ada juga tambahan sayur bayam, daun perilla, acar lobak, potongan wortel, dan telur dadar, crab stick, hingga mayones.

5. Chamchi-jjigae

5 Olahan Sedap dari Tuna Kaleng ala Korea Selatan, Menggugah Selera!cookingchanneltv.com

Memasuki musim hujan memang paling nikmat makan dengan sesuatu yang hangat dan berkuah, salah satunya adalah sajian merah mentereng dengan ragam isian asal Korea bernama jjigae.

Perpaduan penggunaan gochujang dan gochugaru dalam hidangan ini begitu kuat, sehingga menghasilkan masakan yang memanjakan mata dan membuat kita tergugah untuk menikmatinya.

Salah satu varian jjigae yang kerap dimasak adalah dengan melibatkan tuna kaleng, atau disebut juga dengan chamchi-jjigae. Dalam sajian ini, terdapat aneka bawang-bawangan seperti bawang bombai dan bawang putih, serta tofu untuk penambah komponen.

Itulah kelima olahan asal Korea Selatan yang berbahan dasar tuna kaleng untuk inspirasi masakan di rumah. Dari kelima hidangan di atas, mana yang menurutmu paling cocok disajikan saat ini?

Baca Juga: Resep Omelette Kimchi yang Autentik dan Lezat, Cocok untuk Sarapan!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya