Comscore Tracker

5 Olahan Sedap Kubis Merah, Sayur Berwarna Mentereng yang Kaya Nutrisi

Warnanya yang cantik bisa menarik hati penikmatnya!

Kubis adalah salah satu sayuran yang cukup banyak diolah menjadi masakan lezat di Indonesia, meski seringkali menggunakan jenis yang berwarna hijau, namun kubis merah pun tidak kalah nikmat dengan nutrisi yang menyertai.

Sama seperti kubis hijau, kubis merah mempunyai rasa yang enak sehingga cocok untuk diolah dalam berbagai masakan. Bila kamu memiliki sayuran ini dan bingung hendak dimasak seperti apa, berikut ini terdapat lima olahan sedap berbahan dasar kubis merah yang bisa ditiru.

1. Vietnamese chicken and red cabbage cup

5 Olahan Sedap Kubis Merah, Sayur Berwarna Mentereng yang Kaya Nutrisidishtales.com

Vietnamese chicken and red cabbage cup adalah sebuah perpaduan ciamik antara daging ayam dengan kubis merah, selain itu hidangan ini termasuk makanan yang cepat untuk melalui proses pemasakan sehingga cocok untuk kamu yang buru-buru.

Dalam mengolah makanan ini, cukup potong-potong daging ayam dan masak dalam minyak bersama paprika, bawang merah, dan aneka ragam bumbu masak sampai matang, lalu masukan ke dalam helaian kubis merah yang sudah dibersihkan.

2. Pickled red cabbage

5 Olahan Sedap Kubis Merah, Sayur Berwarna Mentereng yang Kaya Nutrisithespruceeats.com/Diana Rattray

Pickled ialah salah satu metode pengawetan makanan yang kerap diterapkan untuk beberapa jenis bahan baku yang mempunyai usia konsumsi pendek, seperti sayur dan buah.

Kubis merah adalah salah satu sayuran yang dapat dijadikan diawetkan, pickled red cabbage atau acar kubis ini bisa dikonsumsi untuk teman makan salad atau hidangan berat lainnya.

Terdapat berbagai metode pengawetan kubis merah yang bisa diterapkan, salah satunya dengan perendaman kubis merah menggunakan campuran air dengan cuka, garam, sampai daun salam.

Baca Juga: 5 Olahan Gurih Berbahan Pisang, Gak Melulu Bercita Rasa Manis Lho!

3. Red cabbage pasta

5 Olahan Sedap Kubis Merah, Sayur Berwarna Mentereng yang Kaya Nutrisicooking.nytimes.com/Julia Gartland

Bagi kamu penikmat pasta, sudah tentu tidak asing dengan ragam komponen tambahan yang digunakan dalam makanan ini untuk membuat sajian menjadi tambah komplit, seperti jamur-jamuran, daging, atau bahkan sayuran.

Fungsi bahan tambahan tersebut, selain membuat porsi makan cukup sampai kenyang, pun dapat memberikan rasa hidangan menjadi lebih nikmat. Salah satu penggunaan sayur dalam pasta adalah kubis merah.

Kamu dapat mencampur kubis merah dalam berbagai jenis pasta, mulai dari spageti, makaroni, fettucini, dan lain-lain. Tak cuma itu, kamu bisa menyajikan kubis merah dalam kondisi masak, maupun tidak.

4. Potato and cabbage soup

5 Olahan Sedap Kubis Merah, Sayur Berwarna Mentereng yang Kaya Nutrisifurtherfood.com/Tania Pilcher

Kubis merah sangat cocok untuk diolah menjadi sup, terutama saat memasuki waktu musim dingin atau hujan. Dengan olahan ini, badan kita akan tetap hangat, sekaligus mendapatkan sajian enak dari sayuran yang kaya manfaat.

Dalam membuat sup kubis merah, diperlukan beberapa bahan baku tambahan agar rasa sup menjadi lebih nikmat, dan nutrisi makanan terpenuhi. Kamu dapat menambahkan kentang, seledri, atau apapun.

5. Roasted red cabbage

5 Olahan Sedap Kubis Merah, Sayur Berwarna Mentereng yang Kaya Nutrisidish.co.nz/Manja Wachsmuth

Salah satu olahan kubis merah yang dapat dimasak dengan cara mudah ialah roasted red cabbage atau kubis merah panggang, makanan ini bisa menjadi sajian pendamping untuk beberapa makanan utama, seperti daging-dagingan.

Untuk dapat mengolah kubis merah panggang pun terbilang mudah, sebab kamu hanya perlu memotong-motong kubis, lalu lumuri seluruh bagian sayur menggunakan bumbu penyedap seperti garam dan lada, kemudian panggang sampai layu.

Itulah kelima hidangan dari kubis merah yang bisa kamu coba buat di rumah, selain kaya manfaat, sayuran tersebut juga memiliki tampilan menarik, sehingga bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan nafsu makan anggota keluarga di rumah.

Baca Juga: 5 Olahan Sedap dari Tuna Kaleng ala Korea Selatan, Menggugah Selera!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya