Comscore Tracker

Tak Selalu Gorengan, 5 Olahan Tahu Kulit untuk Lauk Makan Bersama Nasi

Tahu kulit bisa diolah jadi aneka masakan sedap!

Tahu dikenal sebagai salah satu bahan masak yang mengandung protein tinggi dan dipatok dengan harga ekonomis. Makanan bertekstur rapuh saat masih mentah ini dikenal memiliki beberapa jenis, seperti tahu kuning, tahu putih, dan tahu kulit.

Tahu kulit sendiri sering disebut pula sebagai tahu cokelat, dan biasanya tahu ini sering diolah untuk bahan baku pembuatan gorengan. Ciri khas yang terletak pada jenis tahu kulit adalah ringan dan isinya yang kopong. 

Namun selain diolah menjadi gorengan, tahu kulit pun bisa diproses menjadi lauk pauk pendamping nasi yang tidak kalah enak, seperti lima masakan berikut ini.

1. Sup bakso tahu

Tak Selalu Gorengan, 5 Olahan Tahu Kulit untuk Lauk Makan Bersama Nasicookin.id/Romy Palar

Bicara soal tahu kulit belum pas bila tidak menyinggung soal sajian penggemar makanan berkuah yaitu tahu bakso, olahan ini biasanya populer untuk sajian bakso keliling atau teman makan pangsit.

Namun tahu kulit yang diisi daging bakso ini pun bisa dimasak menjadi sup bening untuk lauk makan bersama nasi. Tidak cuma sedap, masakan ini mampu membuat kenyang meskipun hanya makan beberapa buah saja.

2. Semur tahu kulit

Tak Selalu Gorengan, 5 Olahan Tahu Kulit untuk Lauk Makan Bersama Nasimasakapahariini.com

Sama seperti tahu kuning atau putih, tahu kulit pun cocok jika dimasak dengan cara disemur. Sensasi kuah yang nikmat dengan sentuhan rasa manis bisa membuat makan nambah berkali-kali.

Bahan baku yang digunakan sama saja dengan semur pada umumnya, selain itu kamu bisa menambahkan komponen ekstra dalam masakan, seperti telur rebus, tempe, termasuk daging-dagingan.

Baca Juga: 9 Resep Olahan Lezat dari Kacang Hijau, Sedapnya Tiada Tara!

3. Tumis sayur tahu kulit

Tak Selalu Gorengan, 5 Olahan Tahu Kulit untuk Lauk Makan Bersama Nasiselerasa.com

Tahu kulit bisa disajikan sebagai bahan utama dalam membuat aneka tumis-tumisan untuk menemani berbagai macam sayur, misalnya kacang panjang, oyong, sawi putih atau bahkan tauge. 

Rasa tahu kulit yang gurih bisa menjadi penyeimbang dalam masakan dan menambah nafsu makan terlebih bagi kamu yang sedang mencoba untuk mengonsumsi sayur-mayur sebagai lauk makan.

4. Tahu kulit pete

Tak Selalu Gorengan, 5 Olahan Tahu Kulit untuk Lauk Makan Bersama NasiYouTube / Dapur Bu Haji

Buat kamu penikmat makanan berbau tajam seperti pete, jangan sampai melewatkan olahan berbahan dasar tahu kulit dan pete yang sederhana namun menggugah selera yang satu ini. 

Keduanya dapat dimasak dengan cara dioseng bersama irisan cabai yang membuat aroma masakan menjadi ekstra sedap. Khusus untuk bagian tahu, kamu bisa menaruh tahu utuh atau yang sudah dipotong-potong dalam masakan.

5. Bacem tahu kulit

Tak Selalu Gorengan, 5 Olahan Tahu Kulit untuk Lauk Makan Bersama Nasiyummy.co.id/Vy Viya

Bacem adalah proses pemberian bumbu kepada bahan baku tertentu dengan ciri khas warna yang pekat dan rasa olahan menjadi lebih manis akibat penggunaan gula merah di dalamnya.

Selama ini beberapa bahan makanan yang terkenal akan bumbu bacemnya adalah tempe dan tahu biasa. Namun kamu juga dapat menggunakan tahu kulit dengan bentuk segitiga atau kotak untuk diolah dengan bumbu serupa.

Itu dia kelima olahan tahu kulit untuk lauk makan bersama nasi yang bisa kamu masak di rumah, meskipun lebih ringan dari tahu biasanya, namun tahu berwarna coklat ini memiliki rasa yang tidak kalah sedap.

Baca Juga: 5 Olahan Ikan Peda yang Jadi Langganan Keluarga, Super Nikmat!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya