Comscore Tracker

5 Ragam Roti dari Kentang yang Bikin Kenyang Seharian, Enak dan Lembut

Ada roti tanpa ragi yang dibuat pakai teflon!

Roti merupakan salah satu penganan pokok di sebagian besar wilayah di dunia yang terbuat dari bahan utama berupa tepung terigu. Kebanyakan roti senantiasa menggunakan ragi sebagai pengembang, namun adapula yang mempertahankan adonan menjadi padat tanpa ragi.

Jika kamu sudah sangat terbiasa dengan adonan roti dari tepung terigu saja, berikut ini terdapat ragam olahan roti berbahan dasar kentang yang unik dan menarik. Sebagian roti dibentuk menggunakan daging kentang langsung dan sisanya ada yang dapat diolah memakai tepung kentang, apa saja lima roti tersebut?

1. Kartoffelbrot

5 Ragam Roti dari Kentang yang Bikin Kenyang Seharian, Enak dan Lembuttegut.com

Kartoffelbrot merupakan roti kentang yang berasal dari negara Jerman, olahan ini memiliki ciri tekstur yang khas dengan sensasi renyah di bagian luar dan lembut pada bagian dalam roti.

Untuk kartoffelbrot sendiri mempunyai peranan yang sama dengan roti tawar pada umumnya, namun khusus untuk roti asal Jerman ini, bentuknya menjadi cenderung lebih kecil dengan bentuk yang tidak beraturan.

Beberapa olahan kartoffelbrot dimasak dengan menggunakan tepung kentang, namun tidak sedikit yang memakai kentang utuh supaya rasa yang dihasilkan lebih enak dan lembut ketika dimakan.

2. Irish farls

5 Ragam Roti dari Kentang yang Bikin Kenyang Seharian, Enak dan Lembutrecipes.oregonlive.com

Irish farls atau dikenal pula dengan sebutan irish potato bread adalah salah satu penganan yang terbuat dari kentang dan cukup mudah diolah ketimbang roti-roti sejenis yang memerlukan waktu lama dalam proses pembuatannya.

Hal tersebut dikarenakan irish farls tidak menggunakan banyak bahan dan cenderung mempunyai bentuk pipih dan agak padat, proses pemasakannya pun dapat diolah hanya dengan memakai teflon atau wajan.

Dalam pembuatan irish farls, kentang yang dipakai adalah yang sudah direbus dan ditumbuk, kemudian dicampur bersama tepung terigu, butter, dan garam, masak adonan di atas wajan sampai matang dan potong jadi empat bagian.

Baca Juga: 5 Roti Tersehat, Ada yang Cocok untuk Penderita Intoleransi Gluten

3. Khabizgina

5 Ragam Roti dari Kentang yang Bikin Kenyang Seharian, Enak dan Lembuttarasmulticulturaltable.com

Khabizgina adalah olahan asal Ossetia yang disebut sebagai Ossetian cheese and potato bread, berbeda dari roti-roti sebelumnya, khabizgina sendiri menggunakan kentang untuk ditaruh sebagai isiannya.

Bentuk makanan bernama khabizgina sendiri cenderuk unik lantaran wujudnya tidak menyerupai roti pada umumnya, khabizgina mempunyai bentuk lingkaran dan agak pipih seperti pai yang dilipat.

Isian khabizgina biasanya diproses dari kentang dan aneka keju seperti feta cheese dan mozarella, namun ada juga yang menambahkan sayuran lain ke dalamnya untuk rasa yang lebih seimbang.

4. Potato rolls

5 Ragam Roti dari Kentang yang Bikin Kenyang Seharian, Enak dan Lembuttasteofhome.com

Tidak cuma cinnamon rolls yang terkenal enak dan cocok untuk teman ngemil, roti serupa juga bisa diolah dengan menggunakan bahan baku seperti kentang lho! Bedanya, bentuk hidangan bernama potato rolls ini lebih mumbul dan bisa dimasak dengan atau tanpa isian.

Kentang yang dipakai untuk olahan potato rolls sebaiknya adalah kentang yang sudah dimasak dan ditumbuk, fungsinya adalah untuk memberikan kelembutan yang pas dan rasa yang tajam pada adonan roti.

5. Burger potato buns

5 Ragam Roti dari Kentang yang Bikin Kenyang Seharian, Enak dan Lembutkingarthurbaking.com

Burger bun adalah roti bulat dengan ukuran yang tidak terlalu besar pun tidak terlalu kecil, olahan roti ini biasanya dipotong dua untuk disisipkan bagian tengahnya menggunakan ragam isian misalnya daging dan sayur.

Seperti yang diketahui, bun cukup populer digunakan sebagai bahan baku pembuatan burger, dan kali ini roti bun dapat diolah menggunakan kentang atau tepung kentang untuk rasa yang lebih unik dan kaya.

Itu dia kelima olahan roti dengan bahan baku kentang yang menarik untuk dicoba, kalau kamu sendiri kira-kira lebih suka adonan roti biasa atau penasaran ingin mencicipi olahan roti dengan kentang ini?

Baca Juga: Resep Roti Balon Khas Korea yang Crunchy di Luar dan Manis di Dalam

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya