Comscore Tracker

5 Sajian dari Buah Cermai yang Paling Disukai, Asamnya Bikin Segar!

Cocok buat teman nongkrong saat panas terik

Cermai adalah salah satu buah masam yang paling sering ditemukan di pusat oleh-oleh. Makanan ini jarang dimakan langsung, karena rasanya yang menyengat. Walau begitu cermai tetap bisa diolah menjadi sajian sedap, lho.

Bahkan cermai yang asam mampu disulap menjadi lima sajian unik, dengan menu yang sangat dekat dengan lidah masyarakat Indonesia. Yuk, sontek semuanya!

1. Manisan cermai 

5 Sajian dari Buah Cermai yang Paling Disukai, Asamnya Bikin Segar!ilustrasi manisan cermai (pixabay.com/Vivian K)

Olahan terkenal yang menggunakan cermai sebagai bahan utamanya adalah manisan. Sajian ini benar-benar menyegarkan dan memiliki umur simpan yang lebih panjang, dibandingkan hidangan lain.

Pada proses pembuatan manisan cermai, buah ini mesti direndam dulu selama beberapa saat menggunakan air garam. Setelah dibilas, cermai perlu direbus bersama gula pasir dan pewarna makanan untuk mempercantik manisan.

2. Rujak cermai 

5 Sajian dari Buah Cermai yang Paling Disukai, Asamnya Bikin Segar!ilustrasi rujak cermai (pixabay.com/41330)

Siang-siang begini, memang paling segar kalau menikmati semangkuk rujak buah. Sensasi manis, pedas, dan masam yang ada di dalam sajian tersebut, sukses melahirkan kombinasi yang memanjakan lidah.

Pada rujak kali ini, kamu dapat menjadikan cermai sebagai tambahan. Kemudian siapkan buah dan bahan-bahan lain yang sudah diserut. Bumbunya tinggal mencampurkan antara cabai, gula merah, air matang, juga sedikit terasi.

Baca Juga: 5 Minuman Kekinian dengan Buah Melon, Dingin Menyegarkan!

3. Setup cermai 

5 Sajian dari Buah Cermai yang Paling Disukai, Asamnya Bikin Segar!ilustrasi setup cermai (pixabay.com/Silvo Bilinski)

Buat kamu yang ingin menikmati sajian berkuah namun dilengkapi dengan potongan buah segar, maka setup cermai sangat direkomendasikan untuk disantap sebagai pencuci mulut maupun makanan penyambut tamu.

Rasa setup juga akan semakin menyegarkan, ketika kuah diisi menggunakan kayu manis, cengkih, dan gula. Kemudian masukkan juga maizena sebagai pengental kuah. Setelah itu, santap deh olahan ini dengan segera.

4. Es buah cermai 

5 Sajian dari Buah Cermai yang Paling Disukai, Asamnya Bikin Segar!ilustrasi es buah cermai (pixabay.com/granjapix)

Untuk pencinta es buah, kini jenis isian yang bisa digunakan pun memerlukan bahan asam yang mampu membuat makanan jadi terasa semakin menyegarkan. Selain menggunakan nanas, cermai juga bisa menggantikan sumber rasa asam.

Setelah menentukan buah-buahan yang hendak digunakan. Kamu bisa menentukan air dari es buah ini dengan campuran air kelapa dan gula. Bila ingin tambah dingin, cukup masukkan beberapa butir es batu ke dalam mangkuk yang disediakan.

5. Asinan cermai

5 Sajian dari Buah Cermai yang Paling Disukai, Asamnya Bikin Segar!ilustrasi asinan cermai (pixabay.com/Ricardo Dominguez)

Berlainan dengan makanan-makanan sebelumnya, kali ini santapan tersebut bisa diolah menjadi asinan yang memiliki rasa pedas menggigit. Hidangan tersebut juga sangat mudah dimasak sendiri dan bisa disimpan dalam durasi yang lama.

Bahan yang digunakan dalam santapan ini adalah garam, gula, dan cabai rawit. Semua bahan perlu dicampur bersama dengan tambahan air. Bila cermai sudah terlihat menyerap bumbu, maka kamu sudah bisa menyantap asinan tersebut.

Seasam apapun cermai, rupanya buah ini sangat menarik untuk diolah menjadi aneka sajian sedap. Bahkan rasa yang melekat itu justru membuat macam-macam kreasi ceremai, terasa berkali-kali lipat semakin segar.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Mentega atau Bisbul untuk Kesehatan Tubuh

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya