Comscore Tracker

5 Sajian Sedap dari Singkong Parut yang Mengenyangkan

Yuk, buat macam-macam olahan nikmat ini

Singkong adalah umbi-umbian favorit masyarakat Indonesia yang gampang ditemukan. Harga terjangkau bikin bahan tersebut ramai diperjual belikan, untuk dibuat sebagai aneka olahan unik, biar lebih sedap saat disantap.

Dari berbagai inovasi olahan yang ada, singkong parut menjadi salah satu ide dalam mencetuskan lima sajian menarik. Yuk, siapkan catatan untuk merekam informasi cara mengolah singkong parut tersebut, biar kamu lebih semangat memasak!

1. Singkong parut pedas 

5 Sajian Sedap dari Singkong Parut yang Mengenyangkanilustrasi singkong parut pedas (pixabay.com/RitaE)

Kreasi masakan yang bisa dibuat menggunakan singkong parut, merupakan camilan menarik yang cocok untuk pecinta pedas. Hidangan ini memiliki permukaan luar yang cenderung garing, dan bagian dalamnya terasa lebih lembut.

Singkong yang sudah diparut bisa dicampur dengan sagu untuk membuatnya jadi lebih kenyal. Kemudian tambahkan juga bumbu halus dari bawang, cabai, dan bubuk penyedap, supaya ketika selesai digoreng, makanan pun bertransformasi menjadi semakin nikmat.

2. Singkong parut agar-agar kukus 

5 Sajian Sedap dari Singkong Parut yang Mengenyangkanilustrasi singkong parut agar-agar kukus (pixabay.com/Skyler H.)

Olahan singkong parut selanjutnya, bisa dijadikan ide untuk membuat agar-agar berubah menjadi lebih nikmat dan padat. Oleh sebab itu, makanan ini direkomendasikan untuk dijadikan camilan penyambut tamu, biar lebih cocok dimakan bareng teh atau kopi.

Walau demikian, proses pembuatan makanan tersebut cenderung mudah dilakukan. Kamu memerlukan agar-agar bubuk, santan, gula pasir, daun pandan, serta parutan singkong untuk dimasak bersama. Bisa juga ditambahkan pewarna, biar tampilannya lebih ciamik. 

Baca Juga: 5 Cara Seru Goreng Tape Singkong, Biar Ngemil Jadi Lahap

3. Singkong parut keju goreng 

5 Sajian Sedap dari Singkong Parut yang Mengenyangkanilustrasi singkong parut keju goreng (pixabay.com/Rolf van de Wal)

Biar olahan singkong parut ini terasa kekinian, maka nggak ada salahnya untuk membuat olahan yang lebih asin memakai tambahan keju cheddar. Bahkan kamu bisa membuat makanan ini dengan cara digoreng, biar lebih singkat dan juga praktis untuk dibuat.

Tentunya pada olahan tersebut, singkong yang sudah diparut masih menjadi bintang utama yang akan ditambahkan menggunakan tepung terigu, bumbu penyedap, dan cheddar. Setelah itu, tinggal goreng adonan sampai garing dan sajikan bersama keju yang meleleh. 

4. Singkong parut coklat 

5 Sajian Sedap dari Singkong Parut yang Mengenyangkanilustrasi singkong parut coklat (pixabay.com/Hans Braxmeier)

Sajian yang satu ini pun mampu tampil manis, dengan perpaduan coklat yang membuat singkong jadi terasa lebih legit. Bahkan, olahan tersebut begitu serasi ketika dinikmati bareng minuman-minuman hangat ataupun dingin, di sore hari.

Proses pembuatan singkong parut coklat sangat mudah ditiru. Sebab kamu hanya perlu mencampurkan singkong, tepung, gula, dan mentega. Kemudian sisipkan coklat di tengah adonan.

Lalu goreng dengan kondisi singkong yang sudah dilapisi menggunakan tepung, dan tambahkan juga saus coklat sebagai pelengkap makanan.

5. Singkong parut jagung

5 Sajian Sedap dari Singkong Parut yang Mengenyangkanilustrasi singkong parut jagung (pixabay.com/silviarita)

Makanan yang bisa dibuat menjadi tambah lezat, ketika ditambahkan dengan singkong parut berikutnya datang dari gorengan. Lagi-lagi makanan ini cocok untuk dinikmati sebagai camilan maupun lauk makan, karena ada tambahan jagung di dalamnya.

Proses pembuatan singkong parut jagung ini sangat sederhana, sebab kamu hanya perlu menambahkan singkong, tepung, dan bumbu halus dari bawang-bawang. Selanjutnya masukkan juga jagung manis sebelum dimasak di dalam minyak panas.

Memanfaatkan singkong parut menjadi aneka masakan sedap, merupakan inspirasi untuk menghasilkan makanan anyar di rumah. Macam-macam olahan diatas dapat disajikan sehari-hari, apabila kamu tertarik untuk mencicipi salah satu hidangan tersebut.

Baca Juga: Resep Singkong Thailand Keju, Dessert Lezat Favorit Keluarga

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya