Comscore Tracker

5 Olahan Alpukat Panggang untuk Menu Sarapan, Gak Perlu Ribet

Coba padukan dengan telur, deh!

Memanggang menjadi salah satu cara memasak makanan dengan bantuan oven atau media lainnya. Tidak cuma kue atau daging-dagingan, ada beberapa buah yang cocok disantap dengan cara dipanggang.

Salah satu buah yang dimaksud adalah alpukat. Buah berwarna hijau dengan biji di tengahnya ini kaya lemak. Teksturnya pun lembut banget.

Berikut lima olahan alpukat panggang untuk ide menu sarapan yang sedap. Cara bikinnya gak sulit, kok. 

1. Crispy baked avocado

5 Olahan Alpukat Panggang untuk Menu Sarapan, Gak Perlu Ribetilustrasi crispy baked avocado (delish.com/Brad Holland)

Sajian alpukat satu ini cukup terkenal berkat perpaduan tekstur lembut dan renyah. Hal tersebut didapatkan dari tepung roti yang melapisi bagian luar buah creamy ini.

Dalam proses pembuatannya, kamu cuma perlu mengiris buah dan lumuri menggunakan adonan tepung terigu dan bumbu perasa. Setelah itu, balurkan ke dalam breadcrumbs dan panggang hingga kecokelatan.

2. Stuffed seafood baked avocado

5 Olahan Alpukat Panggang untuk Menu Sarapan, Gak Perlu Ribetilustrasi seafood stuffed baked avocado (pixabay.com/Jason Goh)

Kalau kamu pencinta hidangan perpaduan antara alpukat dan seafood, maka olahan stuffed seafood avocado ini dapat menjadi pilihan terbaik. Kamu bisa menggunakan udang atau daging kepiting yang telah dimasak.

Campurkan daging seafood tersebut bersama bumbu perasa, termasuk mayones serta daging buah alpukat. Masukkan ke dalam buah bercangkang, lalu panggang beberapa saat sebelum disajikan.

3. Baked avocado chips

5 Olahan Alpukat Panggang untuk Menu Sarapan, Gak Perlu Ribetilustrasi baked avocado chips (pixabay.com/Antonio Cansino)

Alpukat termasuk salah satu buah yang juga cocok dimasak sebagai chips alias keripik. Meskipun sensasinya lembut, namun olahan ini tetap pas untuk disajikan saat akhir pekan tiba.

Gunakan daging buah alpukat yang telah dikeluarkan dari cangkang dan biji, lalu campur bersama keju parmesan, bubuk lada, bubuk bawang putih, dan air lemon. Panggang dalam oven, tunggu sampai avocado chips renyah dan garing sempurna.

Baca Juga: 5 Alasan Alpukat Wajib Ada dalam Menu Makanmu, Padat Nutrisi!

4. Twice baked avocado 

5 Olahan Alpukat Panggang untuk Menu Sarapan, Gak Perlu Ribetilustrasi twice baked avocado (pixabay.com/Steve Buissinne)

Twice baked avocado adalah makanan yang dibuat melalui proses pemanggangan sebanyak dua kali. Dengan begitu, tekstur buah terasa lebih lembut dan hangat. Cocok banget jika disantap sebagai isian untuk suatu kudapan tertentu.

Pertama, potong buah menjadi dua bagian dan buang bijinya. Olesi dengan minyak, kemudian panggang beberapa menit. Setelah itu, keruk daging dengan garpu, lalu campur bersama aneka keju favoritmu. Masukkan kembali ke dalam oven, masak hingga matang.

5. Avocado egg in a hole

5 Olahan Alpukat Panggang untuk Menu Sarapan, Gak Perlu Ribetilustrasi avocado egg in a holes (delish.com/Parker Feierbach)

Kreasi alpukat satu ini bisa dikombinasikan dengan telur. Hidangan ini sangat cocok disajikan sebagai menu sarapan yang praktis dan gurih. Uniknya, kamu bisa mengolah hidangan memakai kulit alpukat secara langsung, lho.

Cara membuatnya cukup belah buah menjadi dua bagian. Kemudian, pecahkan telur di dalam lubang alpukat, bumbui menggunakan garam dan lada. Setelah itu, tambahkan irisan bacon untuk melengkapi kelezatannya.

Sajian alpukat yang dipanggang dapat membuat hidangan jadi terasa lebih lembut. Kamu bisa berkreasi dengan aneka bahan tambahan, sehingga akan terasa padat dan mengenyangkan sebagai menu sarapan sehat.

Baca Juga: 5 Inspirasi Oatmeal Panggang untuk Menu Sarapan Baru di Pagi Hari

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya