Comscore Tracker

5 Bahan Tambahan pada Sup yang Bikin Rasanya Makin Sedap, Coba!

Tambahkan susu atau santan biar makin creamy

Saat mengolah sup, tentu kita ingin mendapat rasa yang enak saat disantap supaya lebih menggugah selera. Entah itu pada isiannya maupun kuahnya, kamu pasti pengin yang terbaik agar sesi makan makin lahap sekaligus mengenyangkan.

Buat kamu yang sering masak sup sendiri dan ingin menghasilkan rasa lebih sedap, ada lima bahan tambahan yang dapat menunjang sensasi tersebut. Semua sudah tertera pada rangkuman di bawah ini, ya!

1. Kaldu rumahan

5 Bahan Tambahan pada Sup yang Bikin Rasanya Makin Sedap, Coba!ilustrasi kaldu (pexels.com/jenvit keiwalinsarid)

Kaldu adalah bahan penting yang dapat menentukan kelezatan hidangan berkuah supaya tambah gurih dan aromatik. Biasanya, pembuatan sup kerap dilakukan dengan cara menambahkan bubuk kaldu atau dimasak sendiri memakai bahan-bahan segar.

Kaldu rumahan memiliki keunggulan sendiri terhadap rasa makanan yang hendak diolah. Bahan tambahan ini melibatkan daging, tulang, atau sayuran yang lebih hemat. Dengan begitu, rasa sup akan jadi lebih sedap dan sesuai selera.

2. Tumisan bawang

5 Bahan Tambahan pada Sup yang Bikin Rasanya Makin Sedap, Coba!ilustrasi tumis bawang (pixabay.com/Aga Maszota)

Pada beberapa olahan sup, kehadiran bawang jadi sangat krusial karena mampu memberikan rasa dan aroma lebih intens. Kuncinya adalah dengan memasak bawang putih di awal menggunakan metode penumisan memakai sedikit minyak.

Tahapan ini perlu dilakukan supaya aroma dan rasa bawang putih benar-benar keluar. Setelah itu, kamu bisa segera menambahkan bahan-bahan utama sup untuk menghasilkan gabungan rasa yang lebih sedap.

3. Santan kelapa

5 Bahan Tambahan pada Sup yang Bikin Rasanya Makin Sedap, Coba!ilustrasi santan kelapa (freepik.com/freepik)

Santan kelapa menjadi bahan tambahan yang paling sering ditemukan dalam makanan favorit orang Indonesia. Santan mampu memberikan tekstur dan rasa yang lebih maksimal, terutama kalau kamu pencinta hidangan gurih.

Santan memberikan sentuhan creamy dan kental pada kuah. Belum lagi jika isiannya dilengkapi aneka macam daging, kombinasi tersebut akan menghasilkan sajian yang nikmat dan cocok untuk disajikan bersama nasi hangat.

Baca Juga: 5 Resep Sup Roti Khas Eropa, Referensi Sarapan yang Istimewa

4. Rempah-rempah

5 Bahan Tambahan pada Sup yang Bikin Rasanya Makin Sedap, Coba!ilustrasi aneka rempah (pixabay.com/tijanatix)

Menambahkan rempah ke dalam sup perlu dilakukan untuk menghasilkan makanan yang lebih sedap dan aromatik. Kebanyakan orang Indonesia kerap memasukkan rempah-rempah dasar, seperti lada atau merica, supaya rasanya makin menggugah selera.

Setiap resep sup memiliki kandungan rempah yang berbeda supaya hasilnya pun beragam. Sering kali penambahan jahe, cengkih, kapulaga, dan rempah lainnya umum dijumpai dalam beberapa sup favorit yang gurih dan kaya rasa.

5. Susu cair

5 Bahan Tambahan pada Sup yang Bikin Rasanya Makin Sedap, Coba!ilustrasi susu (pixabay.com/Couleur)

Bila kamu pencinta sup bertekstur creamy tapi tetap ringan saat dimakan, bahan ajaib yang satu ini bisa dimasukkan ke dalamnya. Sudah menjadi rahasia umum bahwa susu akan memberikan tekstur dan penampilan yang lebih nikmat pada makanan.

Selain itu, susu juga sering dijadikan pengganti santan untuk fungsi yang sama. Banyak sekali sup yang menggunakan susu sebagai bahan penentu untuk menghasilkan makanan yang lebih gurih, seperti sup ayam, sup sayuran, hingga makanan tradisional, seperti soto.

Membuat sup yang gurih dan kaya rasa bisa dilakukan dengan menambahkan bahan-bahan berkualitas ke dalamnya. Selain itu, lima komponen ini juga bisa menyumbang sensasi yang lebih sedap pada sajian berkuah sehingga nafsu makan pun meningkat.

Baca Juga: 9 Kesalahan Memasak Sup yang Sering Dilakukan, Bisa Bikin Hambar! 

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya