Comscore Tracker

5 Macam Bolu Asin dengan Beragam Isian, Manjain Lidah!

Cocok untuk dicicipi sebagai sajian kumpul keluarga

Selama ini, kita mengetahui bahwa bolu didominasi oleh cita rasa manis. Namun ternyata ada beberapa kreasi yang gak kalah menarik, ketika mencoba resep baru dengan melahirkan macam-macam bolu asin.

Bahkan isian yang digunakan pun tidak terduga, sehingga membuat orang-orang penasaran untuk mencobanya. Nah, ada sekitar lima sajian yang bisa dibuat sebagai bolu asin tersebut, makanya simak sampai tuntas untuk tahu lebih lanjut.

1. Bolu telur asin 

5 Macam Bolu Asin dengan Beragam Isian, Manjain Lidah!ilustrasi bolu telur asin (unsplash.com/Hsu Myat Oo)

Dari namanya saja, sudah diketahui kalau telur asin punya sensasi rasa menarik. Bukan cuma disantap sebagai teman makan nasi, ternyata telur asin pun dapat dijadikan penyumbang rasa untuk pembuatan kue bolu.

Proses pembuatan bolu jenis ini sama seperti pembuatan bolu pada umumnya. Namun pada bagian tengah hidangan, kamu perlu menyisipkan telur asin yang telah dilumatkan. Ini untuk membuat kombinasi rasa masakan semakin unik.

2. Bolu kukus ayam 

5 Macam Bolu Asin dengan Beragam Isian, Manjain Lidah!ilustrasi bolu kukus ayam (pexels.com/Marta Dzedyshko)

Bolu yang dibuat menggunakan perpaduan santan punya rasa agak lebih gurih, jika dibandingkan aneka kudapan sejenis. Namun demikian, santapan pun akan terasa begitu maksimal setelah dicampur bahan tertentu.

Dalam kreasi kali ini, bintang yang digunakan adalah daging ayam. Bahan masak tersebut bisa ditumis terpisah menggunakan bumbu bawang dan irisan wortel. Setelah itu, baru campurkan adonan ke dalam bahan-bahan pembuatan bolu.

3. Bolu daging 

5 Macam Bolu Asin dengan Beragam Isian, Manjain Lidah!ilustrasi bolu daging (unsplash.com/mariuush)

Bolu unik selanjutnya masih tidak bisa dijauhkan dari penggunaan santan di dalam adonan, biar terasa seimbang saat bertemu isian yang tak terduga. Selain itu, keberadaan santan juga mampu membuat santapan terasa empuk.

Sedangkan isian dalam makanan ini perlu disesuaikan dengan pemilihan daging. Bila ingin praktis, kamu dapat menggunakan smoked beef siap pakai, atau dapat diganti dengan tumisan daging sapi cincang. Masukkan juga keju, biar tambah legit.

Baca Juga: Resep Bolu Marmer Santan Kukus yang Gurih, Cuma Butuh 2 Telur!

4. Bolu abon 

5 Macam Bolu Asin dengan Beragam Isian, Manjain Lidah!ilustrasi bolu abon (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Bicara soal bolu asin, belum lengkap rasanya jika tidak menghadirkan abon sebagai perasa utama. Makanan ini begitu terkenal, sehingga sangat laris manis untuk dijadikan ide bisnis ataupun disantap sebagai camilan santai sesekali.

Bolu ini disusun atas tepung terigu, maizena, margarin, SP, telur, gula halus, garam, sampai penggunaan susu bubuk. Kemudian abon akan diletakkan sebagai topping bolu tersebut, bersama tambahan mayones dan susu kental manis.

5. Bolu tuna keju

5 Macam Bolu Asin dengan Beragam Isian, Manjain Lidah!ilustrasi bolu tuna keju (pexels.com/Elli)

Bolu asin selanjutnya juga dapat diwujudkan dengan tambahan daging ikan, sehingga cocok sekali untuk menemani waktu ngopi dibarengi potongan kue yang nikmat satu ini. Gak main-main, bahan yang digunakan adalah ikan tuna, lho.

Daging ikan tuna tersebut perlu disuwir-suwir agar lebih mudah dicampurkan ke dalam adonan. Namun sebelumnya, ikan tuna juga perlu dikombinasikan bersama keju yang dapat meleleh, atau bisa pula dicampur dengan parutan cheddar biar makin terasa umami.

Bolu asin di atas ternyata punya sensasi rasa menarik untuk segera dicoba, terutama bila kamu bosan dengan santapan yang sama setiap waktu. Gimana, sudah menentukan bolu mana yang akan kamu nikmati?

Baca Juga: Resep Bolu Alpukat Panggang, Camilan Sehat untuk Keluarga

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya