Comscore Tracker

5 Bumbu Marinasi Sederhana untuk Membuat Salmon Makin Enak

Kamu tim olahan salmon gurih atau manis, nih?

Salmon sering dijadikan alternatif bahan masak sehat, karena memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tulang, otak, mata, hingga jantung. Makanya tidak heran kalau ikan tersebut memiliki nilai jual yang cukup tinggi daripada beberapa jenis ikan di pasaran.

Rasa salmon sendiri cenderung lebih ringan dan agak sedikit oily. Oleh sebab itu, makanan ini sangat pas ketika disajikan sebagai hidangan serba panggang atau bakar dengan bumbu marinasi yang simpel.

Terdapat lima macam bumbu marinasi andalan yang bisa kamu gunakan saat mengolah salmon di rumah. Sensasi yang ditawarkan pun berbeda-beda, ada pedas, kaya rempah, hingga manis, makanya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing lidah.

1. Spicy marinade

5 Bumbu Marinasi Sederhana untuk Membuat Salmon Makin Enakilustrasi daging ikan salmon (pixabay.com/Stephanie Albert)

Kalau kamu suka dengan marinasi ikan berbumbu pekat dan pedas, maka bumbu ini patut dijadikan inspirasi untuk memaksimalkan rasa salmon. Hidangan cocok sekali disantap bersama sayur-mayur dan saus favorit supaya ikan salmon semakin istimewa.

Bumbu marinasi pedas ini dibuat menggunakan irisan cabai pedas, madu, moster cokelat, minyak zaitun, kecap asin, air lemon, bawang putih, oregano, dan bubuk cabai. Tinggal masukkan ke dalam wadah berisikan ikan salmon dan tunggu sampai meresap.

Kamu bisa menyimpan marinasi ikan ini selama 15-60 menit sebelum dimasak. Hidangan tersebut juga paling cocok ketika diolah sebagai salmon bakar yang aromatik dan lembut.

2. Honey soy marinade

5 Bumbu Marinasi Sederhana untuk Membuat Salmon Makin Enakilustrasi marinasi ikan salmon (pixabay.com/Wow Phochiangrak)

Kalau kamu tipe orang yang suka memaksimalkan sensasi manis dalam makanan gurih, maka honey soy marinade adalah pilihat tepat. Seperti namanya, ada kombinasi antara madu dan kecap asin yang bakal membuat rasa daging salmon terasa lebih pekat.

Tinggal siapkan minyak zaitun, madu, kecap asin, gula cokelat, bawang putih, serta bisa ditambahi biji wijen. Campurkan seluruh bumbu marinasi tersebut dan baluri ke ikan salmon yang hendak dimasak secara merata.

Tunggu sampai bumbu meresap minimal 30 menit. Setelah itu, kamu bisa mengolah daging ikan salmon sebagai menu bakaran yang aromatik dan kaya rasa.

Baca Juga: Tuna vs Salmon, Mana yang Lebih Sehat?

3. Garlic maple marinade

5 Bumbu Marinasi Sederhana untuk Membuat Salmon Makin Enakilustrasi daging ikan salmon (pixabay.com/cattalin)

Bumbu marinasi yang satu ini memiliki cita rasa ringan namun tetap enak. Bahan-bahannya simpel dan bisa membuat daging ikan terasa lebih gurih, manis, serta terdapat sensasi aromatik yang berasal dari rempah segar.

Tinggal siapkan minyak zaitun, air lemon, sirup maple, daun dill, peterseli segar, bawang putih cincang, garam dan lada hitam. Semua bahan tersebut perlu disatukan dan dibaluri ke seluruh potongan ikan.

Waktu tunggu ideal untuk memberi rasa maksimal terhadap salmon menggunakan bumbu ini adalah 30-60 menit. Selain itu, daging ikan salmon bisa dimasak melalui proses pemanggangan atau pembakaran.

4. Ginger marinade

5 Bumbu Marinasi Sederhana untuk Membuat Salmon Makin Enakilustrasi daging ikan salmon (pixabay.com/Robson veneziani)

Marinasi ikan menggunakan jahe akan membantu daging supaya lebih hangat khas rempah-rempah. Belum lagi jika bumbu marinasi ini diperkaya dengan aneka bahan penunjang yang simpel dan kaya rasa, maka salmon bakal bertransformasi menjadi makanan favorit baru di rumah.

Komposisi di dalam bahan marinasi kali ini sangat sederhana. Terdapat campuran antara kecap asin, gula cokelat, parutan jahe segar, parutan bawang putih, irisan cabai pedas, minyak wijen, dan air untuk mencairkan bumbu.

Setelah itu, tinggal gunakan campuran bahan-bahan tersebut untuk memarinasi ikan salmon selama kurang lebih 45 menit. Bila sudah, maka ikan dapat dinikmati sebagai salmon panggang atau bakar.

5. Lemon marinade

5 Bumbu Marinasi Sederhana untuk Membuat Salmon Makin Enakilustrasi ikan salmon dan lemon (pixabay.com/Ji-yeon Yun)

Bila kamu ingin menikmati salmon sebagai makanan utama yang rendah karbohidrat, maka bumbu marinasi ini cocok digunakan. Itu lantaran komponen yang dipakai sangat sederhana sehingga tidak mempengaruhi jumlah kalori akhir sajian secara berlebihan.

Bumbu untuk lemon marinade ini terdiri dari minyak zaitun, air lemon, bawang putih yang dicincang, garam, lada, peterseli, oregano, serta potongan lemon segar. Lamanya waktu tunggu untuk marinasi ini adalah sekitar 1 jam biar bumbu semakin meresap.

Selain itu, baiknya marinasi salmon disimpan di lemari es sambil mempersiapkan alat-alat untuk memasak. Sementara itu, cara terbaik dalam mengolah makanan ini adalah dibakar.

Salmon menjadi ikan yang enak sekali diolah menggunakan berbagai cara. Namun kunci membuat sajian ini agar tetap maksimal adalah bumbu marinasi yang digunakan, di mana kamu bisa memakai salah satu dari lima varian bumbu di atas untuk menunjang rasa makanan supaya makin sedap.

Baca Juga: Jangan Ketipu, 5 Tips Mudah Memilih Ikan Salmon yang Berkelanjutan

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya