Comscore Tracker

5 Camilan Manis dari Creme Fraiche yang Memanjakan Lidah, Cobain!

Bikin aneka makanan bertambah segar!

Creme fraiche merupakan produk susu dengan rasa asam yang cukup populer. Bahan tambahan berwarna putih ini memiliki tekstur cukup kental. Creme fraiche sering kali ditambahkan ke dalam aneka masakan untuk menghasilkan rasa asam segar.

Sekilas, creme freiche terasa mirip dengan sour cream. Namun, krim ini cenderung lebih ringan ketika dikonsumsi.

Buat yang belum tahu, ada lima cara untuk menggunakan creme freiche agar dapat dijadikan santapan enak sehari-hari. Simak beberapa olahannya berikut ini, deh!

1. Grilled peaches with creme fraiche

5 Camilan Manis dari Creme Fraiche yang Memanjakan Lidah, Cobain!ilustrasi grilled peaches with creme fraiche (pixabay.com/FranzFirlefanz)

Peach atau persik menjadi salah satu buah paling pas disantap sebagai menu makanan yang dibakar. Bahkan, dengan cara masak tersebut, peach terasa lebih lembut dan menggugah selera, lho.

Buah dimasak dengan bumbu marinasi yang terbuat dari madu. Kemudian, masak hingga buah melunak. Sajikan olahan grilled peach ini bersama creme fraiche yang menambah kelezatannya.

2. Orange loaf with creme fraiche

5 Camilan Manis dari Creme Fraiche yang Memanjakan Lidah, Cobain!ilustrasi orange loaf with creme fraiche (unsplash.com/Gaby Yerden)

Mengolah bolu dengan jeruk meningkatkan rasa masakan agar semakin sedap. Nah, perpaduan bahan baku utama dengan orange zest dan jus meningkatkan aroma masakan sekaligus mempertajam rasa makanan.

Namun tidak cuma itu, kamu pun bisa membuat frosting yang berbahan dasar cream fraiche. Proses pembuatan tersebut dapat dilakukan dengan mencampurkan mentega, telur, dan air lemon, kemudian mikser secara merata.

3. Chocolate creme fraiche tart

5 Camilan Manis dari Creme Fraiche yang Memanjakan Lidah, Cobain!ilustrasi chocolate creme fraiche tart (unsplash.com/Aneta Voborilova)

Kreasi olahan krim berikutnya bisa diaplikasikan dalam proses pembuatan makanan seperti tart. Tidak cuma creme fraiche, ada penggunaan cokelat yang membuat warna makanan lebih gelap dan memperkaya rasa.

Sementara itu, isian dari tart bisa diolah dengan campuran creme fraiche, dark chocolate, air jeruk, mentega, dan gula. Campur seluruh bahan tersebut, lalu  tuangkan ke atas kulit pastry dan panggang sebentar. Setelah itu, makanan pun siap untuk disantap 

Baca Juga: 5 Camilan Manis dari Olahan Sereal Jagung, Rasanya Dijamin Nagih!

4. Creme fraiche scones

5 Camilan Manis dari Creme Fraiche yang Memanjakan Lidah, Cobain!ilustrasi creme fraiche scones (unsplash.com/Alexandra Kusper)

Scones adalah olahan yang sering disantap sebagai menu sarapan atau pengganjal lapar. Tekstur  makanan ini ringan dan lembut. Maka dari itu, scones biasanya disajikan bersama bahan pendamping yang bercita rasa lebih kuat.

Scones bisa dibuat menggunakan biscuits dough instan. Namun, kamu bisa mengolah sendiri adonan tersebut dengan bahan yang terdiri dari tepung terigu, bubuk pengembang, mentega, gula dan garam.

Nah, khusus olahan versi ini, ada baiknya gunakan creme fraiche sebagai penambah rasa. Jangan lupa untuk memasukkan potongan buah bluberi segar ke adonan utama.

5. Creme fraiche ice cream

5 Camilan Manis dari Creme Fraiche yang Memanjakan Lidah, Cobain!ilustrasi creme fraiche ice cream (unsplash.com/American Heritage Chocolate)

Hidangan  satu ini paling cocok disajikan saat cuaca panas, lho. Apalagi kalau bukan ice cream. Gak harus selalu beli di luar, kamu bisa membuat sendiri ice cream di rumah dengan bahan baku creme fraiche.

Campurkan creme fraiche bersama susu. Kemudian, panaskan di atas kompor. Saat susu mulai menghangat, campur kuning telur, gula, dan ekstrak vanila, lalu aduk sampai rata. Simpan adonan dalam lemari es selama beberapa jam sebelum dikonsumsi, ya!

Ternyata creme fraiche bisa diolah menjadi aneka santapan lezat untuk menemani hari-harimu, nih. Nah, setelah menyimak sajian-sajian di atas, apakah kamu sudah menemukan camilan favorit yang akan dimasak dalam waktu dekat?

Baca Juga: 5 Kreasi Rangoon Favorit, Pangsit Goreng dengan Krim Keju

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya