Comscore Tracker

5 Camilan dari Ikan Tenggiri yang Mampu Membuatmu Terpikat

Bisa jadi ide santapan anyar yang menjanjikan

Ikan tenggiri adalah salah satu hasil tangkapan laut yang sering dimasak menjadi santapan menarik. Bukan cuma hidangan utama, ikan juga selalu sukses untuk diolah sebagai penunjang rasa untuk membuat camilan ringan.

Macam-macam olahan tersebut pun bisa kamu temukan di dalam lima camilan berikut ini. Segera siapkan catatan untuk inspirasi memasak dalam waktu dekat, yuk!

1. Nugget ikan tenggiri 

5 Camilan dari Ikan Tenggiri yang Mampu Membuatmu Terpikatilustrasi nugget ikan tenggiri (unsplash.com/Brett Jordan)

Nugget menjadi salah satu camilan nikmat yang lebih sering dibentuk menggunakan daging ayam. Namun dengan segala kreativitas yang lahir di dunia kuliner, ikan pun mampu memberikan sensasi lezat yang sama pada makanan tersebut.

Bahkan kamu bisa menggunakan ikan tenggiri yang telah dihaluskan bersama aneka bumbu, termasuk penggunaan wortel. Seperti biasa, adonan perlu dikukus sebelum dapat digoreng. Lalu sajikan nugget ini bersama saus sambal biar tambah enak.

2. Siomay ikan tenggiri 

5 Camilan dari Ikan Tenggiri yang Mampu Membuatmu Terpikatilustrasi siomay ikan tenggiri (unsplash.com/Febrian Zakaria)

Hujan-hujan begini, siomay menjadi kudapan yang paling cocok untuk mengganjal lapar. Kelembutan yang terkandung dalam sajian kukus tersebut sukses bikin kamu tergoda untuk menyimpannya sebagai frozen food.

Isian dari siomay sendiri bisa dibikin menggunakan ikan tenggiri, lho. Tinggal olah daging tersebut bareng kentang dan wortel, kemudian masukkan ke dalam kulit siomay. Masak hingga matang, lalu nikmati bersama chili oil.

3. Bakso goreng ikan tenggiri 

5 Camilan dari Ikan Tenggiri yang Mampu Membuatmu Terpikatilustrasi bakso goreng ikan tenggiri (unsplash.com/Arsham Baseri)

Menikmati bakso tanpa daging sapi saat ini bisa diwujudkan melalui penggunaan alternatif bahan dari daging ikan. Rasa makanan pun sama-sama nikmat, dan bikin kamu sulit berhenti makan, apalagi kalau cuma satu buah saja.

Namun santapan kali ini terasa spesial lantaran hidangan yang dibuat adalah bakso goreng. Kumpulkan bahan-bahan dari tepung sagu, ikan tenggiri, dan telur ayam. Kemudian beri perasa pada adonan sebelum dimasak bersama minyak.

Baca Juga: 5 Ide Camilan Enak dari Yogurt Beku, Segar dan Bikin Sehat!

4. Stik ikan tenggiri 

5 Camilan dari Ikan Tenggiri yang Mampu Membuatmu Terpikatilustrasi stik ikan tenggiri (unsplash.com/Farhad Ibrahimzade)

Camilan berikutnya yang juga tidak kalah nikmat untuk dimasak menggunakan ikan tenggiri, memiliki bentuk menyerupai stik. Hidangan tersebut bisa dibikin dalam sekejap mata, dan cocok disantap secara langsung atau dijadikan pendamping buat nasi.

Cukup fillet ikan tenggiri, kemudian celupkan ke dalam adonan telur yang sudah dikocok. Siapkan tepung bumbu serbaguna, dan balurkan ke seluruh ikan tersebut. Setelah tertutup sempurna, langsung goreng makanan ini sampai matang merata.

5. Perkedel ikan tenggiri

5 Camilan dari Ikan Tenggiri yang Mampu Membuatmu Terpikatilustrasi perkedel ikan tenggiri (unsplash.com/Filiz Elaerts)

Lembutnya daging ikan tenggiri juga bisa kamu olah dalam bentuk perkedel, lho. Sehingga santapan pun semakin jadi idaman untuk disantap dengan sambal pedas hingga saus mayones yang lebih gurih.

Pada olahan ini, adonan yang digunakan dalam masakan bisa berasal dari kentang rebus dan campuran sagu. Serta bisa juga tanpa menyertakan sayuran tersebut. Pastikan bagian perkedel termasak dengan baik supaya lebih sedap, ya.

Ikan tenggiri menjadi salah satu bahan masak favorit untuk dijadikan masakan lezat. Bahkan lima makanan ringan di atas cocok banget buat disajikan sebagai menu baru di rumah. Yuk, coba!

Baca Juga: 8 Ide Camilan Sehat yang Gak Bikin Gemuk, Cocok untuk Diet!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya