Comscore Tracker

5 Camilan Manis Berbahan Jalapeno, Rasanya Nano-nano!

Tertarik untuk mencoba cupcake jalapeno yang unik?

Jalapeno merupakan salah satu cabai terpedas yang digunakan untuk memberi rasa pada berbagai hidangan gurih. Namun, rupanya cabai ini bisa pula dikolaborasikan menjadi aneka makanan manis, hingga menghasilkan rasa makanan yang nano-nano.

Penasaran makanan apa saja yang bisa disandingkan bareng cabai nikmat ini? Yuk, simak lima kreasinya!

1. Pickled jalapeno eclair

5 Camilan Manis Berbahan Jalapeno, Rasanya Nano-nano!ilustrasi pickled jalapeno eclair (pixabay.com/Karrie Zhu)

Eclair merupakan salah satu bagian dari keluarga choux yang memiliki bentuk lebih panjang. Berbagai krim topping dan isian disertakan ke dalam kudapan, untuk menambah rasa manis pada hidangan ini.

Akan tetapi kini kamu bisa menggunakan acar jalapeno untuk menciptakan rasa yang lebih unik. Pickled tersebut dimasak dengan gula, cuka, dan garam. Biarkan beberapa saat, lalu sajikan sebagai topping.

2. Jalapeno popper corn cupcakes

5 Camilan Manis Berbahan Jalapeno, Rasanya Nano-nano!ilustrasi jalapeno popper corn cupcakes (pixabay.com/Larry White)

Selama ini, cupcake dikenal sebagai salah satu makanan yang mengandung rasa manis, mulai dari adonan utama sampai frosting yang digunakan. Namun dalam kreasi berikut, ada sensasi gurih dan pedas dari penggunaan jalapeno, lho.

Adonan kue bisa ditambah dengan cornmeal, jagung, dan irisan jalapeno untuk menciptakan rasa nano-nano. Sementara, topping perlu diolah memakai cream cheese, gula bubuk, dan juga ekstra jalapeno.

3. Jalapeno bundt cake

5 Camilan Manis Berbahan Jalapeno, Rasanya Nano-nano!ilustrasi jalapeno bundt cake (pixabay.com/oddobjective)

Dalam mengolah hidangan kali ini, sumber cabai yang digunakan bisa berupa minyak dari jalapeno extra virgin olive oil yang perlu ditambahkan ke dalam bahan utama pembuatan bundt cake.

Bahan lain yang diperlukan adalah tepung, bubuk pengembang, soda kue, gula, garam, brown sugar, cornmeal, dan telur. Sementara itu, untuk mendulang rasa manis, gunakan madu sebagai glaze dari kue.

Baca Juga: 5 Camilan dari Honeycomb untuk Pecinta Permen Gula, Praktis!

4. Strawberry jalapeno bruschetta

5 Camilan Manis Berbahan Jalapeno, Rasanya Nano-nano!ilustrasi strawberry jalapeno bruschetta (pexels.com/Kasumi Loffler)

Bruschetta acap kali disajikan sebagai hidangan pembuka, karena bentuknya yang cenderung menyerupai olahan sekali gigit. Selain itu, makanan ini dibuat menggunakan roti baguette yang dipotong-potong.

Untuk meramaikan hidangan, gunakan topping yang terbuat dari campuran irisan jalapeno, stroberi, dan madu. Siapkan roti yang telah dipanggang, sisipkan keju, cuka balsamic, dan adonan buah di atasnya.

5. Chocolate jalapeno cake

5 Camilan Manis Berbahan Jalapeno, Rasanya Nano-nano!ilustrasi chocolate jalapeno cake (pixabay.com/u_4n2wc65j)

Buat kamu yang tertarik menikmati kue cokelat dengan sentuhan rasa berbeda, maka pilihan yang tepat untuk disantap dalam waktu dekat ini jatuh kepada jalapeno chocolate cake.

Selain bahan baku mainstream dari tepung terigu, cokelat semi manis, krim tartar, telur, gula cokelat, dan mentega. Kehadiran jalapeno yang telah diiris-iris mampu memberikan sensasi pedas manis yang unik pada makanan ini.

Wah, jika selama ini kita hanya mengetahui bahwa jalapeno cocok ditambahkan ke dalam makanan asin, rupanya aneka hidangan manis pun gak kalah enak, dan justru bisa tampil lebih berbeda dari olahan umumnya. Gimana, apakah kamu tertarik mencoba?

Baca Juga: 5 Kreasi Fat Bombs Manis untuk Camilan Bersantai di Rumah

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya