Comscore Tracker

5 Cara Mengolah Herb Butter untuk Mempertajam Rasa dan Aroma Masakan

Bisa dijadikan teman makan roti yang praktis, lho

Butter alias mentega menjadi salah satu bahan baku penting dalam mengolah beragam masakan supaya makin enak. Karakteristik bahan ini cenderung lembut dengan rasa sedikit gurih yang unik.

Di dalam dunia kuliner sendiri, terdapat bermacam-macam mentega yang diolah sedemikian rupa sehingga lebih praktis ketika digunakan. Salah satunya adalah herb butter. Mentega ini biasanya dicampur dengan bawang putih, peterseli, hingga daun timi.

Herb butter ini kerap dijadikan alternatif praktis dalam membumbui dan memberi aroma terhadap aneka makanan, seperti 5 sajian berikut ini.

1. London broil herb butter

5 Cara Mengolah Herb Butter untuk Mempertajam Rasa dan Aroma Masakanilustrasi london broil with herb butter (unsplash.com/Nerfee Mirandilla)

London broil merupakan sabutan bagi suatu olahan steak dari bagian sancan daging sapi. Makanan ini memiliki rasa gurih sekaligus manis akibat pemakaian bumbu marinasi yang terdiri dari minyak zaitun, brown sugar, cuka balsamik, hingga dijon mustard.

Steak yang telah dimarinasi dan dimasak hingga kematangan yang diinginkan tersebut kemudian dapat disajikan bersama herb butter. Nantinya herb butter dapat meleleh di atas daging, sehingga rasa dan aroma makanan kian menggugah selera.

2. Herb butter salmon

5 Cara Mengolah Herb Butter untuk Mempertajam Rasa dan Aroma Masakanilustrasi herb butter salmon (unsplash.com/Caroline Attwood)

Menikmati ikan kaya manfaat satu ini paling lengkap bila disisipi menggunakan aneka bumbu masak yang memiliki aroma harum. Ini supaya makanan menjadi lebih nikmat dan mampu meningkatkan nafsu makan.

Salah satu olahan mudah dalam memasak salmon ialah dengan memanggang daging tersebut bersama lelehan herb butter di kedua sisi salmon. Sebelumnya, kamu juga bisa membaluri ikan dengan lada dan garam agar makin nikmat.

Baca Juga: 5 Ide Mengolah Gratin dari Tomat yang Bikin Makan Sayur Tambah Seru

3. Asparagus with herb butter

5 Cara Mengolah Herb Butter untuk Mempertajam Rasa dan Aroma Masakanilustrasi asparagus with herb butter (unsplash.com/Christina Rumpf)

Salah satu sayuran hijau kaya manfaat yang dapat diolah sendiri sebagai menu makanan sehari-hari adalah asparagus.

Sayur batang yang dikenal karena memiliki sentuhan manis ini dapat dicampur bersama herb butter agar rasa olahan jadi makin gurih dan harum.

Teknik pemasakan yang digunakan antara asparagus dan herb butter bisa bermacam-macam, mulai dari tumis-menumis hingga proses pemasakan dengan cara dipanggang.

4. Hasselback herb butter

5 Cara Mengolah Herb Butter untuk Mempertajam Rasa dan Aroma Masakanilustrasi hasselback herb butter (unsplash.com/Monika Grabkowska)

Hasselback merupakan salah satu olahan populer dari kentang yang diiris menyerupai kipas dan dimasak dengan cara dipanggang.

Salah satu teknik memasak hidangan ini agar tidak mengecewakan adalah dengan disisipi herb butter pada setiap sisi potongan kentang.

5. Bread herb butter

5 Cara Mengolah Herb Butter untuk Mempertajam Rasa dan Aroma Masakanilustrasi bread herb butter (unsplash.com/Whitney Wright)

Hidangan ini mampu menjadi teman makan yang praktis sekaligus membuat kamu kesulitan untuk berhenti mengunyah. Hal tersebut lantaran herb butter bisa dijadikan ekstra penambah rasa untuk setiap roti yang kamu makan.

Roti bisa diolesi menggunakan herb butter dan dimakan langsung ataupun dipanggang terlebih dahulu supaya rasa dan aroma hidangan makin keluar.

Nah, itu dia kelima cara mengolah herb butter menjadi perasa sekaligus penambah aroma bagi berbagai hidangan enak. Jika dibandingkan dengan butter biasa, kamu lebih suka menggunakan yang mana?

Baca Juga: 5 Cara Populer Mengolah Katsu Biar Makin Nikmat dan Mengenyangkan

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya