Comscore Tracker

5 Cara Seru Menikmati Gulali biar Terasa Maksimal, Favorit Banget

Masih ingat olahan gulali yang dinikmati bareng air soda?

Jika menunjuk salah satu jajanan di Indonesia yang laris manis dari dulu sampai saat ini, nama gulali patutnya masuk ke dalam sajian yang dimaksud. Makanan ini memiliki sensasi yang legit dengan macam-macam bentuk unik yang begitu menarik perhatian.

Gulali sendiri dapat diartikan sebagai olahan permen yang dibuat menggunakan gula. Terdapat aneka macam gulali tradisional maupun kekinian yang saat ini bisa ditemui di pasaran, mulai dari permen kapas, gulali colek, hingga dalgona.

Cara menikmati gulali pun semakin hari semakin menarik untuk diketahui. Bahkan kamu bisa mengenal lima kreasi seru dalam menikmati gulali, agar makanan tersebut tersaji secara maksimal, seperti berikut ini.

1. Milkshake gulali 

5 Cara Seru Menikmati Gulali biar Terasa Maksimal, Favorit Bangetilustrasi milkshake gulali (pixabay.com/Sarah Nocom)

Cara menikmati gulali yang pertama adalah dengan dihidangkan bersama minuman kekinian, yaitu milkshake. Jenis gulali yang disajikan adalah permen kapas, sehingga warnanya cenderung colorful dengan tekstur yang cenderung lebih ringan dan mudah menghilang ketika dikunyah.

Milkshake yang diolah pada sajian ini dibuat dengan campuran susu cair, es krim vanila, serta gulali permen kapas aneka rasa. Setelah itu sajikan di dalam gelas sekaligus hias menggunakan ekstra gulali permen kapas dan macam-macam topping sesuai selera, biar terasa lebih cantik saat disajikan untuk anak-anak ataupun yang lain.

2. Gulali dalgona 

5 Cara Seru Menikmati Gulali biar Terasa Maksimal, Favorit Bangetilustrasi gulali dalgona (pixabay.com/Bruno /Germany)

Terinspirasi dari salah satu serial populer dari Korea Selatan, kali ini gulali yang dibuat cenderung lebih kekinian. Makanan itu pun dikenal sebagai dalgona, yakni permen berbahan dasar karamel kecokelatan yang bisa kamu buat sendiri. Rasanya sangat manis sehingga tidak mengherankan jika orang tertarik untuk membuatnya di rumah.

Gulali kekinian tersebut kebanyakan dibuat menggunakan beberapa jenis gula, salah satunya adalah gula cokelat, sirup jagung, dan tambahan soda kue. Serta ada juga yang memasukkan bahan bersifat asam ke dalamnya, agar proses pemasakan jadi lebih mudah. Selain itu teksturnya pun cenderung unik jika dibuat secara tepat.

Gimana, apakah kamu tertarik membuat salah satu gulali yang populer melalui drama Squid Games tersebut? 

Baca Juga: 5 Permen dari Olahan Kacang, Inspirasi Camilan Homemade

3. Pancake gulali 

5 Cara Seru Menikmati Gulali biar Terasa Maksimal, Favorit Bangetilustrasi pancake gulali (pexels.com/solod_sha)

Gulali dari permen kapas juga ternyata cocok ketika dinikmati sebagai salah satu penunjang makanan populer, salah satunya adalah pancake. Olahan ini kerap ditemui sebagai menu sarapan atau makan malam yang praktis. Pancake sendiri bisa dibuat menjadi sajian manis maupun asin, tergantung toping dan pendamping yang dihadirkan pada saat penyajian.

Kali ini kamu bisa memasak pancake sesuai selera. Kemudian tambahkan saus manis favorit ke atasnya, berikut dengan buah-buahan segar. Tetapi yang membuatnya terasa istimewa adalah karena kamu bisa menambahkan gulali permen kapas. Rasanya pun akan semakin legit dan cocok untuk dijadikan ide makanan baru yang sangat eye catching dan menarik hati.

4. Gulali soda 

5 Cara Seru Menikmati Gulali biar Terasa Maksimal, Favorit Bangetilustrasi gulali soda (pexels.com/RODNAE Productions)

Kalau untuk cara menikmati gulali yang satu ini terbilang masih tradisional, karena dulunya sering ditemui di tempat jajanan sekolah. Hidangan tersebut pun dikenal sebagai gulali soda, di mana permen tersebut akan dinikmati bersama minuman berkarbonasi sehingga rasanya jadi cenderung lebih segar dan juga manis.

Jenis gulali yang digunakan pada hidangan ini adalah gulali colek. Hal tersebut nampak pada karakteristik gulali yang cenderung lebih kental dan berwarna pekat, biasanya gulali akan digulung menggunakan sedotan ataupun stik dari kayu. Lalu dicelupkan ke dalam minuman soda tanpa warna.

5. Es krim gulali     

5 Cara Seru Menikmati Gulali biar Terasa Maksimal, Favorit Bangetilustrasi gulali es krim (pexels.com/Calebe Miranda)

Cara berikutnya yang juga tidak kalah menarik untuk dicoba dalam menikmati gulali adalah dengan disajikan bersama es krim. Makanan lembut dengan cita rasa manis ini memang sudah sangat akrab bersama aneka jenis gulali, salah satunya adalah permen kapas. Selain membuat rasanya makin enak, keberadaannya pun mampu memberi penampilan yang lebih cantik.

Olahan tersebut bisa disajikan dengan berbagai macam cara. Mulai dari ditumpuk pada cone es krim ataupun dapat disisipkan dalam roti tawar. Cara-cara tersebut merupakan salah satu teknik yang sangat populer dari dulu sampai saat ini, dan bisa membuat banyak orang terpikat apalagi kalau dijadikan salah satu camilan buat anak-anak.

Gulali adalah makanan berbasis gula yang sangat populer di Indonesia. Macam-macam gulali mulai dari versi tradisional hingga kekinian, berlomba-lomba untuk menarik perhatian. Salah satunya dengan cara disajikan menggunakan aneka macam metode, seperti lima kreasi yang tertera di dalam rangkuman di atas.

Baca Juga: 5 Olahan Yummy Rasa Permen Karet, Bikin Ramadan Terasa Manis!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya