Comscore Tracker

5 Gorengan Populer dari Roti Tawar, Mendoan hingga Corndog

Bikin gorengan jadi makin simpel, lho

Roti tawar tak hanya dinikmati sebagai teman sarapan bersama selai. Lebih lanjut, bahan ini bisa diolah menjadi berbagai macam-macam gorengan kekinian, lho. 

Gorengan populer dari roti tawar bisa diolah menjadi lima makanan berikut ini. Dijamin anggota keluarga bakal nagih untuk menyantapnya!

1. Kroket roti tawar 

5 Gorengan Populer dari Roti Tawar, Mendoan hingga Corndogilustrasi kroket roti tawar (pixabay.com/Kavinda F)

Kroket umumnya dibuat menggunakan bahan baku dari kentang. Tetapi makanan tersebut bisa disederhanakan dengan mengganti bahan utamanya menggunakan roti tawar. Tinggal kupas bagian tepi sisi roti untuk menghasilkan kulit yang halus.

Sedangkan untuk isiannya sendiri bisa dilengkapi menggunakan macam-macam sayuran, termasuk daging-dagingan. Kemudian gulung adonan tersebut, lalu celupkan ke dalam kocokan telur dan tepung roti, sebelum digoreng sampai kulitnya berwarna keemasan.

2. Corndog roti tawar 

5 Gorengan Populer dari Roti Tawar, Mendoan hingga Corndogilustrasi corndog roti tawar (pixabay.com/Khuc Dat)

Corndog adalah salah satu makanan populer dari Amerika Serikat. Sajian ini hampir mirip dengan hotdog namun disertai dengan tusukan sate. Umumnya proses pembuatan corndog ini diolah menggunakan pelapis yang berasal dari tepung terigu.

Biar lebih simpel, kamu bisa mengolah corndog menggunakan bahan dari roti tawar. Tinggal tusuk sosis dan keju leleh, kemudian tutup pakai roti tawar yang sudah dipipihkan. Setelah itu, celupkan ke dalam kocokan telur dan tepung roti sebelum digoreng.

3. Mendoan roti tawar 

5 Gorengan Populer dari Roti Tawar, Mendoan hingga Corndogilustrasi mendoan roti tawar (pixabay.com/Juan Carlos Barrera)

Mendengar kata mendoan, bahan yang terlintas dipikiran bukan lain adalah tempe. Tetapi makanan tersebut ternyata bisa pula dimodifikasi dengan bahan yang ada di sekitar kita, salah satunya dengan memanfaatkan keberadaan roti tawar.

Hampir mirip dengan proses pembuatan mendoan klasik, pada sajian ini kamu memerlukan adonan basah yang terdiri dari tepung, ketumbar, kunyit, lada, hingga aneka perasa. Celupkan potongan roti ke dalamnya dan tambahkan juga daun bawang biar makin sedap.

Baca Juga: 11 Gorengan Enak Khas Jepang yang Renyahnya Bukan Kepalang!

4. Risol mayo roti tawar 

5 Gorengan Populer dari Roti Tawar, Mendoan hingga Corndogilustrasi risol mayo roti tawar (pixabay.com/Mufid Majnun)

Belakangan ini, risol mayo menjadi makanan yang menarik perhatian. Itu lantaran gorengan populer tersebut dikombinasikan bersama isian yang kekinian, namun tidak mengurangi rasa lezatnya yang begitu lumer di mulut.

Selain membuat adonan pelapis dari tepung terigu, ternyata kamu bisa mengganti kulitnya menggunakan roti tawar yang ditipiskan. Setelah itu tinggal masukkan potongan smoke beef, telur, dan mayones untuk kemudian digulung dan dibaluri menggunakan tepung panir.

5. Brulee bomb roti tawar     

5 Gorengan Populer dari Roti Tawar, Mendoan hingga Corndogilustrasi brulee bomb roti tawar (pexels.com/Max Avans)

Brulee bomb merupakan salah satu penganan yang juga tidak kalah sedap. Sajian ini memiliki bentuk bulat semacam bitterballen, namun isiannya lebih condong dilengkapi menggunakan keju seperti cheddar atau mozarella.

Pembuatan brulee bomb ini biasanya diolah menggunakan bahan dari tepung. Tetapi berkat kreasi yang tiada henti di dunia kuliner, makanan pun bisa dibuat menggunakan roti tawar. Isiannya dapat terdiri dari sosis dan keju, kemudian digoreng setelah dibaluri tepung roti. 

Menikmati aneka gorengan populer dari roti tawar bisa mempersingkat proses memasak. Rasanya juga tidak kalah lezat dan cocok dijadikan sebagai camilan andalan sehari-hari. Yuk, coba!

Baca Juga: 10 Gorengan Khas Indonesia yang Populer, Ada Mageli dan Jalangkote!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya