Comscore Tracker

5 Hal Penting tentang Korsvet, Bahan Krusial untuk Memasak Pastry

Korsvet bukan sekadar mentega yang biasa dijumpai lho, guys!

Lemak di dalam pengolahan sebuah makanan terkadang diperlukan bukan cuma untuk membuat aroma sajian makin nendang, tetapi penting dalam menyempurnakan tekstur sajian biar lebih sesuai. Bila sehari-hari kita lebih sering mengenal mentega dan margarin yang digunakan dalam proses pengolahan cake and bakery, maka kali ini ada korsvet yang sangat penting untuk pembuatan aneka kudapan khusus.

Penasaran apa itu korsvet dan kegunaannya? Simak dulu ulasan berikut ini biar kamu lebih mengenal dekat bahan masak populer tersebut, ya!

1. Pengertian korsvet

5 Hal Penting tentang Korsvet, Bahan Krusial untuk Memasak Pastryilustrasi mentega (unsplash.com/Sorin Gheorghita)

Sebagaimana diketahui, selama ini dunia baking biasanya cuma dipusingkan dengan perbedaan antara mentega dan margarin. Tetapi, jika ditelusuri lebih jauh, lemak-lemak ini juga punya jenis yang tidak terbatas. Salah satunya dikenal dengan nama korsvet.

Secara sederhana, korsvet adalah kandungan lemak yang digunakan untuk membuat olahan berlapis menjadi lebih sempurna. Bahan ini punya penampilan yang mirip mentega dan mengandung aroma khas ketika bercampur dengan adonan tertentu.

2. Kandungan korsvet

5 Hal Penting tentang Korsvet, Bahan Krusial untuk Memasak Pastryilustrasi korsvet (pixabay.com/Aline Ponce)

Korsvet disebut-sebut mengandung hampir seratus persen lemak sebagai bahan bakunya. Namun, pada proses pembuatan bahan masak ini, point lelehnya menjadi berbeda dibandingkan pengolahan lemak lain.

Hal tersebut pun kemudian sukses membuat korsvet gampang lumer saat diolah menjadi adonan dari suatu kudapan tertentu.

Baca Juga: Resep Cake Khas Jepang Ogura Pandan Cake, Lembut dan Wangi 

3. Rasa korsvet

5 Hal Penting tentang Korsvet, Bahan Krusial untuk Memasak Pastryilustrasi korsvet (pixabay.com/congerdesign)

Banyaknya pilihan lemak di dalam dunia kuliner bakal memengaruhi rasa dari hasil akhir hidangan. Misalnya unsalted butter yang cenderung tawar. Adapula mentega lain yang mengandung sensasi gurih.

Perbedaan diterapkan untuk menghindari rasa makanan yang overpower. Maka, terkadang lemaknya pun disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk korsvet sendiri cenderung mampu menghasilkan rasa gurih ketika ditambahkan ke dalam suatu adonan.

4. Penggunaan korsvet

5 Hal Penting tentang Korsvet, Bahan Krusial untuk Memasak Pastryilustrasi croissant (pixabay.com/len ver)

Penggunaan korsvet semata-mata bukan cuma untuk menggantikan keberadaan mentega, lho. Bahan ini memang dikhususkan untuk beberapa hidangan yang mesti diolah dengan bahan tertentu untuk menghasilkan tekstur yang pas.

Contoh beberapa kudapan yang paling sering ditambahkan dengan korsvet berkenaan dengan pastri, seperti croissant. Makanan ini terkenal karena terdiri dari banyak lapisan kulit. Sedangkan, jika hidangan lokal, korsvet biasanya dipakai untuk proses pembuatan kulit bolen.

5. Harga korsvet

5 Hal Penting tentang Korsvet, Bahan Krusial untuk Memasak Pastryilustrasi korsvet (pixabay.com/congerdesign)

Penjualan yang diterapkan dalam pengolahan korsvet hampir mirip dengan mentega atau margarin. Beberapa kemasan ada yang dipisahkan seperti 250g, setengah kilo, hingga dijual per kilo dengan harga lebih bersahabat.

Rata-rata harga yang dipatok mulai dari Rp20 ribu hingga Rp500 ribu. Namun, ada juga pilihan korsvet yang lebih murah, tergantung berat dan merek. Semakin premium, biasanya korsvet pun akan dijual dengan harga yang lebih tinggi.

Mengenal lemak korsvet tentunya dapat menambah wawasan kamu dalam mengolah suatu hidangan. Penggunaan korsvet sendiri pastinya mampu meningkatkan keunikan pada kreasi kudapan yang kamu buat. Tertarik untuk bikin olahan pastri dengan bahan yang satu ini?

Baca Juga: 5 Kreasi Santapan dengan Bulletproof, Kopi Mentega yang Unik!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya