Comscore Tracker

5 Hidangan Klasik dari Edamame yang Mudah Diolah, Yuk Segera Bikin!

Selain direbus, edamame bisa dibuat campuran risotto lho!

Edamame merupakan salah satu jenis kacang kedelai berwarna hijau yang banyak ditemui di Indonesia. Rasanya unik dengan sentuhan asin dan gurih. Umumnya di Indonesia edamame diolah dengan cara direbus menggunakan garam.

Selain diolah dengan proses direbus, berikut ini terdapat lima olahan sedap berbahan dasar edamame yang bisa membuat kamu ketagihan. Apa saja?

1. Salmon with edamame

5 Hidangan Klasik dari Edamame yang Mudah Diolah, Yuk Segera Bikin!foodnetwork.com

Bagi kamu yang tengah memperbaiki pola makan dan sedang bingung untuk menentukan menu makanan sehari-hari, salmon with edamame bisa masuk dalam daftar, tanpa khawatir akan rasa serta manfaat yang bisa kamu dapat untuk tubuh.

Dalam mengolah salmon, ada baiknya kamu melakukan pemanggangan saja dibandingkan harus digoreng, sebab teknik ini merupakan salah satu alternatif cara menghidangkan makanan yang lebih sehat daripada digoreng dengan banyak minyak.

Sebagai pelengkap, jangan lupa tambahkan aneka sayuran seperti edamame ke dalam piring, cukup direbus selama beberapa saat dan sajikan bersama-sama, bila suka, silakan ditambahkan saus sesuai selera.

2. Corn edamame salad

5 Hidangan Klasik dari Edamame yang Mudah Diolah, Yuk Segera Bikin!tupperware.com

Ada berbagai menu salad sayur enak yang tersebar di seluruh dunia, mulai dari biji-bijian, dedaunan, sampai campuran atas keduanya. Kalau kamu merupakan tipikal orang yang pilih-pilih dalam memakan sayur, sesekali cobalah corn edamame salad di rumah.

Perpaduan antara manisnya jagung dengan gurihnya kacang edamame bisa membuat mulutmu sulit berhenti mengunyah, jangan lupa, tambahkan sayur pelengkap lainnya seperti tomat ceri, zukini, atau wortel agar gizinya lebih seimbang.

Kamu juga bisa menambahkan seasoning atau saus ekstra agar salad menjadi lebih sedap saat dinikmati. Selain itu, kamu bisa menjadikan salad ini sebagai lauk pendamping saat menyantap ikan atau ayam panggang.

Baca Juga: 10 Manfaat Mengonsumsi Edamame yang Gak Banyak Diketahui Orang

3. Edamame risotto

5 Hidangan Klasik dari Edamame yang Mudah Diolah, Yuk Segera Bikin!gracecheetham.com

Risotto merupakan olahan asal Italia berbahan dasar nasi dengan rasa gurih dan tesktur yang melekat satu sama lain. Hidangan ini cukup populer terutama bila kamu mengunjungi restoran-restoran yang memuat makanan Eropa.

Dalam semangkuk risotto, kamu akan menemukan potongan lauk ekstra yang terdiri dari jamur, ayam, atau seafood. Selain itu, adapula risotto yang ditambahi dengan sayuran seperti edamame.

Rasa risotto yang sudah gurih akibat dari penggunaan kaldu berpadu menjadi satu dengan edamame yang lezat dan lembut, apalagi jika sajian dihidangkan dalam kondisi hangat, maka makanan ini akan tambah nikmat.

4. Stir-fry chicken edamame

5 Hidangan Klasik dari Edamame yang Mudah Diolah, Yuk Segera Bikin!healthyfood.com

Salah satu olahan dari ayam yang terbilang mudah dan singkat untuk dibuat adalah dengan cara ditumis, dengan sedikit bumbu dan tambahan air, kita sudah bisa menikmati sajian yang praktis namun tetap lezat dinikmati.

Pada kebanyakan olahan tumis ayam, bagian yang paling sering digunakan ialah dada. Karena bagian tersebut cenderung minim tulang dengan daging yang cukup tebal.

Untuk menunjang rasa tumisan agar semakin variatif, kamu bisa menambahkan edamame sebagai campuran dari tumisan tersebut. Bila suka, tambahkan juga aneka sayur lainnya dan jangan lupa bubuhi wijen saat sudah matang.

5. Fried rice edamame

5 Hidangan Klasik dari Edamame yang Mudah Diolah, Yuk Segera Bikin!alisonsallspice.com

Nasi goreng menjadi andalan ketika kita bingung untuk memasak sesuatu, bahkan di dalam negeri, hidangan ini menjadi idola dan banyak sekali variasinya. Bahan pembuatan nasi goreng yang mudah dan murah membuat sajian ini mudah diterima masyarakat.

Pada umumnya, nasi goreng hanya terdiri dari nasi dengan tambahan telur atau kecap, sebagai pelengkap biasanya nasi goreng ditambahi aneka seafood atau sayuran, yang mana dalam hal ini kamu bisa menggunakan kacang edamame.

Rasa gurih dengan tekstur unik dari edamame membuat sensasi menikmati nasi goreng menjadi lebih berbeda, bahkan dengan kehadiran edamame, sesi makan kamu bisa menjadi lebih seru.

Ternyata banyak ya cara pengolahan yang tidak kalah sedap dari sekadar edamame rebus, kelima penganan di atas menjadi alternatif apabila kamu bosan dengan sajian edamame yang biasa. Nah, kira-kira kamu tertarik untuk memasak kacang ini menjadi olahan nomor berapa?

Baca Juga: 5 Olahan Nikmat dari Riceberry, Beras Thailand Keunguan yang Serbaguna

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

sempat ingin jadi astronaut

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya