Comscore Tracker

5 Hidangan dari Miso Karamel, Kudapan Manis dan Umami!

Selain manis, bisa juga digunakan untuk makanan asin, lho

Karamel adalah salah satu bahan yang paling populer untuk menciptakan rasa manis pada suatu masakan. Bahan utama pembuatan komponen ini dibentuk memakai gula pasir yang dilelehkan.

Sementara itu, terdapat variasi karamel lainnya yang perlu dikenali, yakni miso karamel. Dengan tambahan pasta asal Negeri Sakura tersebut, karamel akan terasa lebih manis dan umami, lho.

Ada sekitar lima olahan populer yang bisa dikreasikan bersama miso karamel. Yuk, simak makanan yang dimaksud!

1. Miso caramel popcorn

5 Hidangan dari Miso Karamel, Kudapan Manis dan Umami!ilustrasi miso caramel popcorn (unsplash.com/Kushagra Kevat)

Berondong jagung dan karamel jadi dua bahan baku yang sudah sering diolah berdampingan. Rasa manis serta asin dari keduanya mampu menciptakan kreasi yang menarik untuk dicicipi.

Gak sulit, cukup lelehkan mentega bersama gula cokelat, sirup jagung, miso, dan garam. Kemudian campurkan bersama popcorn yang sudah matang, sampai saus ini mengenai seluruh bagian dari jagung tersebut.

2. Miso caramel cookies

5 Hidangan dari Miso Karamel, Kudapan Manis dan Umami!ilustrasi miso caramel cookies (unsplash.com/Prateek Katyal)

Kerenyahan kukis nampaknya bisa disempurnakan dengan perpaduan antara miso karamel yang manis dan umami. Dengan begini, kamu pun akan mendapatkan kudapan disertai rasa tak kalah menjanjikan.

Pasta miso dan karamel bisa dicampur bersama tepung terigu, soda, garam, bubuk pengembang, mentega, telur, gula cokelat, dan sejumput garam. Bila suka, kamu dapat turut menjadikan karamel sisa sebagai topping kukis.

3. Miso caramel cake

5 Hidangan dari Miso Karamel, Kudapan Manis dan Umami!ilustrasi miso caramel cake (unsplash.com/Caitlyn de Wild)

Makanan yummy selanjutnya sudah bukan sesuatu yang asing lagi di lidah kita, apalagi kalau bukan kue bolu. Saat ini kita memang perlu kreatif untuk menciptakan makanan yang enak, maka dari itu sajian tersebut dapat menjadi solusi.

Miso karamel ini bisa dijadikan salah satu saus untuk menciptakan kue bertingkat. Fungsi lainnya, adalah untuk merekatkan satu bagian kue dengan potongan lain agar tidak mudah bergeser saat dipercantik memakai buttercream.

Baca Juga: Resep Pisang Karamel Saus Green Tea, Manisnya Gak Bikin Enek

4. Miso caramel brownies

5 Hidangan dari Miso Karamel, Kudapan Manis dan Umami!ilustrasi miso caramel brownies (unsplash.com/cindy fernandez)

Kalau sebelumnya terdapat kehadiran dari kue bolu, maka dalam sajian kali ini si kue cokelat akan turut ikut serta. Brownies memang memiliki penggemar tidak sedikit, maka dari itu, supaya tak bosan jangan lupa membuat variasi brownies miso karamel.

Sebelumnya, buat miso karamel dengan melelehkan mentega di atas wajan anti lengket. Masukkan gula pasir dan disusul oleh miso paste. Bila sudah tercampur rata, masukkan ke dalam adonan brownies, lalu panggang beberapa saat.

5. Miso caramel chicken wings

5 Hidangan dari Miso Karamel, Kudapan Manis dan Umami!ilustrasi miso caramel chicken wings (unsplash.com/Alaundra Alford)

Gak cuma aneka makanan manis saja, miso karamel juga mampu memberikan warna baru pada salah satu masakan gurih yang terkenal dengan sebutan chicken wings.

Adonan miso karamel ini bisa dimasak dengan campuran bubuk cabai untuk menciptakan rasa yang lebih menarik. Setelah sayap ayam selesai dimasak, masukkan daging tersebut ke dalam olahan saus dan sajikan.

Sebagai salah satu kreasi menarik dari perpaduan miso dan karamel, tentu kita bisa membuat makanan jadi lebih unik untuk disantap. Terlebih jika kamu merupakan pencinta hidangan bercita rasa manis dan gurih.

Baca Juga: Resep Brownies Moka Saus Karamel, Teksturnya Lumer Banget di Mulut 

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya