Comscore Tracker

5 Ide Lauk Serba Tongkol Pedas, Bikin Nasi Putih Cepat Habis

Ikan ini terbilang ekonomis dan super lezat, deh!

Sebagai salah satu ikan favorit masyarakat Indonesia, hidangan serba tongkol memang seringkali menghiasi ragam referensi kuliner yang enak dan bikin ketagihan. Belum lagi karena bahan masak tersebut biasanya dijual dalam bentuk fresh atau versi pindang.

Untuk para pencinta pedas, ikan tongkol juga cocok sekali dinikmati bersama melimpahnya adonan cabai, seperti macam-macam kreasi tongkol pedas yang telah dirangkum berikut ini.

1. Sambal tongkol suwir 

5 Ide Lauk Serba Tongkol Pedas, Bikin Nasi Putih Cepat Habisilustrasi sambal tongkol suwir (pexels.com/Chen Te)

Mengolah tongkol menjadi makanan pedas rasanya belum pas kalau tidak menyertakan sambal. Olahan wajib orang Indonesia ini memang mampu membuat santapan sesederhana apapun berubah jadi semakin lezat.

Tongkol pun bisa disuwir-suwir untuk lebih memudahkan proses memasak sambal. Campurkan bumbu dari cabai merah, cabai rawit, bawang putih, daun salam, lengkuas, serai, dan bumbu perasa untuk dijadikan adonan sambal goreng.

2. Pindang tongkol pedas 

5 Ide Lauk Serba Tongkol Pedas, Bikin Nasi Putih Cepat Habisilustrasi pindang tongkol pedas (Yummy/Siswinarti)

Sajian berikutnya yang sayang sekali jika dilewatkan bukan lain adalah pindang tongkol pedas. Rasanya yang sedap akan membuat siapapun tertarik untuk nambah porsi nasi, sambil dinikmati bersama kerupuk atau ekstra sambal.

Masakan ini akan memerlukan pindang tongkol yang diolah bersama bumbu halus, santan, aneka macam bumbu penyedap, serta jangan lupa untuk memasukkan ragam cabai dan tomat agar penganan ini memiliki perpaduan segar dan pedas yang pas.

Baca Juga: 5 Kreasi Tongkol Goreng yang Beri Variasi Baru pada Masakan

3. Gulai tongkol pedas 

5 Ide Lauk Serba Tongkol Pedas, Bikin Nasi Putih Cepat Habisilustrasi gulai tongkol pedas (pexels.com/Votsis Panagiotis)

Membuat olahan gulai ternyata gak melulu melibatkan daging dengan harga mahal, lho. Karena makanan ini bisa pula dinikmati bersama ikan tongkol yang lebih ekonomis dan disertai bumbu pedas yang menggugah selera.

Untuk membuat gulai sederhana, siapkan bumbu dari bawang-bawangan, aneka macam cabai, kunyit, dan penyedap rasa. Kemudian masak menggunakan campuran air, santan, lalu masukkan ikan tongkol ke dalam adonan tersebut.

4. Tongkol balado pedas    

5 Ide Lauk Serba Tongkol Pedas, Bikin Nasi Putih Cepat Habisilustrasi tongkol balado pedas (pexels.com/Saveurs Secretes)

Hidangan berikut ini terkenal karena bumbunya yang manis, gurih, dan bisa dikreasikan agar lebih pedas, apalagi jika bukan balado. Ikan tongkol akan pas sekali dimasak memakai bumbu ini dan dinikmati bareng nasi panas.

Bumbu halus yang patut dipersiapkan adalah bawang-bawangan, tomat, dan aneka cabai. Campur bersama dedaunan aromatik, rempah-rempah, air asam, penyedap rasa, dan masak bersama ikan tongkol pindang sampai matang.

5. Tongkol bakar pedas  

5 Ide Lauk Serba Tongkol Pedas, Bikin Nasi Putih Cepat Habisilustrasi tongkol bakar pedas (pexels.com/Dana Tentis)

Nah, kalau hidangan yang satu ini dimasak dengan cara dibakar sehingga aromanya bakal mendulang nafsu makan biar tambah berselera. Belum lagi bumbu yang digunakan juga akan bikin daging ikan terasa nikmat dan pedas.

Buat dua bumbu utama, pertama untuk marinasi yang diolah dari bawang-bawangan, kunyit, hingga ketumbar. Lalu persiapkan bumbu oles dengan menghadirkan air jeruk nipis, gula merah, garam, dan cabai rawit yang melimpah.

Bikin tongkol pedas sebagai salah satu kreasi lauk makan yang sedap bisa segera kamu praktikkan di rumah. Belum lagi karena sajian ini pas banget dinikmati bersama nasi hangat, maka gak heran kalau penggemarnya pun terbilang banyak.

Baca Juga: Resep Rendang Tongkol yang Gak Kalah Nikmat Dibanding Daging Sapi

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya