Comscore Tracker

Disebut Ikan Asin Mahal, 5 Cara Maksimal Olah Jambal Roti Jadi Nikmat!

Coba masak nasi liwet menggunakan ikan jambal roti, yuk!

Ikan asin merupakan salah satu hasil pangan Indonesia yang dibuat dengan cara menggunakan garam sebagai bentuk pengawetan agar ikan menjadi lebih tahan lama. Di banyak kawasan, ikan asin menjadi primadona untuk dihidangkan bersama sambal dan nasi hangat, maka tidak heran jika keberadaan ikan asin selalu menjadi buruan meski harganya sedang naik.

Bicara soal harga, tahukah kamu bahwa Indonesia memiliki ikan asin termahal? Bahkan harga ikan ini pernah melampaui harga daging sapi di pasaran. Ia adalah ikan asin jambal roti.

Sebagai pencinta ikan asin, kamu akan familier dengan jenis makanan yang satu ini. Namun selain dimasak dengan cara digoreng, ada lima cara memaksimalkan pengolahan ikan asin jambal roti agar semakin sedap dihidangkan. Apa saja?

1. Liwet jambal roti

Disebut Ikan Asin Mahal, 5 Cara Maksimal Olah Jambal Roti Jadi Nikmat!yummy.co.id/Indry Hapsari

Liwet merupakan olahan nasi bercita rasa gurih yang cukup terkenal di tanah Sunda, hidangan ini biasanya disajikan dalam acara kumpul-kumpul dan senantiasa ditemani dengan lalapan, sambal, dan lauk-pauk seperti daging atau telur.

Dalam prosesi pemasakan liwet, pembuat bisa menggunakan kastrol, yakni panci penanak nasi tempo dulu supaya hasil liwet menjadi lebih enak dan wangi. Namun saat ini ada juga yang memakai rice cooker untuk mengolah liwet supaya lebih praktis dan cepat.

Mengolah nasi liwet tidak sama dengan memasak nasi biasa, sebab saat beras sudah masuk ke dalam rice cooker atau kastrol, kamu perlu memasukan bumbu masak yang terbuat dari campuran bawang putih, bawang merah, cabai, aneka daun seperti salam dan serai sebagai penambah aroma, dan penyedap.

Nah, untuk semakin menambah kenikmatan nasi liwet, biasanya ada komponen yang turut ditambahkan di luar kategori rempah-rempah. Selain petai, ikan teri, atau cumi goreng, menambahkan potongan jambal roti si ikan asin termahal menjadi salah satu alternatif yang disukai banyak orang.

2. Tumis pete jambal roti

Disebut Ikan Asin Mahal, 5 Cara Maksimal Olah Jambal Roti Jadi Nikmat!cookpad.com/Andinni Yustiaristi

Di Indonesia, petai atau pete adalah hasil bumi yang cukup digemari oleh berbagai kalangan terutama dalam menikmati hidangan utama bertema tradisional. Petai sendiri adalah tanaman yang masuk ke dalam keluarga polong dan memiliki tekstur serta bau yang khas.

Meski terkadang ada yang terganggu dengan bau yang ditimbulkan akibat dari mengonsumsi petai, namun tetap saja komoditas ini selalu menjadi yang paling laris di pasaran terutama jika menjelang hari-hari perayaan tertentu.

Salah satu cara untuk mengolah petai menjadi makanan sedap, selain dibakar atau dimakan mentah ialah dengan cara ditumis. Selain membuat petai jadi semakin enak, teknik yang satu ini bisa meningkatkan selera makan seseorang menjadi bertambah.

Akan tetapi tentu saja petai yang ditumis perlu teman agar bisa membuat sesi makan kita lebih seru dan mengenyangkan. Nah, ada salah satu menu di mana tumis petai tersebut akan ditambahkan potongan ikan asin jambal, sehingga keduanya berkolaborasi membuat hidangan menjadi tambah nikmat.

Baca Juga: Resep Sambal Petai Ikan Jambal yang Pedasnya Mantap, Gampang Banget!

3. Balado jambal roti

Disebut Ikan Asin Mahal, 5 Cara Maksimal Olah Jambal Roti Jadi Nikmat!cookpad.com/FajarWati

Balado adalah bumbu merah yang biasanya terbuat dari campuran cabai merah halus dengan bawang-bawangan serta ada pula yang menambahkan tomat untuk menghasilkan rasa yang pas. Aneka hidangan khas dari Indonesia sudah tidak asing dengan prosesi pemasakan yang satu ini, sebut saja seperti telur, dendeng, sampai ayam.

Ternyata selain bahan-bahan mainstream tersebut, ikan asin sekelas jambal roti juga cocok diolah menggunakan bumbu balado. Selain membuat ikan lebih kaya rasa, dengan ini makanan yang kamu olah menjadi tidak terlalu kering jika dibandingkan hanya digoreng saja.

4. Gulai ikan jambal roti

Disebut Ikan Asin Mahal, 5 Cara Maksimal Olah Jambal Roti Jadi Nikmat!cookpad.com/susi juniarti

Saat mendengar kata gulai, pikiran kita pasti akan tertuju pada hidangan berkuah dengan warna cantik hasil perpaduan dari bumbu dan santan yang ikonik. Kebanyakan makanan yang diolah dengan menggunakan teknik gulai biasanya berasal dari daging-dagingan dan jeroan yang kemudian ditambahkan menggunakan sayur atau buah nangka.

Nah, jambal roti adalah salah satu hasil kreativitas tersebut dan contoh dari kesuksesan resep gulai menggunakan ikan asin. Dalam proses pengolahan gulai ikan asin jambal roti, kamu dapat menambahkan belimbing wuluh, kacang panjang, atau potongan tahu ke dalam gulai agar ada penyeimbang rasa antara kuah dan ikan asin.

5. Sambal jarot

Disebut Ikan Asin Mahal, 5 Cara Maksimal Olah Jambal Roti Jadi Nikmat!cookpad.com/Christin Adreena Saila

Sambal adalah salah satu penambah rasa pada makanan yang tidak bisa dipisahkan dari sebagian besar masyarakat Nusantara, hampir setiap daerah memiliki sambal khas mereka sendiri, entah itu yang diolah dengan cara direbus, digoreng, sampai yang disajikan secara mentah.

Selain itu, kebanyakan sambal juga tidak berbatas pada komponen yang terdiri dari cabai, bawang merah, bawang putih, dan tomat saja, belakangan mulai muncul inovasi sambal yang menggunakan bahan-bahan makanan siap olah seperti cumi, ikan teri medan, atau jengkol sekalipun.

Hal tersebut kemudian juga berlaku pada ikan asin jambal roti, di mana ia bisa dipakai sebagai tambahan untuk sambal terutama jika kamu merupakan seseorang yang menyukai hidangan pedas dan asin.

Ada baiknya, ikan asin jambal roti dimatangkan terlebih dahulu, baik dengan cara direbus atau digoreng sebelum diolah bersama bumbu-bumbu sambal yang menjadi kesukaan kamu di rumah.

Cobain kelima cara memaksimalkan pengolahan ikan asin jambal roti agar tidak cuma digoreng saja. Sebagai pencinta makanan tradisional Indonesia, ikan asin jambal roti perlu kamu coba supaya menambah referensi masakan untuk keluarga di rumah.

Baca Juga: Cara Buat Sambal Petai Ikan Jambal, Pedasnya Mantap!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

sempat ingin jadi astronaut

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya