Comscore Tracker

5 Kesalahan Umum saat Bikin Kaldu Rumahan, Yuk Perbaiki!

Jangan sampai salah memilih kualitas bahan baku, ya

Setiap masakan berkuah biasanya akan terasa lebih lezat ketika diolah bersama kaldu. Selain membeli dalam kemasan siap saji, kamu juga bisa membuat kaldu sendiri di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada.

Namun, membuat kaldu juga harus diperhatikan dengan seksama, sebab banyak hal detail yang biasanya dilewati dan bikin rasa kaldu kurang maksimal. Oleh karena itu kamu bisa memperhatikan lima kesalahan ini untuk diperbaiki supaya kaldu jadi tambah sedap.

1. Menggunakan bahan-bahan dengan kualitas yang kurang baik

5 Kesalahan Umum saat Bikin Kaldu Rumahan, Yuk Perbaiki!ilustrasi aneka daging (pexels.com/Becerra Govea Photo)

Saat hendak membuat kaldu, biasanya seseorang akan memanfaatkan bahan sisa supaya tidak terbuang sia-sia. Walau demikian kamu juga harus memperhatikan kualitas bahan yang kamu pakai, jangan sampai merusak kaldu tersebut dan malah jadi tidak dimakan.

Menggunakan bahan-bahan berkualitas bagus menjadi salah satu sumber kepuasan tersendiri. Selain itu, bahan yang baik juga bisa menghasilkan makanan enak dan maksimal. Maka dari itu dalam hal ini sebaiknya kamu menggunakan daging, tulang, hingga sayuran terbaik supaya olahan kaldu rumahan jadi terasa lebih nikmat.

2. Perbandingan isian dan air yang tidak sesuai 

5 Kesalahan Umum saat Bikin Kaldu Rumahan, Yuk Perbaiki!ilustrasi merebus air (pexels.com/Teona Swift)

Rasio penggunaan antara air dengan isian kaldu juga perlu diperhatikan dalam proses pembuatan bahan masak tersebut. Ini karena orang-orang sering kali salah kaprah dengan menggunakan air yang terlalu banyak disertai bagian daging atau sayuran yang cenderung lebih sedikit maupun sebaliknya.

Tidak ada salahnya dengan perbandingan tersebut memang, tetapi rasanya akan menjadi kurang lezat. Selain itu, biasanya teksturnya pun akan sedikit berbeda dan bisa membuat kualitas kaldu berkurang. Jadi pastikan bahwa perbandingan antara isian dan cairan sama-sama seimbang, supaya hasil dari makanan yang dibuat cenderung lebih sedap. 

Baca Juga: 5 Cara Memanfaatkan Kulit Ayam Supaya Serbaguna, Cocok untuk Kaldu!

3. Tidak menyaring kaldu dari isian 

5 Kesalahan Umum saat Bikin Kaldu Rumahan, Yuk Perbaiki!ilustrasi kaldu (pexels.com/jenvit keiwalinsarid)

Pada proses pembuatan kaldu, biasanya banyak sekali bahan yang dimasukkan ke dalam air untuk menghasilkan kombinasi rasa yang lebih gurih. Namun, setelah kaldu masak semestinya bahan-bahan tersebut segera diangkat dari air untuk menghasilkan kaldu yang lebih nikmat.

Selain itu, fungsi menyaring isian dari kaldu juga bermanfaat untuk membuat penampilan bahan tersebut jadi lebih bersih. Kaldu yang bersih cocok dijadikan berbagai jenis penunjang olahan, mulai dari sup atau hidangan berkuah favorit kamu di rumah. Serta tidak meninggalkan lemak menggumpal saat kaldu menjadi dingin.

4. Menaruh terlalu banyak bahan isian

5 Kesalahan Umum saat Bikin Kaldu Rumahan, Yuk Perbaiki!ilustrasi kaldu dengan aneka isi (pexels.com/FOX)

Di dalam tahapan pembuatan kaldu, umumnya banyak sekali isian yang turut ditambahkan pada olahan tersebut. Bukan cuma daging atau tulang, melainkan terdapat juga pendamping tambahan seperti sayur mayur hingga penyedap yang akan membuat rasa kaldu jadi semakin intens.

Tetapi di tahap ini kamu juga perlu memfilter bahan-bahan apa saja yang penting untuk dimasukkan ke dalam kaldu. Ini untuk mencegah supaya rasa kaldu tidak bertabrakan atau menghasilkan kaldu yang kurang gurih. Jadi sebaiknya tahan diri untuk tidak terlalu banyak memasukkan berbagai jenis bahan pendamping supaya kaldu kamu tetap terjaga kualitasnya.

5. Waktu memasaknya tidak tepat

5 Kesalahan Umum saat Bikin Kaldu Rumahan, Yuk Perbaiki!ilustrasi membuat kaldu (pexels.com/Annushka Ahuja)

Memasak kaldu juga memerlukan waktu yang tepat kapan bahan tersebut sudah bisa disisihkan dari kompor. Jangan sampai kamu memasak hidangan ini terlalu mentah atau justru terlalu matang, lantaran kualitasnya juga akan berubah dan cenderung gampang rusak.

Memasak kaldu dengan lama waktu yang tepat akan membantu meningkatkan kualitas rasa dan penampilannya. Jika kamu membuat kaldu tersebut dimasak terlalu lama, maka khawatir akan menghasilkan sensasi rasa yang mengganggu di lidah, seperti sedikit pahit yang bisa membuat kaldu gagal diolah kembali menjadi aneka masakan favorit.

Membuat kaldu sendiri di rumah memang terbilang hemat, tetapi jangan sampai kamu menyepelekan tahapan pembuatan bahan gurih ini, lho. Karena bisa membuat rasanya jadi kurang enak. Jadi, pastikan bahwa langkah-langkah di atas sudah kamu perbaiki supaya rasa kaldu rumahan jadi makin yummy.

Baca Juga: Cooking 101: Mengenal Bouquet Garni, Rempah Penambah Citarasa Kaldu

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya