Comscore Tracker

5 Kolaborasi Sayuran dan Sirup Maple, Rasanya Unik dan Sedap

Bagi kamu yang masih sukar makan sayur, bisa coba metode ini

Sirup maple adalah salah satu pemanis populer yang diolah dari getah pohon bernama serupa. Bahan ini sering kali ditemukan dalam aneka makanan bercita rasa tawar, untuk menambahkan rasa supaya lebih enak.

Selain digunakan dalam panekuk atau oatmeal, sirup tersebut pun rupanya cocok disantap bersama aneka sayuran. Bila kamu ingin membuat sayur lebih sedap, simak lima hidangan berikut ini yuk!

1. Maple glazed parsnips

5 Kolaborasi Sayuran dan Sirup Maple, Rasanya Unik dan Sedapilustrasi maple glazed parsnips (pixabay.com/Annillart)

Parsnip adalah salah satu sayuran yang dikenal sebagai kerabat dari wortel. Namun, parsnip memiliki perbedaan yang terletak pada warna pucatnya dan bagian dalam yang putih.

Salah satu cara mengolah parsnip yang maksimal bisa dilakukan dengan cara merebus parsnip beberapa saat, kemudian letakkan dalam loyang dan olesi memakai sirup maple, garam dan lada, serta biji wijen sebelum dipanggang.

2. Maple roasted veggie

5 Kolaborasi Sayuran dan Sirup Maple, Rasanya Unik dan Sedapilustrasi maple roasted veggie (pixabay.com/Free-Photos)

Tidak cuma ditambahkan untuk satu jenis sayuran tertentu, sirup maple pun rupanya cocok bila dijadikan penambah rasa bagi olahan sayur panggang dengan lebih dari satu macam.

Gunakan potongan wortel, buah bit, bawang bombai, kentang, dan ragam sayur kesukaan. Sementara bumbu olesan bisa dicampur memakai sirup maple, dijon mustard, serta cuka balsamic.

3. Maple brussel sprouts

5 Kolaborasi Sayuran dan Sirup Maple, Rasanya Unik dan Sedapilustrasi maple glazed brussel sprouts (pixabay.com/RitaE)

Brussel sprout atau dikenal pula sebagai kubis brussel merupakan salah satu sayuran berbentuk mini yang memiliki sensasi rasa manis khas. Makanan ini bisa dijadikan sebagai aneka hidangan, seperti salad atau dipanggang.

Bila kamu tertarik untuk memanggang brussel sprout, maka sayur tersebut bisa diolesi dengan minyak zaitun, kemudian bumbui memakai sirup mapel, beserta lada dan garam sebelum masuk ke dalam oven.

Baca Juga: 5 Hidangan yang Bisa Diolah dengan Sirup Emas, Biar Tambah Manis!

4. Maple glazed carrot

5 Kolaborasi Sayuran dan Sirup Maple, Rasanya Unik dan Sedapilustrasi maple glazed carrot (pixabay.com/RitaE)

Tidak dapat dipungkiri, bahwa wortel memang selalu jadi salah satu sayuran favorit, untuk dimasak dengan bermacam-macam cara sederhana, namun mampu menghasilkan rasa tidak kalah nikmat.

Pada olahan kali ini, kamu bisa memakai wortel berukuran medium yang telah dikupas. Kemudian buat bumbu olesan yang terdiri dari sirup maple, garam, air lemon, dan sedikit mentega atau minyak zaitun.

5. Maple aubergine

5 Kolaborasi Sayuran dan Sirup Maple, Rasanya Unik dan Sedapilustrasi maple aubergine (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Terung ungu dapat dijadikan sayur berikutnya yang pas untuk ditemani menggunakan sirup maple. Hidangan ini dapat dijadikan teman makan salad maupun roti, sebagai salah satu penunjang sarapan enak.

Terlebih dahulu, potong terung menjadi beberapa bagian. Kemudian buat bumbu menggunakan minyak zaitun, sirup maple, aneka perasa, dan soy sauce bila suka. Tambahkan ke dalam sayur, lalu panggang beberapa saat.

Keberadaan sirup maple dalam aneka olahan sayur di atas mampu membuat rasa makanan jadi tambah sedap. Dengan begini, gak ada alasan lagi untuk tidak konsumsi sayur sebagai santapan sehari-hari, ya.

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Berbahan Sirup Maple, Manis dan Bikin Ketagihan!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya