Comscore Tracker

5 Kreasi Dessert dari Espresso yang Patut Dicicipi Penggemar Kopi

Dapat dimasak menjadi beragam makanan lembut!

Espresso merupakan sebutan bagi jenis kopi yang telah diekstraksi, lalu diseduh dengan memakai mesin khusus sehingga menghasilkan rasa minuman yang kuat dan mampu memenuhi kecintaan para penggemar kafein.

Tidak saja diolah sebagai minuman, espresso pun dapat dimasak menjadi bahan baku penambah rasa untuk berbagai makanan, seperti kelima dessert manis bertekstur lembut berikut ini.

1. Frozen espresso parfait

5 Kreasi Dessert dari Espresso yang Patut Dicicipi Penggemar KopiEspresso parfait (eatyourbooks.com/Matt Moran)

Parfait merupakan salah satu varian makanan penutup berbahan dasar krim dan biasanya disajikan bersama potongan buah-buahan disertai tambahan sirup yang membuat rasanya kian manis.

Akan tetapi bila kamu ingin sentuhan rasa kopi dalam sajian, maka olahan espresso parfait bisa menjadi alternatif. Olahan ini terdiri dari dasar makanan yang terdiri dari meringue, coffee praline, dan parfait dari krim kental serta espresso.

2. Espresso mousse cake

5 Kreasi Dessert dari Espresso yang Patut Dicicipi Penggemar KopiEspresso mousse cake (delicious.com.au/Phoebe Wood)

Mousse cake merupakan sajian kue bertekstur lembut dan kerap disantap dalam kondisi dingin untuk membuat rasa makanan menjadi lebih segar di mulut, umumnya kue ini diolah bersama cokelat, namun sesekali kamu bisa menggunakan espresso sebagai penambah rasa yang unik.

Espresso mousse dapat diolah menggunakan bahan baku berupa krim kental, espresso bubuk, pemanis, vanilla, hingga susu. Sementara itu, agar mousse lebih kokoh, jangan lupa untuk menyertakan gelatin di dalam adonan.

Baca Juga: 5 Kreasi Dessert Manis Berbahan Matcha, Hijau dan Segar!

3. Espresso pavlova

5 Kreasi Dessert dari Espresso yang Patut Dicicipi Penggemar KopiEspresso pavlova (taste.com.au/Brett Stevens)

Pavlova adalah sajian nikmat berikutnya yang diolah dengan bahan dasar berupa meringue disertai oleh topping buah-buahan segar untuk menyeimbangkan rasa kudapan supaya kian menarik untuk dicoba.

Dalam varian espresso pavlova, krim, putih telur, bubuk espresso, dan vanilla dapat dicampurkan bersama. Sementara untuk topping, kamu bisa menggunakan buah ceri agar sensasi rasa manis dan segar makin kentara.

4. Espresso pudding cake

5 Kreasi Dessert dari Espresso yang Patut Dicicipi Penggemar KopiEspresso pudding cake (pillsbury.com)

Pudding cake merupakan salah satu jenis kue yang memiliki tekstur lembut dan lembab, sehingga cocok disajikan sebagai kudapan bersama di tengah acara keluarga atau perhelatan acara penting lainnya.

Espresso dapat dijadikan bahan baku untuk pembuatan pudding cake, disandingkan bersama tepung terigu, gula, mentega, dan brown sugar sebagai penambah rasa makanan. Bila suka, bubuhkan pula cokelat bubuk untuk mempercantik warna olahan.

5. Molten choco espresso cake

5 Kreasi Dessert dari Espresso yang Patut Dicicipi Penggemar KopiMolten choco espresso cake (tasteofhome.com)

Molten cake merupakan salah satu kue mini yang memiliki ciri khas berupa lelahan di bagian dalam, secara umum makanan ini diolah menggunakan bahan baku berupa cokelat bubuk dan tambahan komponen lain seperti tepung dan susu.

Salah satu varian molten cake yang dapat dicoba adalah molten choco espresso cake yang ditambah dengan larutan espresso agar rasa makanan menjadi lebih menarik, sekaligus mengenyangkan.

 

Nah, itu dia kelima kreasi makanan berbahan baku espresso yang dapat dijadikan menu hidangan penutup bercita rasa manis di rumah. Gimana, tertarik untuk mencoba?

Baca Juga: Cita Rasa Segar yang Menggugah, Ini 5 Kreasi Dessert dari Jeruk Nipis

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya